Ayo Peduli Hutan, Ayo Peduli Indonesia!


Indonesia pernah disebut sebagai paru-paru dunia karena wilayah hutannya yang sangat luas dan menyumbangkan begitu banyak tambahan nyawa bagi bumi. Sebuah prestasi yang luar biasa yang seharusnya bisa menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebuah tanggung jawab besar pula yang harus diemban oleh seluruh masyarakat Indonesia yang seharusnya dimaknai dengan lebih peduli terhadap kelestarian hutan, merawatnya dan menjaganya agar tetap hijau berseri-seri.

Karena ketidaktahuan kita atau bisa juga karena tidak ada rasa ingin tahu kita, berbagai manfaat langsung yang hutan telah berikan kepada kita tidak pernah kita sadari. Apapun itu, yang perlu kita semua ketahui kondisi hutan sekarang ini sudah mulai terkikis oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Hutan dibakar untuk membuka lahan dan sebagai pemukiman baru, kayu dieksploitasi secara besar-besaran untuk industri mabel tanpa tebang pilih dan tanpa adanya pembaharuan kembali serta masih banyak lainnya. Melihat fakta tersebut kita tidak harus mempertanyakan apa yang hutan telah berikan kepada kita, kita hanya perlu bertanya kepada diri sendiri apa yang telah kita berikan kepada hutan. Untuk menolong hutan, kita bisa menganggap hutan sebagai ibu yang telah melahirkan kita, atau menganggap sebagai seorang dokter yang telah menyelamatkan nyawa kita, seseorang yang telah menyelamatkan kita saat hampir tenggelam ketika sedang berenang di kolam renang, seorang sahabat yang selalu menemani disaat susah maupun senang, atau bahkan kita bisa menganggapnya sebagai sebuah keluarga yang melindungi kita di dalam sebuah hangatnya kebersamaan. Apapun itu percayalah hutan sangat bermanfaat bagi kita serta anak cucu kita nantinya.

Belakangan ini di Indonesia sendiri telah banyak terjadi bencana alam yang membuat seluruh Indonesia berduka. Curah hujan yang begitu tinggi menyebabkan banjir terjadi dimana-mana, perubahan suhu serta cuaca yang terjadi begitu ekstremnya, begitupun bencana tanah longsor yang terjadi di berbagai daerah yang bahkan telah memakan beberapa korban jiwa juga turut meramaikan serangkaian bencana yang terjadi di Indonesia ini. Disinilah sebenarnya peran penting hutan sebagai pencegah berbagai hal tersebut. Tanpa kita sadari, memang berbagai manfaat dan kebaikan yang hutan berikan kepada kita tidak bisa kita rasakan dan sadari sacara langsung. Mungkin alam mulai marah kepada kita karena kita telah menyia-nyiakan keberadaan hutan di tengah-tengah kita.

Berbagai spesies hewan dan tumbuhan hidup, tumbuh dan berkembang biak di hutan. Mereka semua turut menjadi begian terpenting dari sebuah keharmonisasian seluruh makhluk ciptaan Sang Pencipta yang ada di bumi. Merupakan suatu kedzaliman jika kita merusak atau menggerus sedikit demi sedikit tempat hidup mereka. Manusia diturunkan ke bumi mempunyai tugas sebagai khalifah atau sebagai pemimpin di bumi. Pemimpin berarti mengayomi, menjaga dan melindungi apa yang dipimpinnya. Bukan malah merusak, mengeksploitasi secara berlebihan atau bahkan mendominasi terhadap apa yang dipimpinnya. Dalam hal ini mendominasi terhadap hutan beserta seluruh isinya. Jika sudah seperti ini kita sebagai manusia telah menyalah gunakan apa yang telah Sang Pencipta percayakan terhadap kita. Sejenak terpikir, bukan sepenuhnya kita yang melakukan? Namun semua itu sama halnya jika kita bersifat apatis. Tidak akan berarti apa-apa juga kawan.

Disini saya berbicara untuk mewakili hutan yang terbakar karena pembukaan lahan, pepohonan yang tumbang atas kerakusan manusia, berbagai hewan yang mulai kebingungan tak tau harus dimana mencari makan serta kehilangan arah tak tau harus kemana karena tempat tinggalnya digusur sedikit demi sedikit semata-mata untuk kepentingan dan keegoisan sekelompok manusia yang tidak bertanggung jawab. Sudah semestinya antara manusia dan alam bisa hidup berdampingan dengan baik. Karena jika benar-benar disadari kita tidak bisa hidup sendiri-sendiri. Tanpa ada yang merugikan dan dibuat rugi antara keduanya harus ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Let's Protect Paradise, together will be better. Ayo peduli hutan, ayo peduli Indonesia. Ayo peduli hutan Indonesia! 

#AkuPeduli

Download tulisan ini secara lengkap dan gratis dengan klik DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Ayo Peduli Hutan, Ayo Peduli Indonesia!
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

5 komentar

nice artikel gan .
izin menyimak :-)

Reply

nice pos mas salam kenal semoga makin sukses kunbal y

Reply

dukung go green ni.
oya ikutan juga lomba menulis

Reply


Indonesia was once described as the world's lungs because its forest area is so amazing
togel singapore

Reply

Post a Comment