Pengertian px, em dan pt



Jika sobat sering atau bahkan menyukai mengedit html blog, pasti sudah tidak asing lagi dengan dengan kata px, em dan pt. Namun apa sebenarnya maksud dari px, em dan pt. Jika ada sobat disini yang belum memahaminya mari kita bahas disini bersama^^

sekedar berbagi pengetahuan tentang apa itu px, em dan pt yang biasa kita temukan pada css template blog kita.ke tiga elemen itu sebenarnya mempunyai kegunaan yang hampir sama
langsung aja kita ke pokok bahasannya mengenai apaitu pengertian dari px, em dan pt^^

pertama,kita pejari pixel dulu ya ^^

PX/PIXEL
Dalam dunia blog,pixel digunakan untuk mengatur besar text,gambar,background,dan widget2 yang ada pada web/blog,tapi Dalam digital imaging,px atau yang biasa kita sebut pixel (atau elemen gambar) adalah satu titik dalam citra raster.

Piksel sendiri adalah suatu unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.

Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap incinya, istilah komputernya berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.
Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan piksel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah piksel yang ada di dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.

Bingung ya? Haha sama kalau gitu, oke kita simak penjelasan selanjutnya saja agar bisa lebih memahami mengenai piksel ini.

Pixel adalah elemen terkecil dialamatkan layar, itu adalah unit terkecil dari gambar yang dapat dikendalikan. Setiap piksel memiliki alamat sendiri. Alamat dari piksel yang sesuai dengan yang koordinatnya. Pixel ini biasanya tersusun dari grid dua dimensi, dan sering direpresentasikan menggunakan titik-titik atau kotak. Setiap pixel adalah contoh dari gambar asli; sampel lebih biasanya memberikan representasi yang lebih akurat yang asli. Intensitas setiap pixel adalah variabel. Dalam sistem warna gambar, warna biasanya diwakili oleh tiga atau empat intensitas komponen seperti merah, hijau, dan biru, atau cyan, magenta, kuning, dan hitam. pixel istilah digunakan untuk merujuk ke skalar elemen tunggal representasi multi-komponen (lebih tepat disebut photosite dalam konteks sensor kamera, meskipun sensel kata baru ini juga kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan unsur-unsur sensor kamera digital), sementara di lain istilah ini mungkin merujuk ke set intensitas seluruh komponen tersebut untuk posisi yang spasial.


 
Di dalam sistem warna yang menggunakan subsampling kroma, konsep multi-komponen pixel bisa menjadi sulit untuk diterapkan, karena kinerja intensitas untuk komponen warna yang berbeda sesuai dengan bidang spasial yang berbeda dalam sebuah representasi seperti itu. Kata pixel didasarkan pada kontraksi pix ("gambar") dan el (untuk "elemen"). Nilai 1pixel sama dengan 0,01cm. Pixel mempunyai tingkatan,yaitu megapixel dan gigapixel (resolusi yg lebih besar)

eM?
Em adalah suatu satuan pengukuran dalam bidang tipografi. Unit ini mendefinisikan proporsi lebar surat dan tinggi sehubungan dengan titik ukuran font saat ini. Awalnya unit berasal dari lebar "M" modal pada huruf saat ini digunakan. Unit ini tidak didefinisikan dalam istilah apapun jenis huruf tertentu, dan dengan demikian adalah sama untuk semua ukuran font pada titik tertentu. Jadi, 1 em dalam huruf titik 16 adalah 16 poin.dalam dunia blog,em digunakan untuk mengganti ukuran font pada blog.

dan yang terakhir...

Pt?
pt adalah Perusahaan perseroan terbatas . . .Loh??? Bukan itu > Pt singkatan dari point, yaitu besaran/ nilai ukuran yang lebih kecil daripada pixel dan em.
nilai pt sering digunakan untuk nilai perpindahan objek pada trik css3 animation, sperti css dibawah ini
.kotak1animasi:hover {-moz-transform:translate(4em, 0pt);
-webkit-transform:translate(4em, 0pt);}

 
 Berikut nilai convertannya antara px, em dan pt.

Semoga bermanfaat^^


Download tulisan ini secara lengkap dan gratis dengan klik DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Pengertian px, em dan pt
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

5 komentar

Mantap artikelnya gan.

Jangan lupa mampir ke rismawangpr.blogspot.com

Reply

Good post bro,

Komen balik ya www.akudwi.com

Reply

630 px berapa cm itu bg?

Reply

Post a Comment