RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
“HUKUM OHM”
Disusun Oleh :
Nama :
Handi Suryawinata
NIM :
5301412061
Prodi :
Pendidikan Teknik Elektro
Dosen :
Feddy Setio Pribadi S.Pd., MT.
Universitas Negeri
Semarang
Semarang
2015
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ISLAM AL HIKMAH MAYONG
Kelas/Semester :
X/1
Mata Pelajaran : Menganalisa
Rangkain Listrik
Topik : Hukum Ohm
Waktu : 15 menit
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menunjukkan
sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur
dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
1.2 Memiliki sikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
1.3 Memahami dan menerapkan hukum ohm untuk penyelesaian
masalah nyata dalam
rangkaian listrik arus searah.
1.4 Memanfaatkan
informasi dari suatu permasalahan nyata, membuat model berupa persamaan Hukum
ohm serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Terlibat aktif dalam pembelajaran Hukum ohm.
2.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan bunyi Hukum Ohm dan
Persamaannya dengan menggunakan yang mudah dipahami peserta didik.
5.
Menyatakan hubungan tegangan dengan
arus dan hambatan dari persamaan Hukum Ohm.
6.
Terampil menerapkan persamaan Hukum
Ohm dan dapat membuat strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan Hukum Ohm.
D. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan
diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Hukum Ohm ini diharapkan
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat
1.
Menjelaskan bunyi Hukum Ohm dan
menuliskan persamaan Hukum Ohm dengan simbol yang benar.
2.
Menyatakan hubungan antara tegangan
dengan arus dan hambatan dari persamaan Hukum Ohm.
3.
Menerapkan persamaan Hukum Ohm kedalam
suatu permasalahan pada rangkaian listrik arus searah.
E. Materi Hukum Ohm
1.
Rangkaian Seri.
Rtot = R1
+ R2 + R……… + RN
Rtot
Gambar 1. Rangkaian Resistor Seri
Rtot
= R1 + R2 + R3
2.
Rangkaian Paralell
1 1 1 1
----- = ----- + ----- + ----- + ------
Rtotal R1 R2 RN
Rangkaian ekuivalen Resistor
paralell diperlihatkan pada Gambar 2. berikut.
Rtotal
Gambar 2. Rangkaian Ekuivalen Resistor Paralell
1 1
1 1
-----
= ----- + ----- + ------
Rtotal R1 R2 R3
F.
Strategi/Metode/Pendekatan Pembelajaran
a.
Model Pembelajaran Saintifik
b.
Metode: eksplorasi, elaborasi, konfirmasi.
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan siswa merespon salam.
2.
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
siswa diajak melihat tampilan simulasi rangkaian listrik arus searah.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu siswa mampu menjelaskan bunyi hukum Ohm, menerangkan hubungan
antara tegangan dengan arus dan hambatan dari hukum ohm, serta menerapkan
hukum ohm dalam menyelesaikan masalah pada rangkaian listrik arus searah.
|
3 menit
|
Inti
|
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Scientific Learning, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
A. Mengamati
1. Membaca
referensi tentang rangkaian listrik arus searah, terkait dengan hukum Ohm.
B. Menanya
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan
pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang Hukum Ohm.
C. Mengekplorasi
1. Menentukan nilai perhitungan
tegangan dan arus listrik pada rangkaian searah dengan menggunakan persamaan
hukum ohm.
D. Mengasosiasi
1. Mengolah data hasil pengukuran
tegangan dan arus, menginterpretasi data, dan menghitung tingkat ketelitian
pengukuran berdasarkan referensi pembanding.
2. Menyimpulkan hasil interpretasi data
pengukuran
|
6 menit
|
Soal Untuk Siswa
|
1. Siswa menganalisis soal yang diberikan oleh guru
2. Siswa mencoba menjawab soal yang diberikan oleh guru
|
3 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana
menentukan kuat arus pada rangkaian dengan menggunakan rumus Hukum Ohm.
2.
Guru
menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai hubungan
tegangan dan kuat arus listrik.
3.
Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai
penerapan Hukum Ohm.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
3 menit
|
H. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.
Whiteboard
2.
Spidol
3.
Bahan tayang (PPT dan Video Simulasi)
4.
LCD
5.
Laptop
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian: pengamatan dan penilaian
2.
Prosedur Penilaian:
No
|
Kisi-kisi
soal
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam
pembelajaran Hukum Ohm.
b.
Bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
c.
Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Terlampir
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan kembali bunyi hukum Ohm dan persamaan hukum Ohm dengan
menggunakan simbol yang benar.
b.
Menyatakan kembali hubungan
tegangan dengan kuat arus dari persamaan hukum Ohm secara tepat dan kreatif.
c.
Menerapkan persamaan hukum ohm
ke dalam rangkaian listrik.
|
Terlampir
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
J. Instrumen Penilaian Hasil
belajar
Bentuk
Instrumen :
Lampiran
Bentuk Penilaian
a. Lembar Pengamatan Penilaian Sikap
No
|
Na
ma
|
Perilaku
yang diamati pada pembelajaran
|
||||
Menghargai
orang lain
|
Disiplin
|
Aktivitas
|
Kerjasama
|
Komunikasi
|
||
1
|
Tri Suprapti
|
|
|
|
|
|
2
|
Gunawan
|
|
|
|
|
|
3
|
Muhammad
Khamami
|
|
|
|
|
|
4
|
Widadi
|
|
|
|
|
|
5
|
Roni Nunuk
Sugianto
|
|
|
|
|
|
6
|
Agung Dalyanto
|
|
|
|
|
|
7
|
Sutarjo
|
|
|
|
|
|
8
|
Rohkmat Astika
|
|
|
|
|
|
9
|
Eko Prasetyo
|
|
|
|
|
|
Skala
penilaian dibuat dengan rentangan dari 60
s/d 100
Penafsiran
angka : 60 = sangat kurang, 65 = kurang,
75 = cukup, 90 = baik, 100 = sangat
baik.
Bentuk Penilaian Pengetahuan
1.
Sebutkan bunyi hukum Ohm?
2.
Bagaimanakah hubungan tegangan dan
arus pada suatu rangkaian listrik berdasarkan persamaan hukum Ohm?
3.
Sebuah sumber arus mempunyai tegangan
4 volt dan kuat arus yang mengalir 5 A, maka besarnya hambatan dalam penghantar
tersebut adalah ......
Kunci Jawaban :
1. Bunyi Hukum Ohm : kuat
arus yang mengalir pada suatu penghantar sebanding dengan beda potensial pada
kedua ujung penghantar.
2. Tegangan
pada suatu penghantar berbanding lurus dengan kuat arus yang mengalir pada
rangkaian.
3. Besarnya
hambatan adalah 0,8 ohm.
Skor jawaban benar tiap butir
adalah 20
No
|
1
|
2
|
3
|
Jumlah
skor maksimal
|
Skor
maksimal
|
30
|
30
|
40
|
100
|
Mengetahui Jepara, 27 Juli 2015
Guru
Pamong Guru
Praktikan
Tri Wuryani, S.Pd Handi Suryawinata
NIP.
195701081988031003 NIM.
5301412061
Judul: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) “HUKUM OHM”
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
Post a Comment