[DOWNLOAD] TUGAS KEWIRAUSAHAAN: PERENCANAAN MEMULAI USAHA


TUGAS KEWIRAUSAHAAN
PERENCANAAN MEMULAI USAHA

U-COM (USB CHARGER ON MOTORCYCLE)
SEBAGAI PELUANG USAHA MAHASISWA
BIDANG TECHNOPRENEUR



Disusun Oleh:
Nama                         : Dwi Budi Susilo          (5301412043)
  Handi Suryawinata      (5301412061)
  M. Agung Nugroho    (5301412000)
Program Studi            : Pendidikan Teknik Elektro
Semester                    : 6
Rombel                      : 2
Dosen                        : Drs. Agus Suryanto M.T.

  

  
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2015
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Tugas Perencanaan Memulai Usaha Mata Kuliah Kewirausahaan yang berjudul “U-COM (USB CHARGER ON MOTORCYCLE) SEBAGAI PELUANG USAHA MAHASISWA BIDANG TECHNOPRENEURdengan tepat waktu. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Kami menyadari bahwa Tugas Perencanaan Memulai Usaha Mata Kuliah Kewirausahaan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Tugas Perencanaan Memulai Usaha Mata Kuliah Kewirausahaan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.

Penulis 






DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ......................................................................................... i
KATA PENGANTAR .......................................................................................... ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iii
DAFTAR TABEL.................................................................................................. iv
DAFTAR GAMBAR.............................................................................................. v
RINGKASAN....................................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
1.1.  Latar Belakang ...................................................................................... 1
1.2.  Rumusan masalah................................................................................... 1
1.3.  Tujuan ................................................................................................... 1
1.4.  Luaran yang Diharapkan ........................................................................ 1
1.5.  Manfaat.................................................................................................. 2
BAB II GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA............................................ 2
2.1    Ide pokok U-COM................................................................................ 2
2.2    Diskripsi Uaha U-COM......................................................................... 2
2.3    Keunggulan Produk Dibandingkan Produk Lain Dipasaran...................... 2
2.4    Perolehan Bahan Baku............................................................................ 3
2.5    Analisis Usaha........................................................................................ 3
BAB III METODE PELAKSANAAN .................................................................. 6
3.1    Teknik Managemen Perusahaan.............................................................. 6
3.2    Tahapan Produksi................................................................................... 7
3.3    Produk U-COM.................................................................................... 8
3.4    Teknik Promosi,Teknik Distribusi dan Teknik Pemasaran U-COM.......... 8
BAB IV ANGGARAN BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN ............................. 9
 4.1. Anggaran Biaya .............................................................................................. 9
 4.2. Jadwal Kegiatan ............................................................................................. 10
LAAMPIRAN-LAMPIRAN ................................................................................. 11
Lampiran 1 Biodata Ketua dan Anggota ................................................................. 11
Lampiran 2 Justiļ¬kasi Anggaran Kegiatan ............................................................... 17
Lampiran 3 Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas........................ 20
Lampiran 4 Surat Pernyataan Ketua Pelaksana........................................................ 22




DAFTAR TABEL
Tabel 1 Biaya Tetap.............................................................................................. 3
Tabel 2 Penyusutan............................................................................................... 4
Tabel 3 Biaya Operasional Perbulan...................................................................... 4
Tabel 4 Jabatan dan Uraian Tugas......................................................................... 6
Tabel 5 Anggaran Biaya........................................................................................ 9







DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Struktur Organisasi............................................................................. 6
Gambar 2. Produk U-COM................................................................................ 8







RINGAKASAN

Kegiatan yang dirancang dalam usulan Program Kreativitas Mahasiswa- Kewirausahaan ini bertujuan untuk memproduksi sebuah produk teknologi, yakni charger HP untuk sepeda motor. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan jiwa technopreneur mahasiswa. Charger HP yang diberinama U-COM (USB Charger On Motorcycle) ini dibuat dengan bentuk minimalis dan aman digunakan. Dengan bentuk minimalis tersebut, U-COM bisa dipasang sesuai keinginan, selain itu juga dilengkapi dengan sistem keamanan yakni dioda protector dan penutup anti air. Sebelumnya usaha U-COM sudah berjalan dengan produksi terbatas karena masalah modal, kami menjualnya melalui media sosial facebook dan twiter dengan Program Kreatifitas Mahasiswa ini kami akan memperbesar jumlah produksi sejumlah 300 Unit per bulan dan akan kami distribusikan secara langsung ke kounter dan variasi sepeda motor di Semarang dan sekitarnya. Proses produksi dan pemasaran akan ditempuh selama empat bulan. Produksi U-COM dilakukan dengan terlebih dahulu mensurvei harga bahan produksi kemudian merangkai alat, packaging, dan pengujian kinerja alat agar aman digunakan. Tiap unit U-COM dijual dengan harga Rp 45.000,00,-. Pembuatan U-COM member kemudahan kepada pengendara sepeda motor terutama saat perjalanan jauh. Dengan demikian akan sangat banyak orang yang membutuhkan produk ini. Untuk teknik pemasaran, akan dilakukan promosi, distribusi, serta pemasaran secara langsung dan media internet. Promosi akan ditempuh dengan pembagian brosur dibeberapa daerah dikawasan Semarang serta melalui media social untuk memperluas jaringan promosi. Sasaran distribusi kami adalah kounter, variasi sepeda motor dan pengguna sepeda motor atau club motor di Semarang.


 

BAB I. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Globlisasi memaksa setiap individu untuk meggunakan produk teknologi untuk membatu mempermudah pekerjaan. Terutama teknologo komunikasi dan transportasi yang dianggap sebagai kebutuhan pokok bagi individu secaraumum, contoh teknologi komunikasi dan transportasi yang digunakan secara umum dan masal adalah telephon selular atau HP dan sepeda motor. Pengguna  telepon selular di Indonesia mencapai 80 Juta unit, sedangkan Menutut Gunadi Sindhuwinata Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada tahun 2013 di Jakarta, sepeda motor masih menjadi andalan utama dan paling terjangkau bagi mayoritas masyarakat Indonesia yaitu jumlahnya 77,7 juta unit atau 82,4 persen dari jumlah kendaraan bermotor di Indonesia.
Kebanyakan sepeda motor  belum dilengkapi dengan charger HP sehingga saat perjalanan jauh terutama pengguna sepeda motor, pengguna HP sering kehabisan baterai. Apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi HPsmartphone baterai HP menjadi cepat habis karena selalu terhubung dengan jaringan internet. Oleh karena itu dalam program kreatifitas mahasiswa ini kami menawarkan produk baru U-COM untuk memberikan solusi masalah tersebut kepada masyarakat.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latarbelakang yang telah kami paparkan diatas kami merumuskan masalah sebagai berikut :
a.       Bagaimana membuat produk alat pengisi ulang baterai HP untuk diterapkan di sepeda motor yang layak jual ?
b.      Bagaimana membuat usaha yang banyak profit dan berkelanjutan?

1.3    Tujuan
a.       Membuat produk pengisi ulang baterai HP untuk diterapkan sdi sepeda motor yang layak jual.
b.      Membuat usaha yang banyak profit dan berkelanjutan.
c.       Meningkatkan jiwa technopreneur bagi mahasiswa.

1.4    Luaran yang Diharapkan
Dengan program kreatifitas mahasiswa bidang kewirausahaan ini diharapakan luaran sebagai berikut :
a.       Didapatkan alat pengisi ulang baterai HP yang bisa dipasang pada sepeda motor dengan mudah dan aman
b.      Didapatkan alat yang tepat guna dan dibutuhkan oleh masyarakat umum
c.       Menambah kenyamanan pengendara sepeda motor jarak jauh

1.5    Manfaat
1.      Manfaat bagi masyarakat umum
a.    Mendapatkan alat pengisi ulang baterai HP untuk dipasang pada sepeda motor yang mudah, murah dan aman.
b.    Mendapatkan kenyamanan yang lebih saat berkendara jarak jauh karena baterai HP bisa selalu terisi.
2.      Manfaat bagi mitra
Mendapatkan produk baru yang murah untuk dijual kembali
3.      Manfaat bagi mahasiswa
Memberikan wadah untuk berwira usaha bidang technopreneur dan mandiri secara finansial

BAB II. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1  Ide Pokok U-COM
Berdasarkan paparan diatas yaitu meledaknya jumlah pemilik HP dan sepeda motor kami termotivasi untuk membutat produk baru yang menawarkan solusi masalah kehabisan baterai HP saat berkendara jarak jauh dengan sepeda motor yaitu U-COM USB Charger On Motorcycle. Dengan banyaknya pengguna HP dan Seped motor bisnis ini akan memberikan profit yang tinggi sehingga akan membantu kami sebagai mahasiswa teknik elektro untuk terjun kebidang kewirausahaan.

2.2  Diskripsi Usaha U-COM
Usaha U-COM ini berorientasi pada dua sektor yaitu produksi dan pemasaran. Pada proses produksi melalui beberapa tahap yaitu perancangan alat, pembelian bahan baku dan pembuatan, sedangakan dalam proses penjualan U-COM di jual melalui media internet, penjualan langsung dan melalui outlet, bengkel variasi motor atau konter HP sebagai partner kami.

2.3  Keunggulan Produk Dibanding Produk Lain Dipasaran
Dioda protektor Ć  sistem pengamanan dari salah pemasangan kutub baterai (ACCU) sehingga tidak akan rusak saat terjadi kesalahan pemasangan.
Wather protektror Ć  dilengkapi pengeblokan rangkain elektronika menggunakan bahan resin dan juga penutup USB.
Cicin putar Ć  dilengkapi dengan cincin putrar sehingga membuatnya praktis jika U-COM ingin dipasang pada body sepeda motor.
Konektor japit buaya Ć  dilengkapi konektror japit buaya sehingga praktis dalam pemasanganya.
Arus pengisian maximal aman Ć  arus listrik DC yang dikeluarkan 600mA sehingga berada pada posisi aman untuk baterai namun tetap cepat dalam pengisian.

2.4  Perolehan Bahan Baku
Ketersediaan pasokan bahan baku dipasaran sangat berlimpah untuk mendapatkan haraga yang lebih murah pembeliah bahan baku dapat dilakukan secara on line di berbagai toko baik toko on line Indonesia atau pun luar negeri seperti:
1.    digi-ware.com
2.    indo-ware.com
3.    id.mouser.com
Dan untuk pembelian secara langsung dapat dilakukan ditoko elektronika di Semarang seperti :
1.    Toko audi Jl. MT Hariono
2.    Toko Maju Jl. MT Hariono
3.    Toko Suara Gembira Jl. MT Hariono

2.5  Analisis Usaha
Tabel 1. Biaya Tetap
No
Nama Barang
Harga
Jumalah
 Jumlah Harga
1.
Solder
Rp 50.000,00
3
Rp 150.000,00
2.
Atraktor
Rp 60.000,00
3
Rp 180.000,00
3.
Gergaji besi
Rp 225.000,00
1
Rp 225.000,00
4.
Obeng
Rp 25.000,00
3
Rp 75.000,00
5.
Tang jepit
Rp 25.000,00
3
Rp 75.000,00
6.
Tang potong
Rp 20.000,00
3
Rp 60.000,00
7.
Lem tembak
Rp 45.000,00
3
Rp 135.000,00
8.
Solder uap
Rp 500.000,00
1
Rp 500.000,00
9.
Gunting
Rp 15.000,00
3
Rp 45.000,00
10
Cutter
Rp 10.000,00
3
Rp 30.000,00
11.
Penggaris
Rp 1000,00
3
Rp 3.000,00
12.
Tespen
Rp 20.000,00
3
Rp 60.000,00
13.
Power supply DC
Rp 300.000,00
2
Rp 600.000,00
14.
Multimeter digital
Rp 225.000,00
2
Rp 450.000,00
15.
Ampere meter DC
Rp 75.000,00
2
Rp 150.000,00
16.
Aki sepeda motor
Rp 175.000,00
1
Rp 175.000,00
18.
Tang pengupas kabel
Rp 70.000,00
3
Rp 210.000,00
19
Bor PCB (AC)
Rp 200.000,00
1
Rp 200.000,00
Jumalah
Rp 3.323.000,00





Tabel 2. Penyusutan
No
Nama Barang
Justifikasi
umur (Tahun)
 Penyusutan per bualan
1.
Solder
4
Rp 3.125,00
2.
Atraktor
3
Rp 1.700,00
3.
Gergaji besi
1
Rp 18.750,00
4.
Obeng
5
Rp 1.250,00
5.
Tang jepit
5
Rp 1.250,00
6.
Tang potong
5
Rp 1.000,00
7.
Lem tembak
2
Rp 5.625,00
8.
Solder uap
7
Rp 5.952,00
9.
Gunting
2
Rp 1.875,00
10
Cutter
1
Rp 2.500,00
11.
Penggaris
1
Rp 250,00
12.
Tespen
2
Rp 2.500,00
13.
Power supply DC
7
Rp 7.142,00
14.
Multimeter digital
6
Rp 6.250,00
15.
Ampere meter DC
5
Rp 1.250,00
16.
Aki sepeda motor
4
Rp
18.
Tang pengupas kabel
7
Rp 
19.
Bor PCB (AC)
7
Rp 
Jumalah penyusutan perbualan
Rp

Tabel 3. Biaya Operasional Perbulan
No
Nama Barang
Harga
Jumalah
 Jumlah Harga
1.
Tenol
Rp 60.000,00
1 buah
Rp 60.000,00
2.
Resistor
Rp 75,00
300 buah
Rp 22.500,00
3.
Led
Rp 500,00
300 buah
Rp 150.000,00
4.
USB male
Rp 5.000,00
300 buah
Rp 1.500.000,00
5.
USB Female
Rp 1.700,00
300 buah
Rp 510.000,00
6.
IC 7805
Rp 2.000,00
300 buah
Rp 600.000,00
7.
Dioda
Rp 100,00
300 buah
Rp 30.000,00
8.
Kabel
Rp 1000,00
300 buah
Rp 300.000,00
9.
Japit buaya
Rp 250,00
600 buah
Rp 150.000,00
10.
Pembungkus produk
Rp 6.000,00
300 buah
Rp 1.800.000,00
11.
Lem Tembak
Rp 2.000,00
150 buah
Rp 300.000,00
12.
Lem alteko
Rp 65.00,00
10 buah
Rp 65.000,00
13.
Resin
Rp 45.000,00
5 liter
Rp 225.000,00
14.
Isolasi
Rp 1.500,00
10 buah
Rp 15.000
15.
Prosedur penggunaan
Rp 250,00
300 lembar
Rp 75.000,00
16.
Biaya promosi
Rp 
-
Rp 
17.
Biaya listrik
Rp 
1 bulan
Rp 
18.
Biaya transportasi
Rp 
-
Rp 
Jumalah
Rp

Analisis pendapatan dan keuangan

Analisis harga
87,37%.
Analisis kembali modal
Catatan : U-COM diproduksi 300 Unit per bulan
U-COM yang harus terjual per hari adalah        = 300 Unit : 30 hari
                                                                        = 10 Unit per hari
Maka Pay Back Periode           = BEP Volume produksi : penjualan per hari
                                                = 160 Unit : 10 Unit per hari
                                                = 16 Hari
Jadi modal pembiayaan satu kali periode produksi akan kembali dalm waktu 16 hari sehingga menurut analisis tersebut 14 hari berikutnya adalh keuntungan yang diterima.

BAB III. METODE PELAKSANAAN
3.1  Teknik Management Perusahaan
Struktur organisasi perusahaan
Gambar 1. Struktur organisasi
Tabel 4. Jabatan dan Tugas
Jabatan
Tugas
General Manager
Bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan Perusahaan
Production
Mengontrol dan bertanggung jawab terhadap proses produksi
Promotion and Marketing
Mengontrol dan bertanggung jawab terhadap proses pemasaran dan sirkulasi barang
Financial and Administration


3.2  Tahapan Produksi
Pada tahap ini dilakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
a.       kegiatan pra produksi
Dalam tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah persiapan bahan baku komoditi yang murah dan efisien serta persiapan tempat produksi kegiatan. Bahan baku diperoleh dari toko suara gembira yang beralamat di Semarang, toko indoware dimana lokasinya berada di dekat UNNES sehingga sangat mudah dijangkau dan melalui order media Online. Adanya faktor lokasi bahan baku yang dekat tempat usaha memungkinkan tersedianya bahan baku selama proses produksi berlangsung.
b.      Pengembangan dan penerapan teknologi dalam model usaha
1.      Perancangan sistem
Perancangan sistem dengan menggunakan menggunakan Proteus 8 Pro dan mensimulasikan sebelum akhirnya dibuat dalam bentuk nyata.
2.      Pembelian bahan atau komponen
Pembelian bahan atau komponen di toko indoware yang berada di dekat Universitas Negeri Semarang dan toko Maju Elektronik yang berada di Semarang. Untuk komponen yang susah ditemukan didaerah Semarang, pembelian barang dengan pemesanan secara Online melalui jual beli kaskus.
3.      Pembuatan awal alat
1.      Penyiapan komponen.
2.      Perangkain komponen (dalam proses ini kami tidak menggunakan PCB denagan tujuan agar bentuk lebih mini dan simpel).
3.      Penyolderan komponen.
4.      Pemeriksaan alat dengan multitester untuk memastikan sirkuit kelistrikan terhubung dengan baik.
5.      Pengujian dengan awal sebelum pengemasan untuk memastikan sistem berfungsi normal.
6.      Pengemasan alat dengan kemasan plastik kearas.
7.      Pengujian alat dengan aki sepeda motor, pengujian dengan ampere meter dan pengujian langsung ke HP.



c.       Pengawasan mutu produk
Pengemasan dilakukan dengan plastik keras yang kemudian dicor dengan resin catalic untuk melindungi komponen dari benda-benda asing yang bisa merusak, melindungi dari panas, dan benturan.
d.      Evaluasi
tahap evaluasi dilakukan untuk melihat efektivitas pelaksanaan kegiatan. Tahap ini merupakan bentuk kajian balik dari seluruh rencana-rencana yang telah dilakukan di awal, sehingga dapat meminimalisir berbagai permasalahan yang dihadapi.

3.3  Produk U-COM
U-COM adalah alat pengisi baterai HP yang dipasang pada sepeda motor. Produk ini aman digunakan karena output listrik DC yang dihasilkan 5 V 700mA yang sesuai dengan produk HP segala merek, selain itu juga dilengkapi denagn wather protechtor sehingga tahan air. Berikut adalah gambar produk siap jual :
Gambar 2. Produk U-COM

3.4  Teknik Promosi, Teknik Distribusi dan Teknik Pemasaran U-COM
a.      Teknik Promosi U-COM
            Promosi produk yang dilakukan didukung dengan berbagai media promosi sehingga lebih efektif dan efisien melalui penyebaran leaflet dan pamphlet ke beberapa lokasi strategis di daerah pemasaran seperti  di  sekitar kampus  UNNES dan  juga pusat-pusat  keramaian lainnya, misalnya kompleks pertokoan, sekitar SMA di Semarang dan tempat berkumpul komunitas sepeda motor. Promosi juga dilakukan melalui media online berupa facebook dan twitter yang merupakan social media yang dapat menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Selain itu, pengenalan dilakukan melalui sample produk yang dikemas dengan menarik dan diikutsertakan dalam pameran.
b.      Teknik Distribusi U-COM
Distribusi produk dilakukan dengan cara bekerjasama dengan badan usaha lain (Counter HP, Toko Acessories HP, Bengkel dan Variasi sepeda motor). Kerjasama yang dilakukan meliputi skala produk dalam jumlah besar maupun kecil. Produk tersebut dititipkan kepada badan usaha  lain yang counter HP, toko scessories HP, bengkel dan variasi sepeda motor tanpa uang muka dan bagi hasil dilakukan saat produk terjual dalam kurun waktu yang disepakati.
c.      Teknik Pemasaran U-COM
Strategi pemasaran dilakukan baik secara langsung maupun kerjasama dengan badan usaha lain (Counter HP, Toko Acessories HP, Bengkel dan Variasi sepeda motor). Penjualan secara langsung dilakukan dibeberapa tempat, misalnya SC (Student Center) Kampus UNNES Gunungpati, Komunitas Motor  Semarang di Simpang Lima Semarang dan tempat-tempat lain di Semarang. Pemasaran akan dilakukan secara langsung  dan melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan blog.

