LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN


LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1
DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN









Disusun oleh :
Nama : Yusuf Imam Maulana, dkk.




UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2014
PENGESAHAN

Laporan PPL 1 ini telah disusun sesuai dengan pedoman PPL Unnes.
Hari                  :
Tanggal            :


Disahkan oleh :

Koordinator Dosen Pembimbing                                   Kepala SMA N 1 Pekalongan


Dr. Lisdiana, M.Si.                                                       Sulikin, S.Pd.
NIP 19591119 198603 2 001                                      NIP 19690102 199403 1 005



Kepala Pusat Pengembangan PPL Unnes


Drs. Masugino, M.Pd.
NIP 19520721 198012 1 001
KATA PENGANTAR

Puji syukur bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL 1) di SMA Negeri 1 Pekalongan pada tanggal 5 Agustus s. d. 14 Agustus 2014 dapat terselesaikan. Laporan PPL 1 ini sebagai salah satu bukti fisik adanya kegiatan observasi dan orientasi yang telah kita lakukan di SMA Negeri 1 Pekalongan.
Penyusunan laporan ini tidak lepas dari bimbingan dan bantuan dari pihak terkait. Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.       Prof. Dr. H. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si., selaku Rektor Universitas Negeri Semarang dan sebagai pelindung pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.
2.       Drs. Masugino, M.Pd selaku kepala UPT PPL Universitas Negeri Semarang dan penanggung jawab pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.
3.       Dr. Lisdiana, M.Si. , selaku dosen koordinator PPL SMA 1 PEKALONGAN.
4.       Sulikin, S.Pd, selaku kepala SMA Negeri 1 Pekalongan.
5.       Sulaiman, S.Pd, selaku koordinator guru pamong.
6.       Bapak dan Ibu guru pamong kegiatan PPL.
7.       Bapak dan Ibu guru Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, sarana dan prasarana, kesiswaan, dan hubungan masyarakat.
8.       Segenap guru, staf, karyawan PPL SMA 1 Pekalongan yang telah memberikan dukungan selama PPL.
9.       Teman-teman PPL dan siswa di SMA 1 Pekalongan.
10.   Semua pihak yang telah membantu terlaksananya PPL di SMA 1 Pekalongan
             Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran guna penyempurnaan di masa mendatang.
             Demikian laporan PPL 1 yang dapat penulis buat, semoga berguna bagi mahasiswa PPL pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

                                                                                    Pekalongan,     Agustus 2014
                                                                                    Penulis
















DAFTAR ISI

Halaman Judul.......................................................................................... i
Halaman Pengesahan............................................................................... ii
Kata Pengantar....................................................................................... iii
Daftar Isi................................................................................................. v
Daftar Lampiran..................................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................... 1
A.       Latar Belakang................................................................................. 1
B.       Tujuan............................................................................................. 1
C.       Manfaat........................................................................................... 2
BAB II HASIL PENGAMATAN........................................................... 3
A.       Keadaan Fisik Sekolah.................................................................... 3
B.       Keadaan Lingkungan Sekolah.......................................................... 3
C.       Fasilitas Sekolah.............................................................................. 4
D.       Penggunaan Sekolah........................................................................ 5
E.        Keadaan Guru dan Siswa................................................................. 6
F.        Interaksi Sosial................................................................................. 7
G.       Pelaksanaan Tata Tertib bagi Warga Sekolah................................... 7
H.       Bidang Pengelolaan dan Administrasi................................................ 8
BAB III PENUTUP................................................................................ 9
A.       Simpulah.......................................................................................... 9
B.       Saran............................................................................................... 9
REFLEKSI DIRI.................................................................................. 10
A.       Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial..................................................... 10
B.       Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu PEngetahuan Alam........ 35
C.       Mahasiswa Fakultas Ekonomi........................................................ 60
LAMPIRAN........................................................................................ 75


















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Sejarah Sekolah.................................................................. 75
Lampiran 2 Visi Misi Sekolah dan Tantangan......................................... 77
Lampiran 3 Pengelolaan Sekolah........................................................... 80
Lampiran 4 Bimbingan dan Konseling.................................................. 103
Lampiran 5 Data Guru Non PNS........................................................ 109
Lampiran 6 Data Guru PNS................................................................ 112
Lampiran 7 Ekstrakurikuler................................................................. 120
Lampiran 8 Laboratorium.................................................................... 153
Lampiran 9 Perpustakaan.................................................................... 161
Lampiran 10 Program Kerja Kepala Sekolah Tahun 2014-2015.......... 174
Lampiran 11 Data Tata Usaha............................................................. 178
Lampiran 12 Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah................................... 181
Lampiran 13 Tata Tertib Siswa............................................................ 184
Lampiran 14 Sarana dan Prasana........................................................ 192
Lampiran 15 STO Komite Sekolah..................................................... 195




BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menunjang kualitas sumber daya manusia yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat, bangsa dan Negara.Salah satu proses yang ada dalam sekolah adalah proses pendidikan. Pendidikan dari waktu mengalami peningkatan, masyarakat semakin menyadari pentingnya pendidikan yang ada.Perubahan dan peningkatan pola pikir masyarakat berdampak secara langsung terhadap perubahan yang berhubungan dengan pendidikan. Perubahan-perubahan yang dimaksud adalah mengenai sistem pendidikan, kurikulum, strtegi dan metode pembelajaran serta  sarana dan prasarana penunjang pendidikan.
Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu lembaga pendidikan negeri di Semarang bertujuan menyiapkan tenaga kependidikan yang professional dengan memperhatikan jumlah, kualitas, relevansi dan efektivitas berusaha meningkatkan kualitas lulusan.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara yang dilakukan oleh suatu perguruan tinggi yang mempunyai calon lulusan tenaga kependidikan untuk dipersiapkan dalam menghadapi dunia kependidikan secara nyata. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan yaitu terdiri dari tenaga pembimbing, tenaga pengajar, tenaga terlatih, maka diperlukan suatu kompetensi melalui kegiatan PPL.
Sebelum mahasiswa praktikan melakukan kegiatan pendidikan dan pembelajaran kepada peserta didik, alangkah baiknya jika mengenali lingkungan tempat latihan. Oleh karena itu, mahasiswa praktikan melakukan kegiatan PPL 1 yakni observasi dan orientasi lingkungan sekolah latihan yakni SMA Negeri 1 Pekalongan agar mahasiswa memiliki bekal awal untuk memahami karate peserta didik dan lingkungan SMA Negeri 1 Pekalongan.


B.       Tujuan
Kegiatan PPL 1 bertujuan untuk :
1.      Membantu mahasiswa praktikan dalam mengenal kehidupan di sekolah latihan.
2.      Mendekatkan mahasiswa praktikan dengan seluruh warga sekolah di sekolah latihan.
3.      Mempersiapkan mahasiswa praktikan menghadapi Program Pengalaman Lapangan II.

C.       Manfaat
Manfaat yang diperoleh melalui kegiatan PPL 1 adalah :
1.    Mahasiswa praktikan mampu mengenal keadaan fisik sekolah latihan.
2.    Mahasiswa praktikan mampu mengenal lingkungan sekolah latihan.
3.    Mahasiswa praktikan mengetahui fasilitas yang dimiliki sekolah latihan.
4.    Mahasiswa praktikan mengetahui keadaan guru dan siswa di sekolah latihan serta interaksi sosial seluruh warga sekolah.
5.    Mahasiswa praktikan mengetahui mengenai tata tertib warga di sekolah latihan serta pengelolaan administrasi di sekolah latihan.
6.    Mahasiswa praktikan akan mengenal metode mengajar dan pengelolaan kelas sesuai dengan jurusan masing-masing.
7.    Membantu mahasiswa praktikan untuk lebih siap dalam menghadapi PPL 2.


BAB II
HASIL PENGAMATAN

A.       Keadaan Fisik Sekolah
Keadaan fisik sekolah SMA N 1 Pekalongan sudah memadai dan mendukung kegiatan belajar mengajar.SMA N 1 Pekalongan memiiki sarana dan prasarana yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang yaitu dalam setiap ruangan sudah diengkapi LCD, papan tulis, dan AC sehingga nyaman digunakan. Rincian mengenai keadaan fisik seolah SMA N 1 Pekalongan dijelaskan dalam denah sekolah yang terlampir.

B.       Keadaan Lingkungan Sekolah
Keadaan lingkungan sekolah secara tidak langsung berpengaruh terhadap proses belajar mengajar.
1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
SMA Negeri 1 Pekalongan terletak di Jalan R.A. Kartini 39, Pekalongan Timur, cukup strategis dengan berada di pusat perkotaan yang terletak kurang lebih 500 meter dari pusat perkotaan, 650 meter dari pusat perbelanjaan seperti hypermart dan alun-alun kota pekalongan dan dari pusat pertokoan alat tulis dan foto copy yang menunjang siswa hanya berjarak 3-5 meter dari sekolah. Bagian timur sekolah berbatasan dengan Jalan RA Kartini dan SDN Keputran 6.Bagian selatan sekolah berbatasan dengan pemukiman warga Kelurahan Keputran.Bagian barat sekolah berpatasan dengan pemukiman warga.Bagian utara sekolah berbatasan dengan rumah warga.
2.      Kondisi lingkungan sekolah
Kondisi kebersihan lingkungan yang ada di luar dan halaman sekolah sudah cukup bersih dan rapi hanya saja kebersihan di ruang kelas masih kurang bersih. Kondisi sanitasi yang ada di SMA Negeri 1 Pekalongan cukup baik hal itu didukung dengan adanya sumur resapan dan biopori yang ada di taman sekolah. Kondisi lingkungan yang berada di luar lingkungan sekolah terlihat cukup bersih meskipun terletak di pusat kota pekalongan namun tingkat kebisingan yang ada di depan sekolah tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar yang ada dalam sekolah.
C.       Fasilitas Sekolah
SMA N 1 Pekalongan yang memiliki Luas lahan 7810 m² dan Luas lantai 1944 m². Sekolah ini memiliki berbagai fasilitas yang diantaranya adalah 1 Ruang OSIS, 1 Ruang UKS, 1 Ruang Konseling, 1 Tempat Ibadah, 2  Ruang Tata Usaha, 1 Perpustakaan, 1 Ruang Kepala Sekolah, 2  Ruang Guru, 1 Laboratorium Biologi (sedang dalam proses renovasi), 1 Laboratorium Bahasa (sedang dalam proses renovasi), 2 Laboratorium Komputer, 1 Laboratorium Kimia,1  Laboratorium Fisika,  27 Ruang Kelas, 1 Ruang Seni Tari, 2 Ruang Multimedia,  1 Ruang TRRC, 1 Ruang Tamu, 1 Ruang Pramuka, 1 Ruang Ganti, 2 Tempat Parkir, 1 Rumah Penjaga, 1 Gudang, 27 Toilet, dan 1 Ruang Serbaguna. Seluruh  ruangan fasilitas tersebut dalam kondisi baik.
Laboratorium fisika berada di bagian belakang area SMA Negeri 1 Pekalongan. Laboratorium yang memiliki luas bangunan 110 m2 dengan rasio 110/29 = 3,79 m2/siswa ini bersebelahan dengan laboratorium kimia dan berhadapan dengan kantin sekolah. SMAN 1 Pekalongan memiliki 2 ruang laboratorium komputer yang letaknya berdampingan yaitu berada di lantai dua bangunan yang berada disebelah barat lapangan basket. Ruang laboratorium komputer ini memiliki luas 144 m dengan rasio 4,97 m/siswa. Laboratorium komputer ini aktif digunakan dalam proses pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran TIK dan dalam laboratorium komputer ini terdapat 60 buah kursi siswa (1 buah/siswa), 30 meja siswa (1meja/siswa), 2 kursi guru, 2 meja guru, dan 32 unit komputer (1 unit/2 siswa, dan 1 unit/guru).
 Sebelumnya, laboratorium bahasa terletak disebalah laboratorium biologi dan untuk rencana renovasinya belum ada kepastian akan diletakkan disebelah mana. Data yang kami dapatkan adalah data sarana prasarana sebelum ada proses renovasi. Laboratorium bahasa memiliki luas 125 m2 dengan rasio 4,31 m2/siswa.
Perpustakaan SMA Negeri 1 Pekalongan berdiri sejak tahun 1952 yang mempunyai tenaga kepustakawanan sebanyak 20 karyawan. Gedung perpustakaan SMA Negeri 1 Pekalongan yang mempunyai luas bangunan 126 m2  yang terletak di lantai dua sebelah ruangan BK sehingga memungkinkan digunakan untuk konsentrasi dalam membaca ataupun belajar. Gedung perpustakaan tersebut sudah sangat baik dari segi fisiknya dan mencukupi kebutuhan siswa dalam kegiatan membaca dan mencari informasi serta pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang menunjang seperti tersedianya ruang baca yang luas, koleksi buku yang beragam dari fiksi maupun non fiksi yaitu 23764 buku, dan rungan yang ber AC sehingga ketika siswa atau guru dan staf lainnya membaca merasa nyaman.

D.      Penggunaan Sekolah
Pada tahun ini sebanyak 21 mahasiswa unnes di terjunkan ke SMA N 1 Pekalongan. Di SMA 1 pekalongan merupakan salah satu SMA yang dapat dikatakan SMA terbaik di sekaresidenan Pekalongan. Oleh karena itu SMA ini baru menerima mahasiswa PPL untuk praktek mengajar di SMA ini sebanyak tiga periode. Sampai periode ketiga ini hanya Universitas Negeri Semarang-lah yang telah di beri kesempatan untuk paktek di SMA yang sering disebut sebagai SMA Kartini ini. Oleh karena itu pada tanggal 5 Agustus hanya mahasiswa universitas negeri semarang yang diterima untuk melakukan melaksanakan praktek mengajar di SMA Kartini.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Pekalongan semua kegiatan terjadwal sedemikian rupa sehinnga semua telah terjadwal dengan baik. Begitu pula kegiatan belajar mengajar semua dilakukan sesuai dengan jadwal yang ada, dan jadwal tersebut telah dibuat oleh waka kurikulum yang telah terjadwal rapi sehingga tidak terdapat shif pembelajaran pagi, siang dan sore.


E.       Keadaan Guru dan Siswa
Berdasarkan data yang kami peroleh, dapat kita ketahui bahwa guru di SMA N 1 Pekalongan yang berstatus sebagai guru PNS adalah sebanyak 49 orang. Sebagian besar guru PNS tersebut bergolongan  Pembina IV/ Ruang a yaitu sebanyak 34 orang. Sedangkan sisanya 15 orang bergolongan sebagai penata III, Tingkat I III, Penata Muda Tingkat I III, dan Penata Muda Tingkat III dengan variasi golongan a,b,c,d.  Pendidikan sebagian besar guru PNS di SMA N 1 Pekalongan merupakan lulusan S1, yaitu sebanyak 46 orang.Sedangkan sisanya sebanyak 2 orang merupakan lulusan S2.Dimana keseluruhan guru PNS tersebut memiliki tugas-tugas untuk mengajar mata pelajaran yang berbeda-beda.
Disisi lain, guru di SMA Negeri 1 Pekalongan yang berstatus sebagai guru non PNS adalah sebanyak 11 orang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Dimana ke 11 guru non PNS tersebut yang sudah memiliki NUPTK sebanyak 6 orang.Sedangkan yang belum memiliki NUPTK adalah sebanyak 5 orang.Yang istimewa dari guru non PNS ini adalah kesemuanya berasal dari Pekalongan asli.  Dari ke 11 guru non PNS ini, yang merupakan lulusan S1 sebanyak 8 orang, sedangkan sisanya sebanyak 3 orang merupakan lulusan D3 dan SMA.
Berdasarkan data tata usaha yang kami dapatkan, dapat kita ketahui bahwa jumlah pegawai tata usaha di SMA Negeri 1 Pekalongan adalah sebanyak 19 orang.Yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 5 orang perempiuan. Dimana dari 19 orang tersebut, Yang memiliki pangkat golongan Penata Muda Tingkat I III/b sebanyak 3 orang, pangkat golongan Pengatur Tingkat I II/d sebanyak dua orang, pangkat golongan Pengatur Muda II/a sebanyak satu orang, dan sisanya sebanyak 13 orang berstatus sebagai tenaga tidak tetap. Pegawai tata usaha di SMA Negeri 1 pekalongan ini yang merupakan lulusan S1 sebanyak 1 orang, D III sebanyak 3 orang, SLTA sebanyak 10 orang, SLTP sebanyak dua orang, SD sebanyak dua orang, SR sebanyak 1 orang.
Berdasarkan data yang kami dapat, dapt diketahui bahwa jumlah total siswa yang ada di SMA Negeri 1 Pekalongan adalah sebanyak 872 siswa. Dimana siswa tersebut terbagi menjadi, kelas X sebanyak 304 siswa, kelas XI sebanyak 303 siswa, dan kelas XII sebanyak 265 siswa

F.        Interaksi Sosial
Kondisi  sosial ekonomi yang ada di luar lingkungan sekolah SMA 1 Pekalongan cukup baik hal itu dapat terlihat dari bangunan yang mengelilingi sekolah yang rata-rata merupakan bangunan yang permanen dan di belakang sekolah terdapat sungai.  Masyarakat di sekitar lingkungan SMA 1 Pekalongan kebanyakan bekerja sebagai pengusaha, PNS dan buruh.Komunikasi yang terjalin antara warga sekolah dengan masyarakat yang ada di luar lingkungan sekolah cukup baik hal itu dapat terlihat dengan banyak warga yang terlibat pada kegiatan sosial yang diadakan oleh sekolah seperti pemilu, agustusan dan pembagian daging hewan qurban pada saat hari raya idul adha.
Interaksi dan komunikasi yang terjalin antara warga sekolah, kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa terjalin dengan baik.Hubungan antara guru dan siswa tidak hanya terjalin dalam pembelajaran dikelas, guru dan siswa juga bekerjasama dalam beberapa hal seperti membina siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.Siswa SMA N 1 Pekalongan memiliki kepribadian baik sehingga tidak terjadi permasalahan yang cukup signifikan antar siswa. Guru dapat mengenal siswa dengan baik terutama bagi guru yang mengajar siswanya pada kelas yang diampu.
Beberapa kegiatan dilakukan untuk meningkatkan keakraban antara guru yang dilakukan tiga bulan sekali disekolah dan olahraga tennis meja guru laki-laki.
G.      Pelaksanaan Tata Tertib bagi Warga Sekolah
Di SMA Negeri 1 Pekalongan, terdapat tata tertib yang berbeda-beda bagi kepala sekolah, guru, staf TU dan tenaga kependidikan, serta bagi para siswa. 

1.         Siswa

Tata tertib siswa disusun oleh guru BK yang kemudian disahkan oleh kepala sekolah.(Daftar tata tertib dan nilai pelanggaran terlampir).

2.         Guru

Selain siswa, guru juga harus bisa menjalankan tata tertib yang ada di SMA N 1 Pekalongan.(Daftar tata tertib telampir).

H.      Bidang Pengelolaan dan Administrasi
Struktur Organisasi Sekolah Struktur organisasi SMA N 1 Pekalongan terlampir.
1.         Administrasi Sekolah, Administrasi Kelas, dan Administrasi Guru
2.         Organisasi Kesiswaan, kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler Struktur OSIS terlampir. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA N 1 Pekalongan meliputi pramuka, PMR, Passusbra, KIR, Wanalana, Pencak silat, Seni teather, Radio SMANSA, Bola voli, Bola basket, Bulutangkis, Renang, Citra Media majalah, English club, Komputer, dan Rama.
3.         Kalender Akademik dan Jadwal Kegiatan Pelajaran Kalender akademik dan jadwal kegiatan pelajaran serta jadwal jam pelajaran di N 1 Pekalongan terlampir.
4.         Komite Sekolah dan Perannya Peran komite sekolah. Secara umum komite sekolah memiliki peranan sebagai pemberi pertimbangan, pemberi dukungan, pengontrol, dan mediator antara pemerintah dengan masyarakat pada satuan pendidikan. Di SMA Negeri 1 Pekalongan, kepengurusan komite sekolah terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara, narasumber, dan anggota. Jumlah dari pengurus komite sekolah di SMA Negeri 1 Pekalongan adalah 15 orang yang terdiri atas unsur orang tua siswa, unsur tokoh masyarakat, unsur tokoh pendidikan, unsur alumni, unsure organisasi profesi tenaga pendidikan, unsur dunia usaha dan dunia industry, dan unsur birokrasi. Masa jabatan pengurus komite sekolah seperti yang telah tertuang dalam Peraturan Walikota Pekalongan nomor 24 tahun 2012 tentang pedoman pembentukan komite sekolah adalah 3 tahun. Komite sekolah ini menjadi mitra kerja kepala SMA Negeri 1 Pekalongan dalam memajukan pendidikan.
BAB III
PENUTUP

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 di SMA N 1 Pekalongan telah berjalan dengan baik. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari pelaksanaan PPL 1 yang dilaksanakan di SMA N 1 Pekalongan, antara lain:

1.        Mahasiswa praktikan lebih mengerti tentang keadaan fisik sekolah, administrasi sekolah, fasilitas atau sarana dan prasarana yang ada di sekolah, keadaan hubungan kepala sekolah dengan guru, hubungan guru dengan murid, tata tertib guru dan siswa, organisasi kesiswaan, kalender akademik sekolah, serta jenis-jenis aktivitas yang ada di sekolah.

2.        Sebelum melaksanakan pembelajaran, mahasiswa praktikan diminta membuat perangkat pembelajaran terlebih dahulu, meliputi program tahunan, program semester, silabus, RPP, dan penentuan KKM. Untuk prosedur pembuatannya, mahasiswa praktikan menyesuaikan dengan instruksi dari guru pamong masing-masing.
Harapan kami sebagai mahasiswa praktikan, dengan diadakannya PPL 1 ini semoga memberi manfaat sehingga dapat dijadikan bekal dalam mengajar untuk menjadi guru yang professional di masa yang akan datang.

B.       Saran

Dalam hasil observasi dikegiatan  PPL  1,  mahasiswa  praktikan  dapat  memberikan  saran yang berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Pekalongan, yaitu sarana prasarana yang telah dimiliki lebih dimaksimalkan agar menunjang kegiatan pembelajaran.



REFLEKSI DIRI
MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL




REFLEKSI DIRI

Nama         : Mochammad Najmul Afad
NIM          : 3401411109
Prodi          : Pendidikan Sosiologi dan Antropologi

  1. Pendahuluan
PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Unnes program studi pendidikan.Luaran PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional.Tenanga didik yang professional yang melingkupi beberapa aspek diantaranya pedagogik, sosial, kepribadian dan professional.
Tujuan dari PPL ini adalah mahasiswa mengaplikasikan teori yang selama ini di dapat di bangku kuliah ke dalam sekolah.Artinya mahasiswa turut aktif menjadi tenaga pendidik yang mengajar sekaligus mendidik siswanya. PPL ini terbagi menjadi 2 yaitu PPL 1 yang dilaksanakan dari tanggal 5-16 Agustus 2014 dan PPL 2 yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus sampai 31 Oktober 2014. mahasiswa praktikan melakukan observasi lingkungan pada PPL 1 dan mahasiswa praktikan melakukan praktik mengajar pada PPL 2. PPL tersebut dilaksanakan di sekolah-sekolah yang menjadi mitra dari Unnes salah satunya SMA Negeri 1 Pekalongan.

  1. Kekuatan dan Kelemahan Pembelajaran Sosiologi
Pembelajaran Sosilogi di SMA khususnya sebenarnya mempunyai pern yang cukup signifikan.Contohnya peran sosiologi dalam hal membina kerukunan diantara perbedaan dalam struktur masyarakat.Sosiologi mempelajari perbedaan yang menjadi sebuah kekuatan bersatunya masyarakat, dan juga dipelajari pula perbedaan juga menjadi kerawanan social atau konflik sosial terjadi di masyarakat.Artinya sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang bebas nilai mengambil peran mendewasakan siswa yang merupakan bagian dari masyarakat untuk bisa mengambil peran diantara keduanya.Kelemahan pemebelajaran sosiologi adalah masyarakat menganggap sosiologi penuh dengan hafalan, ceramah dan metode-metode yang sifatnya klasik seperti meresum.Peran besar sosiologi dalam lapangan belum dirasakan oleh masyarakat. Ibarat gula yang dimasukkan dalam teh akan lebur menjadi teh manis dan gula dalam kopi menjadi kopi manis sehingga “kegulaan” atau ke-sosiologi-an dalam teh dan kopi yang merupakan ibarat dari sebuah masyarakat menjadi tidak terasa.

  1. Ketersediaan Sarana dan Prasarana KBM di Sekolah Praktikan
Sarana dan prasana Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Pekalongan memadai diantaranya tersedianya papan tulis yang baik, tersedianya proyektor yang baik, buku-buku juga mudah diakses di perpustakaan, serta sekolah menyediakan hospot area.  Sarana dan prasarana pemebelajaran sosiologi sebenarnya bisa dimana saja dan kapan saja.Sosiologi adalah ilmu yang mempelajai tentang masyarakat dengan fokus kajiannya ialah interaksi sosial. Sosiologi dipersilahkan belajar di lapangan, mengamati apa yang ada di masyarakat, bukan hanya teks book saja tetapi memang harus dan wajib terjin langsung di masyarakat. Sosiologi adalah ilmu yang kontekstual bukan tekstual yang terus berkembang seiring dengan perkembngan masyarakat. Sehingga kajiannya juga akan terus berkembang. Tinggal bagaimana gurunya saja yang kreatif atau tidak.

  1. Kualitas Guru Pamong dan Kualitas Dosen Pembimbing
Guru pamong praktikan dalam PPL di SMA N 1 Pekalongan yaitu Bapak Drs. M. Mudho’af, S.H. Beliau termasuk guru yang profeiona. Semenjak pertama kali bertemu kami tim PPL jurusan sosiologi dan antropologi Unnes disambut baik dengan senyum hangat. Kemudian ketika kami bimbingan dengan Beliau, Beliau membimbing kami dengan canda dan tawa.Selain itu Beiau juga mendewasakan kami.Artinya menyerahkan sepenuhnya kelas dan siswa kepada kami, mau dibuat apapun yang penting koordinasi dahulu.
Dosen pembimbing mahasiswa praktikan PPL dari jurusan sosiologi dan antropologi di SMA N 1 Pekalongan yaitu Dra.Elly Kismini, M.Si Beliau mempunyai jiwa keibuan.Setiap saya masuk ruang jurursan Beliau selalu menanyakan kabar persiapan PPL.Selain itu, Beliau juga memberikan baju hem putih untuk PPL kepada saya.Beliau juga membuka layanan bimbingan akademik dan non akademik sehingga menjadikan keakraban kami dengan Beliau sangat hangat.

  1. Kualitas Pembelajaran di Sekolah Latihan
Kualitas pembelajaran yang ada di SMA N 1 Pekalongan sudah baik.Tenaga pendidikan yang professional, siswa yang ramah serta guru-guru yang cerdas. Senyum, sapa dan salam menjadi jargon utama dalam setiap hari ketika mereka bertemu. Selain itu, kebiasaan salim atau cium tangan siswa kepada guru atau karyawan membentuk karakter siswa yang santun di setiap harinya.

  1. Kemampuan Diri Praktikan
Mahasiswa jurusan sosiologi dan antropologi ejak semester satu hingga semester 6 diajarkan beberapa materi tentang pendidikan diantaranya, perencanaan pembelajaran, pembelajaran inovasi sosiologi, pendidikan ilmu pengetahuan sosial, strategi pembelajaran, sosilogi pendidikan, antroplogi pendidikan, microteaching dan peer teaching sehingga bisa memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengajar. SMA N 1 Pekalongan yang merupakan sekolah favorit serta terkenal dengan siswanya yang cerdas sehingga memudahkan mahasiswa praktikan dalam mengajar.

  1. Nilai Tambah Setelah Mengikuti PPL 1
Mahasiswa praktikan banyak menerima menerima inspirasi dan nilai positif setelah PPL 1. Siswa yang cerdas memberikan inspirasi kepada mahasiswa praktikan mengenai cara belajar yang efekif. Guru-guru yang professional memberikan arahan mengenai guru yang sebenar-benarnya profesional. Kepala sekolah yang inspiratif emberikan teladan dan cara memenejemen sekolah yang ideal sehingga tercipta sekolah yang sesuai dengan visi dan misi yang tercita-citakan.

  1. Saran Pengembangan agi Sekolah dan Unnes
Saran yang diberikan mahasiswa praktikan kepada mahasiswa kepada sekolah
1.      Lebih bisa memetakkan bakat dan minat siswa dan sekolah diharapkan memberikan wadah untuk menampung bakat dan minat peserta didik.
2.      Lebih mengaktifkan kembali dan memberikan target setiap tahunnya serta kerja nyata untuk mencapai target itu.
Saran yang diberikan mahasiswa praktikan kepada mahasiswa kepada Unnes
1.      Unnes menerjunkan guru praktikan yang sesuai dengan porsi jumlah siswa yang ada di sekolah.
2.      Guru praktikan dibekali sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga ketika terjun di sekolah bisa menularkan dan mengembankan bakat yang dimilikinya.
Demikian refleksi diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya.Semoga bermanfaat dan menjadi masukan oleh pihak terkait.

                                                                       
 Lampiran 1. 

 1. 



Download File ini Selengkapnya DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment