LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1
DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN
Disusun oleh :
Nama : Yusuf Imam Maulana, dkk.
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2014
PENGESAHAN
Laporan PPL 1 ini telah disusun sesuai dengan
pedoman PPL Unnes.
Hari :
Tanggal :
Disahkan
oleh :
Koordinator Dosen Pembimbing Kepala SMA N 1 Pekalongan
Dr. Lisdiana, M.Si. Sulikin,
S.Pd.
NIP 19591119 198603 2 001 NIP 19690102 199403 1 005
Kepala
Pusat Pengembangan PPL Unnes
Drs.
Masugino, M.Pd.
NIP
19520721 198012 1 001
KATA PENGANTAR
Puji syukur bagi Tuhan Yang Maha
Esa yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada kita semua, sehingga
kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL 1) di SMA Negeri 1 Pekalongan pada
tanggal 5 Agustus s. d. 14 Agustus 2014 dapat terselesaikan. Laporan PPL 1 ini
sebagai salah satu bukti fisik adanya kegiatan observasi dan orientasi yang
telah kita lakukan di SMA Negeri 1 Pekalongan.
Penyusunan
laporan ini tidak lepas dari bimbingan dan bantuan dari pihak terkait. Untuk
itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.
Prof.
Dr. H. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si., selaku Rektor Universitas Negeri Semarang
dan sebagai pelindung pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.
2. Drs. Masugino, M.Pd selaku kepala UPT PPL
Universitas Negeri Semarang dan penanggung jawab pelaksanaan Praktik Pengalaman
Lapangan.
3. Dr.
Lisdiana, M.Si. , selaku dosen koordinator PPL SMA 1 PEKALONGAN.
4. Sulikin,
S.Pd, selaku kepala SMA Negeri 1 Pekalongan.
5. Sulaiman,
S.Pd, selaku koordinator guru pamong.
6. Bapak
dan Ibu guru pamong kegiatan PPL.
7. Bapak
dan Ibu guru Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, sarana dan prasarana,
kesiswaan, dan hubungan masyarakat.
8. Segenap
guru, staf, karyawan PPL SMA 1 Pekalongan yang telah memberikan dukungan selama
PPL.
9. Teman-teman
PPL dan siswa di SMA 1 Pekalongan.
10. Semua
pihak yang telah membantu terlaksananya PPL di SMA 1 Pekalongan
Penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran guna penyempurnaan di masa mendatang.
Demikian
laporan PPL 1 yang dapat penulis buat, semoga berguna bagi mahasiswa PPL pada
khususnya dan pembaca pada umumnya.
Pekalongan, Agustus 2014
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul.......................................................................................... i
Halaman
Pengesahan............................................................................... ii
Kata
Pengantar....................................................................................... iii
Daftar
Isi................................................................................................. v
Daftar
Lampiran..................................................................................... vii
BAB
I PENDAHULUAN...................................................................... 1
A. Latar
Belakang................................................................................. 1
B. Tujuan............................................................................................. 1
C. Manfaat........................................................................................... 2
BAB II HASIL
PENGAMATAN........................................................... 3
A. Keadaan
Fisik Sekolah.................................................................... 3
B. Keadaan
Lingkungan Sekolah.......................................................... 3
C. Fasilitas
Sekolah.............................................................................. 4
D. Penggunaan
Sekolah........................................................................ 5
E.
Keadaan Guru dan Siswa................................................................. 6
F.
Interaksi Sosial................................................................................. 7
G. Pelaksanaan
Tata Tertib bagi Warga Sekolah................................... 7
H. Bidang
Pengelolaan dan Administrasi................................................ 8
BAB III
PENUTUP................................................................................ 9
A. Simpulah.......................................................................................... 9
B. Saran............................................................................................... 9
REFLEKSI
DIRI.................................................................................. 10
A. Mahasiswa
Fakultas Ilmu Sosial..................................................... 10
B. Mahasiswa
Fakultas Matematika dan Ilmu PEngetahuan Alam........ 35
C. Mahasiswa
Fakultas Ekonomi........................................................ 60
LAMPIRAN........................................................................................ 75
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran
1 Sejarah Sekolah.................................................................. 75
Lampiran
2 Visi Misi Sekolah dan Tantangan......................................... 77
Lampiran
3 Pengelolaan Sekolah........................................................... 80
Lampiran
4 Bimbingan dan Konseling.................................................. 103
Lampiran
5 Data Guru Non PNS........................................................ 109
Lampiran
6 Data Guru PNS................................................................ 112
Lampiran
7 Ekstrakurikuler................................................................. 120
Lampiran
8 Laboratorium.................................................................... 153
Lampiran
9 Perpustakaan.................................................................... 161
Lampiran
10 Program Kerja Kepala Sekolah Tahun 2014-2015.......... 174
Lampiran
11 Data Tata Usaha............................................................. 178
Lampiran
12 Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah................................... 181
Lampiran
13 Tata Tertib Siswa............................................................ 184
Lampiran
14 Sarana dan Prasana........................................................ 192
Lampiran
15 STO Komite Sekolah..................................................... 195
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Sekolah merupakan lembaga
pendidikan yang menunjang kualitas sumber daya manusia yang bermanfaat bagi
lingkungan masyarakat, bangsa dan Negara.Salah satu proses yang ada dalam
sekolah adalah proses pendidikan. Pendidikan dari waktu mengalami peningkatan,
masyarakat semakin menyadari pentingnya pendidikan yang ada.Perubahan dan
peningkatan pola pikir masyarakat berdampak secara langsung terhadap perubahan
yang berhubungan dengan pendidikan. Perubahan-perubahan yang dimaksud adalah
mengenai sistem pendidikan, kurikulum, strtegi dan metode pembelajaran
serta sarana dan prasarana penunjang
pendidikan.
Universitas
Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu lembaga pendidikan negeri di
Semarang bertujuan menyiapkan tenaga kependidikan yang professional dengan
memperhatikan jumlah, kualitas, relevansi dan efektivitas berusaha meningkatkan
kualitas lulusan.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara yang
dilakukan oleh suatu perguruan tinggi yang mempunyai calon lulusan tenaga
kependidikan untuk dipersiapkan dalam menghadapi dunia kependidikan secara
nyata. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan yaitu terdiri dari tenaga
pembimbing, tenaga pengajar, tenaga terlatih, maka diperlukan suatu kompetensi
melalui kegiatan PPL.
Sebelum
mahasiswa praktikan melakukan kegiatan pendidikan dan pembelajaran kepada
peserta didik, alangkah baiknya jika mengenali lingkungan tempat latihan. Oleh
karena itu, mahasiswa praktikan melakukan kegiatan PPL 1 yakni observasi dan
orientasi lingkungan sekolah latihan yakni SMA Negeri 1 Pekalongan agar
mahasiswa memiliki bekal awal untuk memahami karate peserta didik dan lingkungan
SMA Negeri 1 Pekalongan.
B.
Tujuan
Kegiatan PPL 1 bertujuan untuk :
1. Membantu
mahasiswa praktikan dalam mengenal kehidupan di sekolah latihan.
2. Mendekatkan
mahasiswa praktikan dengan seluruh warga sekolah di sekolah latihan.
3. Mempersiapkan
mahasiswa praktikan menghadapi Program Pengalaman Lapangan II.
C.
Manfaat
Manfaat
yang diperoleh melalui kegiatan PPL 1 adalah :
1. Mahasiswa
praktikan mampu mengenal keadaan fisik sekolah latihan.
2. Mahasiswa
praktikan mampu mengenal lingkungan sekolah latihan.
3. Mahasiswa
praktikan mengetahui fasilitas yang dimiliki sekolah latihan.
4. Mahasiswa
praktikan mengetahui keadaan guru dan siswa di sekolah latihan serta interaksi
sosial seluruh warga sekolah.
5. Mahasiswa
praktikan mengetahui mengenai tata tertib warga di sekolah latihan serta
pengelolaan administrasi di sekolah latihan.
6. Mahasiswa
praktikan akan mengenal metode mengajar dan pengelolaan kelas sesuai dengan
jurusan masing-masing.
7. Membantu
mahasiswa praktikan untuk lebih siap dalam menghadapi PPL 2.
BAB II
HASIL PENGAMATAN
A.
Keadaan
Fisik Sekolah
Keadaan fisik sekolah SMA N 1
Pekalongan sudah memadai dan mendukung kegiatan belajar mengajar.SMA N 1
Pekalongan memiiki sarana dan prasarana yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang
yaitu dalam setiap ruangan sudah diengkapi LCD, papan tulis, dan AC sehingga
nyaman digunakan. Rincian mengenai keadaan fisik seolah SMA N 1 Pekalongan
dijelaskan dalam denah sekolah yang terlampir.
B.
Keadaan
Lingkungan Sekolah
Keadaan lingkungan sekolah secara
tidak langsung berpengaruh terhadap proses belajar mengajar.
1.
Jenis
bangunan yang mengelilingi sekolah
SMA Negeri 1 Pekalongan terletak di
Jalan R.A. Kartini 39, Pekalongan Timur, cukup strategis dengan berada di pusat
perkotaan yang terletak kurang lebih 500 meter dari pusat perkotaan, 650 meter
dari pusat perbelanjaan seperti hypermart
dan alun-alun kota pekalongan dan dari pusat pertokoan alat tulis dan foto
copy yang menunjang siswa hanya berjarak 3-5 meter dari sekolah. Bagian timur
sekolah berbatasan dengan Jalan RA Kartini dan SDN Keputran 6.Bagian selatan sekolah
berbatasan dengan pemukiman warga Kelurahan Keputran.Bagian barat sekolah
berpatasan dengan pemukiman warga.Bagian utara sekolah berbatasan dengan rumah
warga.
2.
Kondisi
lingkungan sekolah
Kondisi kebersihan lingkungan yang
ada di luar dan halaman sekolah sudah cukup bersih dan rapi hanya saja
kebersihan di ruang kelas masih kurang bersih. Kondisi sanitasi yang ada di SMA
Negeri 1 Pekalongan cukup baik hal itu didukung dengan adanya sumur resapan dan
biopori yang ada di taman sekolah. Kondisi lingkungan yang berada di luar
lingkungan sekolah terlihat cukup bersih meskipun terletak di pusat kota
pekalongan namun tingkat kebisingan yang ada di depan sekolah tidak mengganggu
aktivitas belajar mengajar yang ada dalam sekolah.
C.
Fasilitas
Sekolah
SMA N 1 Pekalongan yang memiliki
Luas lahan 7810 m² dan Luas lantai 1944 m². Sekolah ini memiliki berbagai
fasilitas yang diantaranya adalah 1 Ruang OSIS, 1 Ruang UKS, 1 Ruang Konseling,
1 Tempat Ibadah, 2 Ruang Tata Usaha, 1
Perpustakaan, 1 Ruang Kepala Sekolah, 2
Ruang Guru, 1 Laboratorium Biologi (sedang dalam proses renovasi), 1
Laboratorium Bahasa (sedang dalam proses renovasi), 2 Laboratorium Komputer, 1
Laboratorium Kimia,1 Laboratorium
Fisika, 27 Ruang Kelas, 1 Ruang Seni
Tari, 2 Ruang Multimedia, 1 Ruang TRRC,
1 Ruang Tamu, 1 Ruang Pramuka, 1 Ruang Ganti, 2 Tempat Parkir, 1 Rumah Penjaga,
1 Gudang, 27 Toilet, dan 1 Ruang Serbaguna. Seluruh ruangan fasilitas tersebut dalam kondisi
baik.
Laboratorium fisika berada di
bagian belakang area SMA Negeri 1 Pekalongan. Laboratorium yang memiliki luas
bangunan 110 m2 dengan rasio 110/29 = 3,79 m2/siswa ini
bersebelahan dengan laboratorium kimia dan berhadapan dengan kantin sekolah. SMAN
1 Pekalongan memiliki 2 ruang laboratorium komputer yang letaknya berdampingan
yaitu berada di lantai dua bangunan yang berada disebelah barat lapangan
basket. Ruang laboratorium komputer ini memiliki luas 144 m dengan rasio 4,97
m/siswa. Laboratorium komputer ini aktif digunakan dalam proses pembelajaran
khususnya untuk mata pelajaran TIK dan dalam laboratorium komputer ini terdapat
60 buah kursi siswa (1 buah/siswa), 30 meja siswa (1meja/siswa), 2 kursi guru,
2 meja guru, dan 32 unit komputer (1 unit/2 siswa, dan 1 unit/guru).
Sebelumnya, laboratorium bahasa terletak
disebalah laboratorium biologi dan untuk rencana renovasinya belum ada
kepastian akan diletakkan disebelah mana. Data yang kami dapatkan adalah data
sarana prasarana sebelum ada proses renovasi. Laboratorium bahasa memiliki luas
125 m2 dengan rasio 4,31 m2/siswa.
Perpustakaan SMA Negeri 1
Pekalongan berdiri sejak tahun 1952 yang mempunyai tenaga kepustakawanan
sebanyak 20 karyawan. Gedung perpustakaan SMA Negeri 1 Pekalongan yang
mempunyai luas bangunan 126 m2 yang terletak di lantai dua sebelah ruangan BK
sehingga memungkinkan digunakan untuk konsentrasi dalam membaca ataupun
belajar. Gedung perpustakaan tersebut sudah sangat baik dari segi fisiknya dan
mencukupi kebutuhan siswa dalam kegiatan membaca dan mencari informasi serta
pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang menunjang seperti
tersedianya ruang baca yang luas, koleksi buku yang beragam dari fiksi maupun
non fiksi yaitu 23764 buku, dan rungan yang ber AC sehingga ketika siswa atau
guru dan staf lainnya membaca merasa nyaman.
D.
Penggunaan
Sekolah
Pada tahun ini sebanyak 21 mahasiswa unnes di terjunkan ke
SMA N 1 Pekalongan. Di SMA 1 pekalongan merupakan salah satu SMA yang dapat
dikatakan SMA terbaik di sekaresidenan Pekalongan. Oleh karena itu SMA ini baru
menerima mahasiswa PPL untuk praktek mengajar di SMA ini sebanyak tiga periode.
Sampai periode ketiga ini hanya Universitas
Negeri Semarang-lah yang telah di beri kesempatan untuk
paktek di SMA yang sering disebut sebagai SMA Kartini ini. Oleh karena itu pada
tanggal 5 Agustus hanya
mahasiswa universitas negeri semarang yang diterima untuk melakukan
melaksanakan praktek mengajar di SMA Kartini.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1
Pekalongan semua kegiatan terjadwal sedemikian rupa sehinnga semua telah
terjadwal dengan baik. Begitu pula kegiatan belajar mengajar semua dilakukan
sesuai dengan jadwal yang ada, dan jadwal tersebut telah dibuat oleh waka kurikulum
yang telah terjadwal rapi sehingga tidak terdapat shif pembelajaran pagi, siang
dan sore.
E.
Keadaan
Guru dan Siswa
Berdasarkan data yang kami peroleh, dapat kita
ketahui bahwa guru di SMA N 1 Pekalongan yang berstatus sebagai guru PNS adalah
sebanyak 49 orang. Sebagian besar guru PNS tersebut bergolongan Pembina IV/ Ruang a yaitu sebanyak 34 orang.
Sedangkan sisanya 15 orang bergolongan sebagai penata III, Tingkat I III,
Penata Muda Tingkat I III, dan Penata Muda Tingkat III dengan variasi golongan
a,b,c,d. Pendidikan sebagian besar guru
PNS di SMA N 1 Pekalongan merupakan lulusan S1, yaitu sebanyak 46
orang.Sedangkan sisanya sebanyak 2 orang merupakan lulusan S2.Dimana
keseluruhan guru PNS tersebut memiliki tugas-tugas untuk mengajar mata pelajaran
yang berbeda-beda.
Disisi lain, guru di SMA Negeri 1 Pekalongan yang
berstatus sebagai guru non PNS adalah sebanyak 11 orang terdiri dari 6 orang
laki-laki dan 5 orang perempuan. Dimana ke 11 guru non PNS tersebut yang sudah
memiliki NUPTK sebanyak 6 orang.Sedangkan yang belum memiliki NUPTK adalah
sebanyak 5 orang.Yang istimewa dari guru non PNS ini adalah kesemuanya berasal
dari Pekalongan asli. Dari ke 11 guru
non PNS ini, yang merupakan lulusan S1 sebanyak 8 orang, sedangkan sisanya
sebanyak 3 orang merupakan lulusan D3 dan SMA.
Berdasarkan data tata usaha yang kami dapatkan,
dapat kita ketahui bahwa jumlah pegawai tata usaha di SMA Negeri 1 Pekalongan
adalah sebanyak 19 orang.Yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 5 orang
perempiuan. Dimana dari 19 orang tersebut, Yang memiliki pangkat golongan
Penata Muda Tingkat I III/b sebanyak 3 orang, pangkat golongan Pengatur Tingkat
I II/d sebanyak dua orang, pangkat golongan Pengatur Muda II/a sebanyak satu
orang, dan sisanya sebanyak 13 orang berstatus sebagai tenaga tidak tetap. Pegawai
tata usaha di SMA Negeri 1 pekalongan ini yang merupakan lulusan S1 sebanyak 1
orang, D III sebanyak 3 orang, SLTA sebanyak 10 orang, SLTP sebanyak dua orang,
SD sebanyak dua orang, SR sebanyak 1 orang.
Berdasarkan data yang kami dapat, dapt diketahui
bahwa jumlah total siswa yang ada di SMA Negeri 1 Pekalongan adalah sebanyak
872 siswa. Dimana siswa tersebut terbagi menjadi, kelas X sebanyak 304 siswa,
kelas XI sebanyak 303 siswa, dan kelas XII sebanyak 265 siswa
F.
Interaksi
Sosial
Kondisi sosial ekonomi yang ada di luar lingkungan
sekolah SMA 1 Pekalongan cukup baik hal itu dapat terlihat dari bangunan yang
mengelilingi sekolah yang rata-rata merupakan bangunan yang permanen dan di
belakang sekolah terdapat sungai.
Masyarakat di sekitar lingkungan SMA 1 Pekalongan kebanyakan bekerja
sebagai pengusaha, PNS dan buruh.Komunikasi yang terjalin antara warga sekolah
dengan masyarakat yang ada di luar lingkungan sekolah cukup baik hal itu dapat
terlihat dengan banyak warga yang terlibat pada kegiatan sosial yang diadakan
oleh sekolah seperti pemilu, agustusan dan pembagian daging hewan qurban pada
saat hari raya idul adha.
Interaksi dan komunikasi yang
terjalin antara warga sekolah, kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa
terjalin dengan baik.Hubungan antara guru dan siswa tidak hanya terjalin dalam
pembelajaran dikelas, guru dan siswa juga bekerjasama dalam beberapa hal
seperti membina siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.Siswa SMA N 1 Pekalongan
memiliki kepribadian baik sehingga tidak terjadi permasalahan yang cukup
signifikan antar siswa. Guru dapat mengenal siswa dengan baik terutama bagi
guru yang mengajar siswanya pada kelas yang diampu.
Beberapa kegiatan dilakukan untuk
meningkatkan keakraban antara guru yang dilakukan tiga bulan sekali disekolah
dan olahraga tennis meja guru laki-laki.
G.
Pelaksanaan
Tata Tertib bagi Warga Sekolah
Di SMA Negeri 1 Pekalongan,
terdapat tata tertib yang berbeda-beda bagi kepala sekolah, guru, staf TU dan
tenaga kependidikan, serta bagi para siswa.
1.
Siswa
Tata tertib siswa disusun oleh guru BK yang kemudian
disahkan oleh kepala sekolah.(Daftar tata tertib dan nilai pelanggaran
terlampir).
2.
Guru
Selain siswa, guru juga harus bisa menjalankan tata
tertib yang ada di SMA N 1 Pekalongan.(Daftar tata tertib telampir).
H.
Bidang
Pengelolaan dan Administrasi
Struktur Organisasi Sekolah
Struktur organisasi SMA N 1 Pekalongan terlampir.
1.
Administrasi Sekolah, Administrasi
Kelas, dan Administrasi Guru
2.
Organisasi Kesiswaan, kegiatan
intrakulikuler dan ekstrakulikuler Struktur OSIS terlampir. Kegiatan
ekstrakurikuler yang ada di SMA N 1 Pekalongan meliputi pramuka, PMR,
Passusbra, KIR, Wanalana, Pencak silat, Seni teather, Radio SMANSA, Bola voli,
Bola basket, Bulutangkis, Renang, Citra Media majalah, English club, Komputer,
dan Rama.
3.
Kalender Akademik dan Jadwal Kegiatan
Pelajaran Kalender akademik dan jadwal kegiatan pelajaran serta jadwal jam
pelajaran di N 1 Pekalongan terlampir.
4.
Komite Sekolah dan Perannya Peran komite
sekolah. Secara umum komite sekolah memiliki peranan sebagai pemberi
pertimbangan, pemberi dukungan, pengontrol, dan mediator antara pemerintah
dengan masyarakat pada satuan pendidikan. Di SMA Negeri 1 Pekalongan,
kepengurusan komite sekolah terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara,
narasumber, dan anggota. Jumlah dari pengurus komite sekolah di SMA Negeri 1
Pekalongan adalah 15 orang yang terdiri atas unsur orang tua siswa, unsur tokoh
masyarakat, unsur tokoh pendidikan, unsur alumni, unsure organisasi profesi
tenaga pendidikan, unsur dunia usaha dan dunia industry, dan unsur birokrasi.
Masa jabatan pengurus komite sekolah seperti yang telah tertuang dalam
Peraturan Walikota Pekalongan nomor 24 tahun 2012 tentang pedoman pembentukan komite
sekolah adalah 3 tahun. Komite sekolah ini menjadi mitra kerja kepala SMA
Negeri 1 Pekalongan dalam memajukan pendidikan.
BAB III
PENUTUP
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 di SMA N 1 Pekalongan
telah berjalan dengan baik. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari
pelaksanaan PPL 1 yang dilaksanakan di SMA N 1 Pekalongan, antara lain:
1.
Mahasiswa
praktikan lebih mengerti tentang keadaan fisik sekolah, administrasi sekolah,
fasilitas atau sarana dan prasarana yang ada di sekolah, keadaan hubungan
kepala sekolah dengan guru, hubungan guru dengan murid, tata tertib guru dan
siswa, organisasi kesiswaan, kalender akademik sekolah, serta jenis-jenis
aktivitas yang ada di sekolah.
2.
Sebelum
melaksanakan pembelajaran, mahasiswa praktikan diminta membuat perangkat
pembelajaran terlebih dahulu, meliputi program tahunan, program semester,
silabus, RPP, dan penentuan KKM. Untuk prosedur pembuatannya, mahasiswa
praktikan menyesuaikan dengan instruksi dari guru pamong masing-masing.
Harapan
kami sebagai mahasiswa praktikan, dengan diadakannya PPL 1 ini semoga memberi
manfaat sehingga dapat dijadikan bekal dalam mengajar untuk menjadi guru yang
professional di masa yang akan datang.
B.
Saran
Dalam hasil
observasi dikegiatan PPL 1,
mahasiswa praktikan dapat
memberikan saran yang berguna untuk meningkatkan mutu
pendidikan di SMA Negeri 1 Pekalongan, yaitu sarana prasarana yang telah dimiliki lebih dimaksimalkan agar menunjang kegiatan
pembelajaran.
REFLEKSI
DIRI
MAHASISWA
FAKULTAS ILMU SOSIAL
REFLEKSI DIRI
Nama : Mochammad Najmul Afad
NIM : 3401411109
Prodi : Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
- Pendahuluan
PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)
adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Unnes program
studi pendidikan.Luaran PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang
professional.Tenanga didik yang professional yang melingkupi beberapa aspek
diantaranya pedagogik, sosial, kepribadian dan professional.
Tujuan dari PPL ini adalah mahasiswa mengaplikasikan
teori yang selama ini di dapat di bangku kuliah ke dalam sekolah.Artinya
mahasiswa turut aktif menjadi tenaga pendidik yang mengajar sekaligus mendidik
siswanya. PPL ini terbagi menjadi 2 yaitu PPL 1 yang dilaksanakan dari tanggal
5-16 Agustus 2014 dan PPL 2 yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus sampai 31
Oktober 2014. mahasiswa praktikan melakukan observasi lingkungan pada PPL 1 dan
mahasiswa praktikan melakukan praktik mengajar pada PPL 2. PPL tersebut
dilaksanakan di sekolah-sekolah yang menjadi mitra dari Unnes salah satunya SMA
Negeri 1 Pekalongan.
- Kekuatan dan Kelemahan Pembelajaran
Sosiologi
Pembelajaran Sosilogi di SMA khususnya
sebenarnya mempunyai pern yang cukup signifikan.Contohnya peran sosiologi dalam
hal membina kerukunan diantara perbedaan dalam struktur masyarakat.Sosiologi
mempelajari perbedaan yang menjadi sebuah kekuatan bersatunya masyarakat, dan
juga dipelajari pula perbedaan juga menjadi kerawanan social atau konflik
sosial terjadi di masyarakat.Artinya sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
yang bebas nilai mengambil peran mendewasakan siswa yang merupakan bagian dari
masyarakat untuk bisa mengambil peran diantara keduanya.Kelemahan pemebelajaran
sosiologi adalah masyarakat menganggap sosiologi penuh dengan hafalan, ceramah
dan metode-metode yang sifatnya klasik seperti meresum.Peran besar sosiologi
dalam lapangan belum dirasakan oleh masyarakat. Ibarat gula yang dimasukkan
dalam teh akan lebur menjadi teh manis dan gula dalam kopi menjadi kopi manis
sehingga “kegulaan” atau ke-sosiologi-an dalam teh dan kopi yang merupakan
ibarat dari sebuah masyarakat menjadi tidak terasa.
- Ketersediaan Sarana dan Prasarana KBM di
Sekolah Praktikan
Sarana dan prasana Kegiatan Belajar Mengajar di
SMA Negeri 1 Pekalongan memadai diantaranya tersedianya papan tulis yang baik,
tersedianya proyektor yang baik, buku-buku juga mudah diakses di perpustakaan,
serta sekolah menyediakan hospot area. Sarana dan prasarana pemebelajaran sosiologi
sebenarnya bisa dimana saja dan kapan saja.Sosiologi adalah ilmu yang
mempelajai tentang masyarakat dengan fokus kajiannya ialah interaksi sosial.
Sosiologi dipersilahkan belajar di lapangan, mengamati apa yang ada di
masyarakat, bukan hanya teks book
saja tetapi memang harus dan wajib terjin langsung di masyarakat. Sosiologi
adalah ilmu yang kontekstual bukan tekstual yang terus berkembang seiring
dengan perkembngan masyarakat. Sehingga kajiannya juga akan terus berkembang.
Tinggal bagaimana gurunya saja yang kreatif atau tidak.
- Kualitas Guru Pamong dan Kualitas Dosen
Pembimbing
Guru pamong praktikan
dalam PPL di SMA N 1 Pekalongan yaitu Bapak Drs. M. Mudho’af, S.H. Beliau
termasuk guru yang profeiona. Semenjak pertama kali bertemu kami tim PPL
jurusan sosiologi dan antropologi Unnes disambut baik dengan senyum hangat.
Kemudian ketika kami bimbingan dengan Beliau, Beliau membimbing kami dengan
canda dan tawa.Selain itu Beiau juga mendewasakan kami.Artinya menyerahkan
sepenuhnya kelas dan siswa kepada kami, mau dibuat apapun yang penting
koordinasi dahulu.
Dosen pembimbing
mahasiswa praktikan PPL dari jurusan sosiologi dan antropologi di SMA N 1
Pekalongan yaitu Dra.Elly Kismini, M.Si Beliau mempunyai jiwa keibuan.Setiap
saya masuk ruang jurursan Beliau selalu menanyakan kabar persiapan PPL.Selain
itu, Beliau juga memberikan baju hem putih untuk PPL kepada saya.Beliau juga
membuka layanan bimbingan akademik dan non akademik sehingga menjadikan
keakraban kami dengan Beliau sangat hangat.
- Kualitas Pembelajaran di Sekolah Latihan
Kualitas
pembelajaran yang ada di SMA N 1 Pekalongan sudah baik.Tenaga pendidikan yang
professional, siswa yang ramah serta guru-guru yang cerdas. Senyum, sapa dan
salam menjadi jargon utama dalam setiap hari ketika mereka bertemu. Selain itu,
kebiasaan salim atau cium tangan
siswa kepada guru atau karyawan membentuk karakter siswa yang santun di setiap
harinya.
- Kemampuan Diri Praktikan
Mahasiswa jurusan sosiologi dan antropologi
ejak semester satu hingga semester 6 diajarkan beberapa materi tentang
pendidikan diantaranya, perencanaan pembelajaran, pembelajaran inovasi
sosiologi, pendidikan ilmu pengetahuan sosial, strategi pembelajaran, sosilogi
pendidikan, antroplogi pendidikan, microteaching dan peer teaching sehingga
bisa memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengajar. SMA N 1 Pekalongan
yang merupakan sekolah favorit serta terkenal dengan siswanya yang cerdas
sehingga memudahkan mahasiswa praktikan dalam mengajar.
- Nilai Tambah Setelah Mengikuti PPL 1
Mahasiswa praktikan banyak menerima menerima
inspirasi dan nilai positif setelah PPL 1. Siswa yang cerdas memberikan
inspirasi kepada mahasiswa praktikan mengenai cara belajar yang efekif.
Guru-guru yang professional memberikan arahan mengenai guru yang
sebenar-benarnya profesional. Kepala sekolah yang inspiratif emberikan teladan
dan cara memenejemen sekolah yang ideal sehingga tercipta sekolah yang sesuai
dengan visi dan misi yang tercita-citakan.
- Saran Pengembangan agi Sekolah dan Unnes
Saran
yang diberikan mahasiswa praktikan kepada mahasiswa kepada sekolah
1.
Lebih
bisa memetakkan bakat dan minat siswa dan sekolah diharapkan memberikan wadah
untuk menampung bakat dan minat peserta didik.
2.
Lebih
mengaktifkan kembali dan memberikan target setiap tahunnya serta kerja nyata
untuk mencapai target itu.
Saran
yang diberikan mahasiswa praktikan kepada mahasiswa kepada Unnes
1.
Unnes
menerjunkan guru praktikan yang sesuai dengan porsi jumlah siswa yang ada di
sekolah.
2.
Guru
praktikan dibekali sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga ketika terjun di
sekolah bisa menularkan dan mengembankan bakat yang dimilikinya.
Demikian refleksi diri ini
saya buat dengan sebenar-benarnya.Semoga bermanfaat dan menjadi masukan oleh
pihak terkait.
Judul: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
Post a Comment