MAKALAH MANAJEMEN INDUSTRI
“APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
(QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN”
Disusun Oleh:
Nama : Handi Suryawinata
NIM : 5301412061
Mata
Kuliah : Manajemen
Industri
Rombel : 1
Semester : 5
Dosen
Pengampu : Drs. Sri Sukamta M.Si
PRODI
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
SEMARANG
|
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil
menyelesaikan Makalah yang berjudul “APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
(QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMA” tepat waktu. Diharapkan Makalah
ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Kami
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik
dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi
kesempurnaan makalah ini.
Akhir
kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta
dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT
senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul ......................................................................................................... i
Kata
Pengantar ........................................................................................................ ii
Daftar
Isi ................................................................................................................. iii
Daftar
Tabel ............................................................................................................ iv
Abstrak
................................................................................................................... v
BAB
I. Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang ............................................................................................ 1
1.2 Rumusan
Masalah ........................................................................................ 1
1.3 Tujuan
......................................................................................................... 2
BAB
II. Tinjauan Pustaka
2.1 Konsep
Produk ........................................................................................... 3
2.2 Pengembangan
Produk ................................................................................ 3
2.3 Quality
Function Deployment (QFD) ............................................................ 4
2.4 Tahap-tahap
Implementasi QFD .................................................................. 5
BAB
III. Metode Penelitian
3.1 Atribut
Penelitian ......................................................................................... 7
3.2 Populasi
dan Sampel Penelitian .................................................................... 7
3.3 Metode
Pengumpulan Data .......................................................................... 7
3.4 Pengumpulan
dan Pengujian data .................................................................. 8
3.5 Pembentukan
Rumah Kualitas ...................................................................... 8
3.6 Analisa
dan Pembahasan .............................................................................. 8
3.7 Kesimpulan
dan Saran ................................................................................. 8
BAB
IV. Hasil dan Pembahasan
4.1 Costumer
Need ........................................................................................... 9
4.2 Pengolahan
Data .......................................................................................... 9
4.3 Matriks
Perencanaan ................................................................................... 9
BAB
V. Penutup
5.1 Kesimpulan
................................................................................................. 14
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................. 15
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Customer Need Pengguna Produk Air Minum Kemasan ............................ 9
Tabel 2. Hasil
Pengujian Validitas Dengan Menggunakan Scale Reliability
Analysis .................................................................................................... 9
Tabel 3. Importance to Customer,Perceived Customer Satisfactiondan Expected Satisfaction Performance
............................................................................................................. 10
Tabel 4. Performansi Kepuasan Pelanggan terhadap
Produk FLOW dan IDOL ....... 10
Tabel
5. Target Value CV. SUPER INTI PERKASA
............................................ 10
Tabel 6.
Nilai
Improvement Ratio CV.
SUPER INTI PERKASA .......................... 11
Tabel 7. Matriks Sales Point Produk Air Minum Kemasan AISO .............................. 11
Tabel 8.
Nilai
Bobot Atribut (Raw Weight)
dan Normalized Raw Weight Produk
AISO ..................................................................................................... 11
Tabel
9. Substitute Quality Characteristics (SQC) / Respon Teknis ...................... 12
Tabel 10. House of Quality .................................................................................... 13
Tabel 11. Nilai Prioritas SQC ................................................................................. 13
APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN
ABSTRAK
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: menentukan atributa-atribut sebagai landasan upaya perbaikan produk air minum kemasan; mengetahui pendapat konsumen tentang kualitas air
minum kemasan AISO; mengetahui usaha yang dilakukan perusahaan yang berkaitan dengan kualitas
produk air minum kemasan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function
Deployment (QFD).
Hasil yang dicapai adalah: terdapat 7 atribut yang dianggap penting oleh
konsumen dan dapat digunakan untuk mengukur kualitas produk air minum kemasan, yaitu: desain kemasan, kejernihan air, rasa, kemudahan memperoleh produk, harga, ketahanan dan kekuatan kemasan, serta
ketahanan dan kekuatan air. Kualitas produk air minum kemasan AISO sudah sangat memuaskan, Prioritas upaya yang dilakukan perusahaan dalam upaya peningkatan kualitas produk air minum kemasan AISO berdasarkan
House of Quality adalah: Menjamin bahwa seluruh peralatan produksi yang dipakai dalam keadaan yang benar-benar bersih, Mengawasi proses produksi dengan ketat untuk memastikan kebersihannya,
serta memastikan bahwa peralatan distribusi air dari lokasi bahan baku juga terjamin kebersihannya
Kata kunci: Quality Function Deployment, voice of the customer.
Download File ini Selengkapnya PART 1 DISINI DAN PART 2 DISINI
Judul: MAKALAH MANAJEMEN INDUSTRI “APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN”
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
Post a Comment