Bambu, inovasi plastik terbaru dimasa depan?

Ketika kita berfikir mengenai bambu , pikiran kita biasanya tertuju ke Asia atau ke Negara China yang dikenal dengan negeri tirai bambu... tetapi apakah Anda mengetahui bahwa sebenarnya ada lebih dari 1000 spesies bambu yang beberapa bahkan tumbuh di AS dan Australia ? Tanaman ini dapat tumbuh di iklim yang sangat beragam di seluruh dunia .
Tanaman ini mengalami pertumbuhan tanaman yang cepat. Meskipun begitu, berhati-hatilah dibalik pertumbuhannya yang sangat cepat. Tanaman ini menyebar  di bawah tanah dengan liar dan dapat tumbuh keluar tunas baru yang banyak dan meluas memekan bnyak lahan disekitarnya dari areal penanaman awal. Hal ini mungkin akan menjadikan tanah menjadi kualitas yang buruk.

Tentu kita semua tahu bambu memiliki banyak sekali kegunaan. Dari keranjang, furnitur untuk kertas, pagar dan kano dan masih banyak lainnya. Bambu sangat berserat dan bahkan dapat dibuat menjadi pakaian , surfing dan skate board .

Bambu bisa dimakan, dimasak  atau dikukus . Bambu masih banyak  digunakan dalam banyak aspek kehidupan . Rebung yang kaya vitamin , dan sumber alam yang sangat baik dari lemak , protein dan gula.

Ketika saya berpikir tentang semua penggunaan bambu, hal itu membuat saya berpikir tentang kemungkinan suatu hari menggantikan plastik dengan bambu. Hal ini sangat banyak dan berkelanjutan yang sangat masuk akal bahwa kita harus memanfaatkan tanaman ini untuk itu sepenuhnya.

Dengan siklus pertumbuhan cepat pada bambu, saya heran kenapa kita belum mulai mengganti lebih dari produk kayu kami dengan bambu. Sebagian besar pohon memakan waktu antara 10-30 tahun MINIMUM tumbuh menjadi ukuran yang dapat diterima untuk panen ( banyak spesies bahkan lebih lama ) , sedangkan bambu akan sesingkat 3 tahun untuk panen dan memiliki kekuatan hanya disaingi oleh baja. Dan bambu non-korosif.

Bambu juga melempar keluar lebih banyak oksigen ke udara daripada pohon dengan ukuran yang sama.

Pakaian dan produk yang terbuat dari bambu yang biodegradable karena bambu adalah bahan organik, sebagai perlawanan bagi serat sintetis yang ketika degradasi akan keluar bahan kimia yang berbahaya. Dan tentu saja bahan kimia ini berbahaya bagi lingkungan kita dan sistem airnya, bayangkan bahwa kita memakai serat ini tepat di kulit kita. Dan apa yang kita ketahui tentang kulit kita ? Kita tahu bahwa apa pun yang kita menempatkan ke kulit kita diserap oleh kulit kita.

Yang lucu adalah bahwa dalam dekade terakhir ini kita telah mendengar begitu banyak bambu padahal sebenarnya , bambu telah digunakan di Cina selama lebih dari 7000 tahun. Sebuah buku ditulis C 300 SM mendokumentasikan penggunaan dan jenis bambu di Cina. Di Cina kuno, bambu sudah bisa bermanfaat sebagai  punyambung kelanjutan hidup. Pabrik memproduksi bamboo sebagai makanan mereka, sebagai tempat tinggal, senjata, kertas dan hampir semua yang diperlukan untuk eksistensi .

Apakah Anda pernah mendengar tentang ' Lucky Bamboo ' ? Ini adalah tanaman yang tumbuh dengan cepat yang dikatakan membawa keberuntungan bagi Anda bila ditanam di rumah. Ini sebenarnya bukan spesies sebenarnya bambu. Ini sebenarnya spesies dari keluarga lily yang tumbuh di hutan hujan tropis tentang Afrika dan sebagian Asia. Hal ini juga dikenal sebagai ' keberuntungan Bambu ' atau Tanaman Ribbon.

Lucky Bamboo merupakan tanaman yang tumbuh cepat yang tumbuh subur di ruangan gelap atau sangat remang membiarkan ( tidak boleh dekat sinar matahari alami ) . Tanaman ini telah dikaitkan terutama dengan praktek Feng Shui di Timur.

Dikatakan bahwa untuk memiliki tiga batang bersama untuk kebahagiaan, lima untuk kekayaan dan enam untuk kesehatan yang baik. Tetapi jangan tumbuh empat batang bersama dalam vas yang sama, karena kata-kata untuk kematian dan empat di Cina sangat mirip.

Download tulisan ini secara lengkap dan gratis dengan klik DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Bambu, inovasi plastik terbaru dimasa depan?
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

8 komentar

Kabar buruknya, bambu di indonesia di babat habis

Reply

yah.. begitulah,, mari rubah bola pikir kita untuk kehidupan lebih baik selanjutnya :)

Reply

Benar juga, bambu Indonesia dibabat habis sama orang indonesia nya itu sendiri, Semoga pemerintah semakin mengalakkan peraturanya ya gan, biar pada sadar :D

Reply

@Handi Suryawinata, bambu itu sebenarnya banya manfaatnya dalam kehidupan ini....dan bambu itu banyak juga tumbuh di indonesia.....bambu juga bisa dibuat alat musik angklung, yg sudah terkenal samapai ke luar negeri... :-)

Reply

iya gan, yang penting gmana kita bisa mengoptimalkan kegunaan bambu itu sndiri aja gan..hehe

Reply

wah,,, iya bener juga gan,,
membantu melestarikan kbudayaan Indonesia juga hehe

Reply

ngomongin tentang bambu, btw bambu adalah senjata bangsa indonesia pada waktu perang,
bambu memang sangat bermanfaat, nice share bro

Reply

wah iya bener juga gan, bambu ternyata juga dulu berjasa banget bagi Indonesia hehe

Reply

Post a Comment