BAB IV. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1  Anggaran Biaya
Tabel 5Anggaran Biaya
No
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)

1
Peralatan penunjang yang meliputi:
Solder, Atraktor, Gergaji besi, Obeng, Tang jepit, Tang potong, Lem tembak, Solder uap, Gunting, Cutter , Penggaris , Tespen, Power supply DC, Multimeter digital, Ampere meter DC, Aki sepeda motor, Tang pengupas kabel, Bor PCB (AC)
3.323.000,00

2
Bahan habis pakai terdiri atas:
Tenol, Resistor, Led, USB male, USB Female, IC 7805, Dioda, Kabel, Japit, buaya, Pembungkus produk, Lem bakar, Kardus, pembungkus, Prosedur penggunaan
5.727.500,00



3
Biaya perjalanan yang terdiri dari:
a.       Perjalanan ke Toko Maju Elektronik Jl MT. Haryono Semarang
b.      Perjalanan distribusi produk ke Konter dan  variasi motor di Semarang dan sekitarnya.
c.       Perjalanan ke percetakan, Perjalanan untuk, keperluan        promosi,           distribusi,          dan pemasaran
1.100.000,00

4
Biaya lain-lain, meliputi:
Brosur, standing   banner,   kesekretariatan, listrik  dan lain-lain.

Total


3.5  Jadwal Kegiatan
Tabel 6. Jadwal Kegiatan

No

Kegiatan
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
Bulan ke-4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Survei Pasar
















2
Penyiapanalatdan bahan
















3
Pelaksana
an program
















4
Evaluasi
















5
Pembuatan laporan




















Lampiran 2 Justifikasi Anggaran Kegiatan
1.        Peralatan Penunjang

Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (RP)
Solder
Alat perakit
3 buah
50.000
150.000
Atraktor
Alat perakit
3 buah
60.000
180.000
Gergaji besi
Alat perakit
1 buah
225.000
225.000
Obeng
Alat perakit
3 buah
25.000
75.000
Tang jepit
Alat perakit
3 buah
25.000
75.000
Tang potong
Alat perakit
3 buah
20.000
60.000
Lem tembak
Alat perakit
3 buah
45.000
135.000
Solder uap
Alat perakit
1 buah
500.000
500.000
Gunting
Alat perakit
3 buah
15.000
45.000
Cutter
Alat perakit
3 buah
10.000
30.000
Penggaris
Alat ukur
3 buah
1.000
3.000
Tespen
Alat perakit
3 buah
20.000
60.000
Power supply DC
Alat uji
2 buah
300.000
600.000
Multimeter digital
Alat ukur
2 buah
225.000
450.000
Ampere meter DC
Alat ukur
2 buah
75.000
150.000
Aki sepeda motor
Alat Uji
1 buah
175.000


2.        Bahan habis pakai
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
Tenol
Bahan Utama
1 gulung
60.000
60.000
Resistor
Bahan Utama
300 buah
75
22.500
Led
Bahan Utama
300 buah
500
150.000
USB male
Bahan utama
300 buah
5.00
1.500.000
USB Female
Bahan utama
300 buah
1.700
510.000
IC 7805
Bahan utama
300 buah
2.000
600.000
Dioda
Bahan utama
300 buah
100
30.000
Kabel
Bahan utama
300 buah
1000
300.000
Japit buaya
Bahan utama
600 buah
250
150.000
Pembungkus produk
Bahan utama
300 buah
6.000
1.800.000
Isi lem tembak
Bahan pendukung
150 buah
2.000
300.000
Lem alteko
Bahan utama
10 buah
6.500
65.000
Resin
Bahan utama
5 liter
45.000


3.        Perjalanan
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Prakegiatan
Survey dan Pencarian alat dan bahan
60 liter
6.500
390.000
Pelaksanaan Kegiatan
Perancangan, pembuatan, promosi, dan distribusi ke konter dan variasi motor Semarang dan Sekitarnta.
70 liter
6.500
450.000
Pascakegiatan
Uji coba, evaluasi, dan pembuatan laporan
40 liter


4.        Lain-lain
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Print, Penggandaan dan Jilid Laporan
Pembuatan dan penggandaan laporan
1 set
200.000
200.000
Print Kardus Kemasan
Pembuatan
kemasan produk
300 buah
700
210.000
Prosedur penggunaan U-COM
Kelengkapan unit
300 lembar
250
75.000
Listrik
Produksi
1 bulan
45.000
45.000
Pembuatan Brosur kertas CTS
Iklan
100 lembar


DOWNLOAD FILE ASLI INI SECARA LENGKAP DISINI

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: [DOWNLOAD] TUGAS KEWIRAUSAHAAN: PERENCANAAN MEMULAI USAHA
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment