Jenis-Jenis Bimbingan yang Meliputi Bentuk, Ragam, Sifat dan Layanan



Bimbingan dan konseling terbagi atas beberap jenis berdasarkan sudut pandang tertentu. Jenis bimbingan pada dasarnya terdiri atas tiga jenis, yaitu berdasarkan banyaknya orang yang dibimbing pada waktu dan tempat tertentu. (bentuk bimbingan); berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam pelayanan bimbingan dan konseling(sifat bimbingan); berdasarkan bidang tertentu dalam kehidupan siswa dan mahasiswa (ragam bimbingan.

1.      Bentuk Bimbingan
Bentuk bimbingan menyangkut jumlah siswa yang dibimbing. Bentuk bimbingan ada 2, yaitu bimbingan kelompok dan bimbingan individual. Bimbingan kelompok adalah bimbingan yang diberikan kepada sekelompok siswa atau orang untuk memerikan informasi atau penerangan tentang masalah-masalah yang tidak dibicarakan dalam pelajaran di kelas atau dipertemuan formal yang menyangkut segi pembelajaran. Isi materi dapat menyangkut soal pergaulan, cara belajar, adat kebiasaan, seksualitas, dll. Sedangkan bimbingan individual lebih mengarah ke kegiatan konseling.

2.      Ragam Bimbingan
Ragam bimbingan menunjuk pada bidang kehidupan tertentu atau aspek perkembangan tertentu yang menjadi fokus perhatian dalam pelayanan bimbingan; dengan kata lain, tentang apa yang diberikan. Ada 5 ragam bimbingan, yaitu
a.       Bimbingan belajar atau pendidikan (Educational Guidance)
Bimbingan ini adalah bimbingan dalam menemukan cara belajar yang tepat untuk mengatasi kesukaran-kesukaran mengenai belajar dan dalam memilih jenis atau jurusan yang sesuai dengan kemampuan siswa (Winkel, W.S.). Sedangkan menurut Ruth Strong merumuskan bimbingan pendidikan ialah bantuan yang diberikan kepada siswa agar siswa dapat memilih program yang sesuai untuk dirinya dan mencari kemajuan melalui program yang dipilihnya.
b.      Bimbingan pekerjaan (Vocational Guidance) Bimbingan ini adalah proses bantuan terhadap seseorang sehingga orang tersebut mengerti dan menerima gambaran tentang diri pribadinya dan gambaran tentang dunia kerjanya serta mempertemukan keduanya, sehingga akhirnya dapat mempersiapkan diri dalam memasuki bidang kera tertentu dan membina diri dalam bidang pekerjaan tersebut (Simposium Bimbingan Jabatan).
c.       Bimbingan pribadi dan social
Bimbingan ini dikaitkan dengan pengembangan pribadi siswa dan hubungannya dengan orang lain. Semakin dewasa individu semakin banyak masalah pribadi dan sosial yang mereka hadapi.
d.      Bimbingan Keluarga
Bimbingan keluarga merupakan upaya pemberian bantuan kepada para individu sebagai pemimpin atau anggota keluarga agar mereka mampu menciptakan keluarga yang utuh dan harmonis, memberdayakan diri secara produktif, dapat menciptakan dan menyesuaikan diri dengan norma keluarga, serta berperan aktif dalam memcapai kehidupan keluarga yang bahagia.
3.      Sifat Bimbingan
Sifat bimbingan menyangkut maksud pembimbing dalam memberikan bimbingan. Ada 5 sifat bimbingan ialah:
a.       Pencegahan (preventif), misalnya penerangan tentang narkoba, seks bebas, kesehatan produksi, dll.           
b.      Mengikuti perkembangan siswa atau mendampingi siswa dalam perkembangannya yang sedang berlangsung (perseveratif), misalnya observasi kemajuan siswa, pendampingan perkembangan siswa, dll.
c.       Pemeliharaan (treatment), misalnya mendampingi perkembangan pemikiran yang ada ke arah positif, pendampingan perilaku agar tidak menyimpang, dll.
d.      Pembetulan (corrective), membimbing perilaku yang menyimpang.
e.       Penyembuhan (remediation), menyembuhkan hal-hal yang salah terutama dalam belajar.
4.      Layanan Bimbingan
Selain jenis – jenis dalam bimbingan, juga terdapat beberapa jenis-jenis layanan dalam bimbingan dan konseling Berikut uraianya :
a.       Layanan orientasi
Layayan orientasi adalah layanan bimbingan yang dilakukan untuk memperkenalkan peserta didik barau dan atau seseorang terhadap lingkungan yang baru dimasukinya.
b.      Layayanan Informasi.
Layanan informasi merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi (informasi belajar, pergaulan, karier, pendidikan).
c.       Layanan Penempatan dan Penyaluran.
Layanan penempatan dan penyaluran merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran didalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, kegiatan ekstra kurikuler, dengan tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan segenap bakat, minat, dan segenap potensi lainnya.

Download tulisan ini secara gratis dengan klik DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Jenis-Jenis Bimbingan yang Meliputi Bentuk, Ragam, Sifat dan Layanan
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment