MAKALAH MANAJEMEN INDUSTRI “APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN”


MAKALAH MANAJEMEN INDUSTRI

APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN






Disusun Oleh:
Nama                           : Handi Suryawinata
NIM                            : 5301412061
Mata Kuliah                 : Manajemen Industri
Rombel                        : 1
Semester                      : 5
Dosen Pengampu          : Drs. Sri Sukamta M.Si




PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG


2015
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah yang berjudul “APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMA” tepat waktu. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.

Penulis



DAFTAR ISI

Halaman Judul .........................................................................................................       i
Kata Pengantar ........................................................................................................       ii
Daftar Isi .................................................................................................................       iii
Daftar Tabel ............................................................................................................       iv
Abstrak ...................................................................................................................       v
BAB I. Pendahuluan
1.1  Latar Belakang ............................................................................................       1
1.2  Rumusan Masalah ........................................................................................       1
1.3  Tujuan .........................................................................................................       2
BAB II. Tinjauan Pustaka
2.1  Konsep Produk ...........................................................................................       3
2.2  Pengembangan Produk ................................................................................       3
2.3  Quality Function Deployment (QFD) ............................................................       4
2.4  Tahap-tahap Implementasi QFD ..................................................................       5
BAB III. Metode Penelitian
3.1  Atribut Penelitian .........................................................................................       7
3.2  Populasi dan Sampel Penelitian ....................................................................       7
3.3  Metode Pengumpulan Data ..........................................................................       7
3.4  Pengumpulan dan Pengujian data ..................................................................       8
3.5  Pembentukan Rumah Kualitas ......................................................................       8
3.6  Analisa dan Pembahasan ..............................................................................       8
3.7  Kesimpulan dan Saran .................................................................................       8
BAB IV. Hasil dan Pembahasan
4.1  Costumer Need ...........................................................................................       9
4.2  Pengolahan Data ..........................................................................................       9
4.3  Matriks Perencanaan ...................................................................................       9
BAB V. Penutup
5.1  Kesimpulan .................................................................................................       14
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................       15

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Customer Need Pengguna Produk Air Minum Kemasan ............................         9
Tabel 2. Hasil Pengujian Validitas Dengan Menggunakan Scale Reliability
Analysis ....................................................................................................       9
Tabel 3. Importance to Customer,Perceived Customer Satisfactiondan Expected Satisfaction Performance         ............................................................................................................. 10
Tabel 4. Performansi Kepuasan Pelanggan terhadap Produk FLOW dan IDOL .......       10
Tabel 5. Target Value CV. SUPER INTI PERKASA ............................................       10
Tabel 6. Nilai Improvement Ratio CV. SUPER INTI PERKASA ..........................       11
Tabel 7. Matriks Sales Point Produk Air Minum Kemasan AISO ..............................       11
Tabel 8. Nilai Bobot Atribut (Raw Weight) dan Normalized Raw Weight Produk
AISO .....................................................................................................       11
Tabel 9. Substitute Quality Characteristics (SQC) / Respon Teknis ......................       12
Tabel 10. House of Quality ....................................................................................       13
Tabel 11. Nilai Prioritas SQC .................................................................................       13










APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN

ABSTRAK
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:  menentukan  atributa-atribut sebagai  landasan upaya perbaikan produk air minum kemasan; mengetahui pendapat konsumen tentang kualitas air minum kemasan AISO; mengetahui usaha yang dilakukan  perusahaan  yang berkaitan  dengan  kualitas  produk air minum  kemasan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function  Deployment (QFD).
Hasil yang dicapai adalah: terdapat 7 atribut yang dianggap  penting  oleh  konsumen dan dapat digunakan untuk mengukur kualitas produk air minum kemasan, yaitu: desain kemasan, kejernihan air, rasa, kemudahan memperoleh  produk, harga, ketahanan  dan kekuatan kemasan, serta  ketahanan dan kekuatan air. Kualitas produk air minum kemasan AISO sudah sangat memuaskan, Prioritas upaya yang dilakukan perusahaan dalam upaya peningkatan kualitas produk air minum kemasan AISO berdasarkan House of Quality adalah: Menjamin bahwa  seluruh peralatan produksi yang dipakai dalam keadaan yang benar-benar bersih, Mengawasi proses produksi dengan ketat untuk memastikan kebersihannya, serta memastikan bahwa peralatan distribusi air dari lokasi bahan baku juga terjamin kebersihannya
Kata kunci: Quality Function Deployment, voice of the customer.



Download File ini Selengkapnya PART 1 DISINI DAN PART 2 DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: MAKALAH MANAJEMEN INDUSTRI “APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN”
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment