Fungsi Keanggotaan (Membership Function) Logika Fuzzy


Fungsi Keanggotaan ( membership function) Logika Fuzzy

Adalah suatu kurva yang menunjukkan pemetaan titik-titik input data ke dalam nilai keanggotaannya (serajat keanggotaan) yang memiliki interval antara 0 sampai 1.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan nilai keanggotaan adalah dengan melalui pendekatan fungsi.

Fungsi yang bisa digunakan :
       Representasi Linear
       Representasi Kurva Segitiga
       Representasi Kurva Trapesium
       Representasi Kurva Bentuk bahu
       Representasi Kurva S
       Representasi Kurva Bentuk lonceng
       Representasi Linear

Pada representasi linear, pemetaan input ke derajat keanggotaannya digambarkan sebagai suatu garis lurus. Bentuk ini paling sederhana dan menjadi pilihan yang baik untuk mendekati suatu konsep yang kurang jelas. Ada 2 keadaan himpunan fuzzy linear, yaitu [SRI04].:

·         Representasi Linear Naik
Kenaikan himpunan dimulai pada nilai domain yang memiliki derajat keanggotaan nol [0] bergerak ke kanan menuju ke nilai domain yang memiliki derajat keanggotaan lebih tinggi.

·         Representasi Linear Turun
Garis lurus dimulai dari nilai domain dengan derajat keanggotaan tertinggi pada sisi kiri, kemudian bergerak menurun ke nilai domain yang memiliki derajat keanggotaan lebih rendah

·         Representasi Kurva Segitiga
Kurva segitiga pada dasarnya merupakan gabungan antara 2 garis (linear)

·         Representasi Kurva Trapesium
·         Representasi Kurva Bentuk bahu


Daerah yang terletak di tengah-tengah suatu variable yang direpresentasikan dalam bentuk segitiga, pada sisi kanan dan kirinya akan naik dan turun (misalkan: DINGIN bergerak ke SEJUK bergerak ke HANGAT dan bergerak ke PANAS). Tetapi terkadang salah satu sisi dari variabel tersebut tidak mengalami perubahan.
       Representasi Kurva S
       Kurva PERTUMBUHAN dan PENYUSUTAN merupakan kurva-S atau sigmoid yang berhubungan dengan kenaikan dan penurunan permukaan secara tak linear.
       Kurva-S untuk PERTUMBUHAN akan bergerak dari sisi paling kiri (nilai keanggotaan = 0) ke sisi paling kanan (nilai keanggotaan = 1). Fungsi keanggotaannya akan tertumpu pada 50% nilai keanggotaannya yang sering disebut dengan titik infleksi.
       Representasi Kurva Bentuk lonceng

Untuk merepresentasikan bilangan fuzzy, biasanya digunakan kurva bentuk lonceng. Kurva bentuk lonceng ini terbagi atas 3 kelas, yaitu: Kurva π, BETA, dan GAUSS. Perbedaan ketiga kurva ini terletak pada gradiennya. Pada Kurva bentuk lonceng terdapat 3 macam bentuk kurva yaitu [SRI04].:
Kurva π berbentuk lonceng dengan derajat keangotaan 1 terletak pada pusat dengan domain (γ), dan lebar kurva (β). Nilai kurva untuk suatu nilai domain x diberikan sebagai

kurva BETA juga berbentuk lonceng namun lebih rapat. Kurva ini didefinisikan dengan 2 parameter, yaitu nilai pada domain yang menunjukkan pusat kurva (γ), dan setengah lebar kurva (β). Salah satu perbedaan mencolok Kurva-BETA dari Kurva-π adalah fungsi keanggotaannya akan mendekati nol hanya jika nilai (β) sangat besar. Fungsi keanggotaan Kurva beta

Untuk penjelasan selengkapnya dalam bentuk PPT bisa diunduh DISINI

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Fungsi Keanggotaan (Membership Function) Logika Fuzzy
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment