PLTS PORTABLE



1.                  JUDUL
“PLTS PORTABLE”
2.                  LATAR BELAKANG MASALAH
Keadaan Bumi kita sekarang ini semakin lama bertambah buruk saja, karena pengaruh dari efek rumah kaca (greenhouse effect) yang menyebabkan global warming atau pemanasan global, hujan asam, rusaknya lapisan ozon hingga hilangnya hujan tropis.Semua jenis polusi tersebut adalah akibat dari penggunaan bahan bakar fosil secara terus menerus tanpa henti.Padahal kita tahu bahwa bahan bakar dari fosil tidak dapat diperbaharui, tidak seperti bahan bakar non-fosil.
Dengan kondisi yang sudah memprihatinkan, gerakan hemat energy atau penggunaan bahan bakar non-fosil seperti tenaga angin, tenaga air, tenaga panas bumi, dan terutama tenaga matahari merupakan solusi yang tepat dalam mengatasi pemanasan global seperti pepatah yang sudah sudah mengatakan “dibalik musibah pasti ada hikmah”. Duniapun kini sudah mulai beralih dari menggunakan bahan bakar fosil menuju bahan bakar non-fosil, terutama tenaga surya yang tidak terbatas.

Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS) akan lebih diminati karena dapat digunakan untuk keperluan apa saja dan lebih efektif dan bermanfaat karena PLTS merupakan pembangkit listrik yang membutuhkan panas matahari sedangkan masa sekarang ini bumi kita mengalami global warming yang berakibat pada meningkatnya suhu bumi.
Sedangkan Negara kita merupakan Negara tropis, dimana matahari bersinar sepanjang waktu lebih lama dibandingkan dengan Negara beriklim sub-tropis. Hanya awan dan  mendung saja yang mungkin menghalangi panas sinar matahari pada saat tertentu. Hal ini lah yang dapat dimanfaatkan dimana pembuatan system PLTS sangat berguna, sehubungan dengan semakin menipisnya persediaan bahan bakar fosil di Indonesia yang berakibat pada pemadaman listrik bergilir padahal kebutuhan listrik masyarakat semakin meningkat, memang PLTS sangat membantu saat kita berada di rumah maupun di suatu tempat yang dialiri listrik dari PLN, karena pembuatan PLTS hanya berada di suatu tempat yang membutuhkan tempat yang cukup luas.
Tetapi kini kami ingin membuat suatu energy listrik yang dapat dibawa kemana mana yaitu “ PLTS Portable”.
 PLTS ini sangat bermanfaat jika terjadi pemadaman listrik maupun ketika kita sedang pergi dan sangat bermanfaat bagi orang orang yang hobi untuk kemping, seperti MAHAPALA ataupun kemahnya PRAMUKA padahal disisi lain kita sangat membutuhkan informasi terbaru yang berasal dari TV yang juga membutuhkan listrik. Jadi PLTS portable ini sangat berguna pada waktu sekarang, dimana bumi kita suhunya semakin panas dan kebutuhan listrik semakin meningkat, sehingga kita tidak perlu repot repot lagi ketika pemadaman listrik sedang berlangsung atau kita sedang berada dalam daerah yang belum teraliri listrik.
3.                  PERUMUSAN MASALAH
Dalam program ini ada beberapa masalah yang perlu dirumuskan :
1.                  Apa itu PLTS Portable
2.                  Apa tujuan pembuatan PLTS Portable
3.                  Apa manfaat dan kegunaan PLTS Portable
4.                  Bagaimana mendesain dan merakit PLTS portable
5.                  Bagaimana cara Penggunaan PLTS Portable
6.                  Dimana kita bisa menggunakan PLTS Portable
7.                  Seperti apa bentuk PLTS Portable

4.                  TUJUAN
Progam  ini bertujuan untuk :
1.                  Mengatasi kebutuhan listrik yang semakin meningkat
2.                  Memanfaatkan efek dari pemanasan global
3.                  Mempermudah masyarakat untuk mendapatkan listrik
4.                  Menciptakan alat sumber energy listri yang dapat dibawa kemana mana
5.                  Membantu mengurangi pemakaian bahan bakar fosil

5.                  LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah :
1.                  Menciptakan suatu alat ramah lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat
2.                  Menciptakan suatu alternative sumber energy listrik yang praktis

6.                  KEGUNAAN
1.                  Mempermudah mendapatkan listrik tanpa bahan bakar fosil
2.                  Membantu menghemat dan mengurangi penggunaan penggunaan bahan bakar fosil
3.                  Sebagai solusi saat pemadaman listrik maupun saat berada di daerah yang tidak ada listrik

7.                  TINJAUAN PUSTAKA
Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS) merupakan Sumber tenaga listrik yang berasal dari panas sinar matahari,system kerja pembangkit ini yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energy listrik melalui panel surya yang diteruskan ke charge control dan mengubah arus DC dari charge control menjadi arus AC oleh Inverte. Akan tetapi PLTS membutuhkan tempat yang luas untuk menyimpan energy listriknya, sehingga PLTS tidak ada bedanya dengan sumber listrik yang dikelolah oleh instansi instansi lainya.Oleh karena itu kami membuat “PLTS Portabel”.
PLTS Portable merupakan PLTS yang dapat dibawa kemana mana karena bentuknya lebih kecil dari PLTS biasa, system kerjanya pun sama dengan PLTS biasa, tetapi energy listrik disimpan ke dalam baterai accu/aki agar lebih praktis. Kemudian accu tersebut disalurkan ke stopkontak untuk diambil listriknya ke beban melalui stopkontak tersebut.

Komponen PLTS Portable ini adalah sebagai berikut:
1.                  Panel Surya merupakan alat yang mengubah intensitas sinar matahari menjadi energy listrik. Panel surya menghasilkan arus yang digunakan untuk mengisi baterai, akan tetapi jenis jenis panel surya ada beberapa macam dan yang paling cocok untuk “PLTS Portable” yaitu panel surya jenis POLIKRISTAL.
*Panel Surya Polikristal : merupakan panel surya yang memiliki cristal acak. Type Polikristal memerlukan luas permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis monokristal untuk menghasilkan listruk yang sama, akan tetapi dapat menghasilkan listrik saat mendung, tidak seperti monokristal. Keunggulan lain adalah poliskristal mempunyai daya tahan yang sangat baik, harga yang cukup terjangkau dan cocok untuk produksi masal maupun penggunaan sehari hari.
2.                  Solar charge control adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk mengatur arus searah yang akan diisi ke baterai/ accu/aki dan diambil dari baterai ke beban. Dan berfungsi untuk mengatur pengisian baterai menghindari overcharging dan overvoltage, mengatur arus yang akan dibebaskan/diambil dari baterai agar tidak ‘full discharge’ dan overloading, dan monitoring temperature baterai. Charge control yang akan digunakan dalam produk ini adalah Charge control tipe “tandem” karena tipe ini bukan hanya mengatur arus listrik tetapi juga dapat menghasilkan listrik dari angin. Untuk ini energy listrik yang dihasilkan berlipat ganda karena angin dapat bertiup kapan saja.
3.                  Inverter adalah perangkat elektrik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat seperti baterai, penel surya menjadi AC ke beban.
4.                  Baterai adalah alat untuk menyimpan sumber listrik yang dihasilkan dan mengalirkan listrik yang akan digunakan. Sedangkan baterai yang digunakan adalah Accu kering, karena Accu ini memiliki keunggulan lebih awet dan dapat menyimpan energy listrik lebih besar dibandingkan dengan Accu basah.
Cara kerja PLTS ini adalah Modul Panel Surya menampung panas matahari kemudian panas yang dihasilkan dirubah menjadi listrik DC. Listrik DC ini kemudian disimpan dalam Baterai/Accu/Aki karena Aki adalah arus DC, agar tidak overcharge maka dipasang Solar Charge Control, setelah listrik DC pada Aki tersimpan maka agar dapat dinikmati arus DC diubah menjadi arus AC oleh Inverte, output dari power inverte inilah yang akhirnya mengeluarkan listrik AC atau serupa dengan PLN.
Kemudian” PLTS Portable” ini akan dibuat dan disusun lebih kecil dengan system bongkar pasang yang dilengkapi dengan buku panduan cara merangkai maupun melepas kembali, cara ini bertujuan agar lebih praktis dan mudah untuk dibawa .

8.                  METODE PELAKSANAAN
1.                  Perencanaan
Sebelum membuat “PLTS Portable” perlu dilakukan perencanaan seperti apa, dan bagaimana awal pembuatan atau langkah dan cara untuk membuat PLTS portable ini.
Perencanaan pertama adalah pembuatan bentuk desain PLTS portable itu sendiri yang kemudian dilanjutkan dengan pemilihan bahan bahan pembuat PLTS portable.Pembuatan produk ini bukan hanya tentang kegunaan dan manfaatnya saja, tetapi juga keawetan dan efektifitas hasil yang digunakan. Tahap desain pembuatan produk ini meliputi :
1.                   Blok Diagram(terlampir)
2.                  Desain Sistem(terlampir)
1.                  Pelaksanaan
Pelaksanaan dimulai dengan pemesanan dan pembelian bahan yang akan digunakan, dan pelaksanaan pembuatan produk itu sendiri.
1.                  Pembuatan PLTS Portable (Terlampir)
1.                  Uji coba pemakaian produk
Setelah melakukan perancangan desain dan pembuatan produk PLTS portable, langkah selanjutnya adalah uji coba produk PLTS Portabel.
2.                  GAMBARAN BENTUK PLTS PORTABEL                                                                 
PLTS ini akan dibuat dengan bentuk dan model bongkar pasang tetapi juga menggunakan wadah agar pada saat membawa PLTS ini lebih mudah dan praktis jika PLTS tersebut tidak ingin dibongkar untuk dipasang lagi. Penjelasannya adalah sebagai berikut :
3.                  Panel Surya akan dibuat seperti engsel pintu, yaitu jika sedang digunakan Panel surya tersebut dibuka guna memperoleh sinar matahari lebih banyak, dan ditutup jika tidak digunakan maupun akan dibawa kesuatu tempat hal ini bertujuan agar panel surya yang sedang tidak digunakan tidak memakan tempak dan praktis untuk digunakan
4.                  Kemudian panel surya di pasang kabel instalasi yang sudah di modifikasi agar lebih mudah untuk memasang maupun membongkar yaitu dengan kabel Input Output.
5.                  Setelah kabel dimodifikasi dan dipasang pada Panel Surya, langkah selanjutnya adalah menyambung kabel pada panel surya pada Solar Charge Control, Charge Control disambungkan pada Aki Kering yang sudah dipasang seri menggunakan kabel yang bertujuan untuk menghemat energi, dan terakhir adalah penyambungan Aki dengan Inverte yang sudah disatukan dengan Stopkontak. Namun sambungan sambungan kabel antara komponen masih bias dibongkar maupun dipasang kembali
6.                  Kemudian setelah Charge Control, Aki Kering, dan Inverte sudah dipasang dan disusun sedimikian rupa, kini tinggal membuat wadah komponen tersebut yang berbentuk Tas Ransel namun dibagian bawah masih diberi roda Rolling guna mempermudah untuk membawa, sedangkan bagian samping diberi tempat untuk menyimpan Panel Surya yang sudah dilipat dan tidak digunakan.
CARA PEMBUATAN PLTS PORTABLE
1.         Tahap Persiapan
Sebelum perakitan PLTS Portabel dimulai, langkah langkah yang harus dilakukan adalah :
1.         Perancangan desain
2.         Pemesanan dan Pembelian bahan
3.         Memilih dan menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.                  Alat dan bahan
7.         Alat
1.         Las
2.         Solder
3.         Obeng
4.         Kunci ring pass
5.         Tenol
6.         Gergaji kayu
7.         Gergaji besi
8.         Taspen
9.         Kawat
10.     Tang

8.         Bahan PLTS PORTABLE
1.                  Panel Surya Polikristal
2.                  Charge Control Tandem
3.                  Inverte
4.                  Accu Kering
5.                  Papan kayu
6.                  Kabel instalasi
7.                  Kabel Input Output
8.                  Stopkontak
9.                  Mur Baut
10.              Combiner/ Penyatu Kabel
11.              Engsel pintu
9.                  Bahan TAS ROLLING
1.                  Besi Alumunium
2.                  Mur Baut
3.                  Viber Glass
4.                  Bantalan kain
5.                  Roda Roll kecil
6.                  Kawat
7.                  Setang
3.     Cara Pembuatan
10.              PLTS PORTABLE
1.                  Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat PLTS Portabel
2.                  Lanjutannya download dibawah ini

DOWNLOAD FILE ASLI FULL YANG ADA GAMBAR DESAINNYA DISINI.

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: PLTS PORTABLE
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment