PROPOSAL Pengabdian LP2M UNNES


1.      Judul
Pelatihan Pembuatan Selai Terong Belanda (Cyphomandra Betacea) Sebagai Produk Olahan Makanan Sehat Khas Dusun Gunungsari Untuk Meningkatkan Penghasilan Masyarakat

2.      Latar Belakang Masalah
Terung belanda (Cyphomandra betacea) termasuk keluarga terung-terungan (Solanaceae). Buah ini berasal dari Peru, Amerika Latin dan masuk ke negara Indonesia dikembangkan dibeberapa daerah antara lain, di Bali, Jawa Barat, dan Tanah Karo - Sumatra Utara. Berdasarkan penelitian, terung belanda kaya akan provitamin A yang merupakan prekursor dari vitamin A yang bagus untuk kesehatan  mata, vitamin C untuk mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh, serat yang bermanfaat untuk mencegah kanker, sembelit/ konstipasi dan kandungan makronutrien (karbohidrat, air, protein, lemak) yang baik untuk dikonsumsi sebagai aspek fungsional makanan (Kumalaningsih, 2006 ; Morton, 2006).
Terong belanda mempunyai masa simpan yang pendek setelah dipanen sehingga perlu penanganan yang baik setelah panen. Selain berakibat terhadap penurunan mutu fisik, kerusakan-kerusakan juga dapat menurunkan nilai gizi. Oleh karenanya, perlu segera dilakukan upaya perbaikan fisiologis, penanganan pasca panen. Salah satu alternatif untuk mempertahankan mutu, memperpanjang masa simpan dan daya guna, sekaligus meningkatkan nilai ekonominya yaitu dengan mengolah menjadi selai, pasta, es krim, jus, dan sebagainya (Astawan, 2008).
Selai merupakan suatu bahan pangan setengah padat yang dibuat tidak kurang dari 45 bagian berat buah yang dihancurkan dengan 55 bagian berat gula. Campuran ini  dikentalkan sampai mencapai kadar zat padat terlarut tidak kurang dari 65%. Buah-buahan yang ideal dalam pembuatan selai harus mengandung pektin dan asam yang cukup untuk menghasilkan selai yang baik. Buah-buah tersebut meliputi tomat, apel, anggur, dan jeruk (Desrosier, 1988).
Kebanyakan Terong Belanda pengolahannya hanya bisa dibuat juice, belum pernah dibuat selai, tidak semua lapisan masyarakat menyukai terong Belanda karena baunya, tetapi jika dibuat selai diharapkan disukai oleh semua orang, untuk olesan roti dan roll cake.

3.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dibahas di program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra betacea) di Dusun Gunungsari?
2.      Bagaimana pelaksanaan program pelatihan pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra betacea) di dusun Gunung Sari?

4.      Tujuan
Adapun yang menjadi tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut:
1.      Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra betacea) di Dusun Gunungsari.
2.      Memberikan tambahan wawasan dan inovasi baru bagi warga dusun gunungsari tentang pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra betacea).

5.      Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu:
Bagi Pemerintah
1.      Menghasilkan suatu produk makanan olahan sehat khas Dusun Gunungsari yang dapat membantu pemerintah untuk meingkatkan penghasilan masyarakat desa.
Bagi Warga Desa
1.      Terciptanya suatu produk khas olahan dusun Gunungsari berupa selai terong belanda (Cyphomandra betacea) yang sehat dan menyehatkan.
2.      Terciptanya suatu produk khas olahan dusun Gunungsari berupa selai terong belanda (Cyphomandra betacea) sebagai upaya meningkatkan perekonomian warga.
Bagi Mahasiswa
1.      Membangun jiwa mahasiswa untuk lebih peduli dan melakukan pengabdian kepada masyarakat, khususnya warga Dusun Gunungsari
2.      Membangun jiwa kemandirian mahasiswa dalam membantu memberikan dan mencari alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya berupa pelatihan pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra betacea).
6.      Khalayak Sasaran
Dusun Gunungsari adalah dusun yang berada di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah. Penduduk di dusun ini sebagian besar mempunyai mata pencarian sebagai petani dan buruh. Dusun yang terletak di lereng Gunung Ungaran sebelah utara ini merupakan salah satu desa yang mempunyai banyak potensi untuk berkembang.
Salah satu potensi yang bisa dikembangkan adalah banyaknya tumbuhan terong belanda (Cyphomandra betacea) di desa tersebut. Hampir setiap warga memiliki tumbuhan terong belanda di halaman rumahnya. Sehingga sangat memungkinkan untuk mengolah produk terong belanda (Cyphomandra betacea) menjadi selai khas Dusun Gunungsari sebagai upaya meningkatkan penghasilan masyarakat.
7.      Metode
Metode pelaksanaan dari program pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari 5 kegiatan pokok. Kegiatan tersebut yaitu:
Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan program pelatihan ini adalah sebagai berikut:
A.     Sosialisasi
Tahap awal pelaksanaan program yaitu dengan melakukan  sosialisasi mengenai progam yang akan kami laksanakan dan juga menjelaskan tentang pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra Betacea). Penyampaian materi kami sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga masyarakat bisa mengerti. Penyampaian materi melalui media power point sehingga lebih menarik, selain itu kami juga memberian modul pelaksanaannya kepada peserta sebagai pedoman.
B.     Pelatihan
Memberikan pelatihan tentang pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra Betacea) kepada ibu – ibu. Selanjutnya ibu – ibu mengaplikasikannya secara langsung denagn menggunakan alat dan bahan yang telah kami persiapkan. Pelatihan ini tidak hanya pembuatan selai terong belanda (Cyphomandra Betacea) saja tetapi  sampai pengemasan yang di buat menarik.
C.     Pemasaran
Memberikan materi tentang berwirausaha dan langsung mengaplikasikannya ke masyarakat. Menjual hasil produksi secara langsung ke masyarakat serta menjualnya ke toko - toko yang ada di Sekitar Durun Gunungsari. Selain itu ada pembuatan brosur tentang produk yang mereka buat, sehingga produk mereka akan lebih banyak dikenal masyarakat. Tidak hanya itu kami juga akan mengajarkan mereka untuk menjual produknya di dunia internet.
D.    Monitoring
Melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap hasil produksi. Mengidentifikasi permasalahan – permasalahan yang ada selama proses produksi, dan melakukan penyempurnaan terhadap hasil
produksi.
E.     Evaluasi
Evaluasi dilaksanakan sebulan sekali terhadap hasil kerja ibu –ibu. Memantau sejauh mana bisnis yang telah di laksanakan oleh ibu – ibu desa setempat. Mengevaluasi perkembangan usaha dan perkembangan ekonomi usaha.
8.      Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut:
1.      Sebagian besar masyarakat Dusun Gunungsari mau dan mampu mengolah terong belanda menjadi produk selai terong belanda (Cyphomandra betacea) dan memahami arti pentingnya kandungan terong belanda sebagai produk olahan makanan yang menyehatkan.
2.      Masyarakat Dusun Gunungsari Mampu menciptakan suatu produk olahan selai terong belanda (Cyphomandra betacea) sebagai produk olahan makanan sehat.
3.      Masyarakat Dusun Gunungsari Mampu menciptakan suatu produk olahan selai terong belanda (Cyphomandra betacea) yang mampu meningkatkan sektor perokonomian.
9.      Tim Pelaksana
a.       Ketua Pelaksana Kegiatan
1.      Nama Lengkap                   : Handi Suryawinata
2.      NIM                                  : 5301412061
3.      Prodi/ Jurusan/ Fakultas      : Pendidikan Teknik Elektro/ Teknik  
   Elektro/ Fakultas Teknik
4.      Bidang Keahlian                 : Teknik
b.      Anggota Pelaksana 1
1.      Nama Lengkap                   : Muhammad Ka’anal Miska
2.      NIM                                  : 5301411066
3.      Prodi/ Jurusan/ Fakultas      : Pendidikan Teknik Elektro/ Teknik
                                      Elektro/ Teknik
4.      Bidang Keahlian                 : Teknik
c.       Anggota Pelaksana 2
1.      Nama Lengkap                   : Heru Setiawan
2.      NIM                                  : 4211413037
3.      Prodi/ Jurusan/ Fakultas      : Pendidikan Biologi/ Biologi/ MIPA
4.      Bidang Keahlian                 : Biologi



DOWNLOAD FILE INI SELENGKAPNYA DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: PROPOSAL Pengabdian LP2M UNNES
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment