RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) “HUKUM OHM”


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

“HUKUM OHM”



Disusun Oleh :
Nama              : Handi Suryawinata
NIM                 : 5301412061
Prodi               : Pendidikan Teknik Elektro
Dosen             : Feddy Setio Pribadi S.Pd., MT.



Universitas Negeri Semarang
Semarang
2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMK ISLAM AL HIKMAH MAYONG
Kelas/Semester        : X/1
Mata Pelajaran          : Menganalisa Rangkain Listrik
Topik                        : Hukum Ohm
Waktu                       : 15 menit

A.      Kompetensi Inti :
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar
1.1   Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
1.2   Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
1.3   Memahami dan menerapkan hukum ohm untuk  penyelesaian masalah nyata dalam rangkaian listrik arus searah.
1.4   Memanfaatkan informasi dari suatu permasalahan nyata, membuat model berupa persamaan Hukum ohm serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran Hukum ohm.
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menjelaskan bunyi Hukum Ohm dan Persamaannya dengan menggunakan yang mudah dipahami peserta didik.
5.    Menyatakan hubungan tegangan dengan arus dan hambatan dari persamaan Hukum Ohm. 
6.    Terampil menerapkan persamaan Hukum Ohm dan dapat membuat strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Hukum Ohm.  

D.      Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Hukum Ohm ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.    Menjelaskan bunyi Hukum Ohm dan menuliskan persamaan Hukum Ohm dengan simbol  yang benar.
2.    Menyatakan hubungan antara tegangan dengan arus dan hambatan dari persamaan Hukum Ohm.
3.    Menerapkan persamaan Hukum Ohm kedalam suatu permasalahan pada rangkaian listrik arus searah.

E.      Materi Hukum Ohm
 



1.       Rangkaian Seri.
Adalah sebuah rangkaian yang menggabungkan dua atau lebih Resistor yang dideret sedemikian rupa, sehingga nilai Hambatan totalnya menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan nilai Hambatan total merupakan hasil penjumlahan dari semua resistor pembentuknya.
                                        Rtot = R1 + R2 + R……… + RN

Rangkaian ekuivalen rangkaian seri diperlihatkan pada Gambar 1. di bawah ini.
                                                         R1                                              R2                                               R3

       Rtot

Gambar 1. Rangkaian Resistor Seri
Dari gambar 1. di atas, dapat diketahui bahwa ;
Rtot = R1 + R2 + R3


2.       Rangkaian Paralell
Adalah sebuah rangkaian yang menggabungkan dua atau lebih Resistor yang dijajar sedemikian rupa, sehingga nilai Hambatan totalnya menjadi lebih kecil dari nilai Resistor terkecil yang membentuknya. Persamaan untuk mencari Rtotal pada rangkaian parallel adalah
                                               1            1         1                    1
                                        -----   = ----- + ----- + ----- +   ------
Rtotal        R1       R2                   RN

Rangkaian ekuivalen Resistor paralell diperlihatkan pada Gambar 2. berikut.




                                 Rtotal
       R1                                R2                        R3



   Gambar 2. Rangkaian Ekuivalen Resistor Paralell
Dari gambar 2. di atas, dapat diketahui bahwa ;
                                                        1            1         1          1
                                            -----   = ----- + ----- +  ------
     Rtotal        R1       R2        R3


F.      Strategi/Metode/Pendekatan Pembelajaran
a.         Model Pembelajaran Saintifik
b.         Metode: eksplorasi, elaborasi, konfirmasi.

G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru memberikan salam dan siswa merespon salam.
2.       Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak melihat tampilan simulasi rangkaian listrik arus searah.
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu siswa mampu menjelaskan bunyi hukum Ohm, menerangkan hubungan antara tegangan dengan arus dan hambatan dari hukum ohm, serta menerapkan hukum ohm dalam menyelesaikan masalah pada rangkaian listrik arus searah.
3 menit
Inti
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Scientific Learning, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
A.      Mengamati
1.   Membaca referensi tentang rangkaian listrik arus searah, terkait dengan hukum Ohm.
B.      Menanya
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang Hukum Ohm.
C.      Mengekplorasi
1.  Menentukan nilai perhitungan tegangan dan arus listrik pada rangkaian searah dengan menggunakan persamaan hukum ohm.
D.      Mengasosiasi
1. Mengolah data hasil pengukuran tegangan dan arus, menginterpretasi data, dan menghitung tingkat ketelitian pengukuran berdasarkan referensi pembanding.
2. Menyimpulkan hasil interpretasi data pengukuran
6 menit
Soal Untuk Siswa
1.       Siswa menganalisis soal yang diberikan oleh guru
2.       Siswa mencoba menjawab soal yang diberikan oleh guru
3 menit
Penutup
1.       Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan kuat arus pada rangkaian dengan menggunakan rumus Hukum Ohm.
2.       Guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai hubungan tegangan dan kuat arus listrik.
3.       Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan Hukum Ohm.
4.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
3 menit

H.      Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.       Whiteboard
2.       Spidol
3.       Bahan tayang (PPT dan Video Simulasi)
4.       LCD 
5.       Laptop

I.        Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan dan penilaian
2.       Prosedur Penilaian:
No
Kisi-kisi soal
Instrumen Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran Hukum Ohm.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Terlampir
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali  bunyi hukum Ohm dan persamaan hukum Ohm dengan menggunakan simbol yang benar.
b.       Menyatakan kembali hubungan tegangan dengan kuat arus dari persamaan hukum Ohm secara tepat dan kreatif.
c.       Menerapkan persamaan hukum ohm ke dalam rangkaian listrik.


Terlampir

Penyelesaian tugas individu dan kelompok


J.       Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Bentuk Instrumen :
Lampiran
Bentuk Penilaian
a.       Lembar Pengamatan Penilaian Sikap
No
Na ma
Perilaku yang diamati pada pembelajaran
Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Komunikasi
1
Tri Suprapti





2
Gunawan





3
Muhammad Khamami





4
Widadi





5
Roni Nunuk Sugianto





6
Agung Dalyanto





7
Sutarjo





8
Rohkmat Astika





9
Eko Prasetyo






Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 60 s/d  100
Penafsiran angka :  60 = sangat kurang, 65 = kurang, 75 = cukup, 90  = baik, 100 = sangat baik.

Bentuk Penilaian Pengetahuan
1.      Sebutkan bunyi hukum Ohm?
2.     Bagaimanakah hubungan tegangan dan arus pada suatu rangkaian listrik berdasarkan persamaan hukum Ohm?
3.     Sebuah sumber arus mempunyai tegangan 4 volt dan kuat arus yang mengalir 5 A, maka besarnya hambatan dalam penghantar tersebut adalah ......

Kunci Jawaban :
1.       Bunyi Hukum Ohm : kuat arus yang mengalir pada suatu penghantar sebanding dengan beda potensial pada kedua ujung penghantar.
2.       Tegangan pada suatu penghantar berbanding lurus dengan kuat arus yang mengalir pada rangkaian.
3.       Besarnya hambatan adalah 0,8 ohm.
Skor jawaban benar tiap butir adalah 20
No
1
2
3
Jumlah skor maksimal
Skor maksimal
30
30
40
100

Mengetahui                                                                             Jepara, 27 Juli 2015

Guru Pamong                                                             Guru Praktikan





Tri Wuryani, S.Pd                                                                   Handi Suryawinata
NIP. 195701081988031003                                                        NIM. 5301412061


Download File ini Selengkapnya DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) “HUKUM OHM”
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment