TROUBLESHOOTING SISTEM AC





TROUBLESHOOTING SISTEM AC

makalah
untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem AC





PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014

KATA PENGANTAR

Kami memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga saya berhasil menyelesaikan  makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “TROUBLESHOOTING SISTEM AC.
Kami menyadari bahwa, makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Dalam kesempatan ini penulis juga ingin mengucapakan banyak terima kasih kepada pihak kampus yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyusun makalah ini, juga kepada Bapak/Ibu Dosen yang sudah banyak membantu dan menuntun penulis selama pembuatan makalah ini. Tidak lupa juga kepada teman-teman yang selalu menemani, membantu dan mensuport selama pembuatan makalah ini. Maka, makalah ini dapat terselesaikan tidak lepas dari kerjasama dari semuanya.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah Swt senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.


Semarang, 24 Maret 2014



Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................................................       ii
DAFTAR ISI......................................................................................................      iii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................      1
A.      Latar Belakang..............................................................................................      1
B.       Rumusan Masalah..........................................................................................      2
C.      Tujuan Penulisan............................................................................................      2
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................      3
BAB III KESIMPULAN...................................................................................    11
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................    12


BAB I
PENDAHULUAN

A.        LATAR BELAKANG
Di era globalisasi ini, manusia semakin terikat terhadap teknologi. Semua orang menggunakan teknologi dalam melakukan sesuatu. Tanpa disadari, manusia sekarang sedang dikendalikan oleh teknologi. Teknologi itu sebenarnya bukan kebutuhan, tapi keinginan. Keinginan manusia yang ingin memiliki segalanya hingga melupakan mana yang haram dan mana yang halal. Dan ketika teknologi telah merusak alam dan menyebabkan bencana alam serta dampak kesengsaraan yang berkepanjangan, manusia akan mengkambinghitamkan Tuhan dan alam. Sungguh ketidakadilan itu pada manusia, bukan Tuhan. Maka, sangat salah apabila teknologi menjadi kebutuhan, apalagi kebutuhan primer.
Salah satu penemuan teknologi abad ke-20 adalah AC. AC atau Air Conditioner merupakan alat yang berguna untuk menyejukkan atau mendinginkan udara. Dunia-otomotif.blogspot.com mengatakan AC adalah alat pada kendaraan khususnya mobil yang mempunyai fungsi untuk mengatur suhu di dalam kendaraan sesuai dengan keinginan pengendara agar pengeiandara merasa nyaman saat berkendara atau saat macet. Untuk itu AC membutuhkan perawatan secara berkala agar tetap berfungsi secara baik, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengendara.
Lalu apakah sistem AC aman dari kerusakan? Apapun yang ada di dunia ini pasti bisa rusak. Sama halnya sistem AC. Oleh karena itu perlu dilakukan troubleshooting pada trouble atau masalah pada sistem AC. Sehingga pada makalah ini, penulis berminat untuk menuliskan makalah terkait troubleshooting sistem AC dan mempelajarinya lebih lanjut mengenai troubleshooting sistem AC.



B.       RUMUSAN MASALAH
Bagaimana troubleshooting sistem AC?

C.       TUJUAN PENULISAN
Mengetahui troubleshooting sistem AC.

BAB II
PEMBAHASAN

Dengan melakukan pemeriksaan komponen fungsional secara sistematik pada siklus pendinginan akan dapat mendeteksi trouble yang belum disadari oleh pelanggan. Di samping itu, untuk mengetahui lebih awal dan memperbaiki dengan benar akan memperpanjang umur komponen serta melindungi pelanggan dari kesulitan yang tiba-tiba. Jika sudah terjadi masalah atau kerusakan,d i bawah ini akan di gambarkan langkah-langkah dalam melakukan perbaikan (trouble shooting) kerusakan AC. Langkah-langkah tersebut digambarkan dengan deretan kotak ke bawah sedangkan diagnosa dan penyelesaiannya terdapat dalam kotak disampingnya.
1.        Kompresor Tidak Beroperasi
Tabel 1 Langkah Perbaikan untuk Kerusakan Kompresor
Tidak Beroperasi
No
Langkah Pemeriksaan
Kerusakan
Perbaikan
1
Cek fuse kendaraan
Fuse putus
Ganti fuse
2
Cek A/C switch
Switch tidak bekerja
Periksa switch
3
Cek kebocoran refrigerant
Refrigerant bocor
Cek setelah mengisi refrigrant
4
Cek low-pressure switch
Switch tidak bekerja
Ganti yang rusak
Cek evaporator sensor
Evaporator sensor putus
5
Cek pressure switch
Pressure s/w rusak
Periksa switch
6
Cek A/C relay
Relay rusak
Ganti relay
7
Cek magnetic coil
Field coil rusak
Ganti field coil

2.        Kompresor Bekerja ON dan OFF Kembali Saat AC Bekerja.
Tabel 2 Langkah Perbaikan Kompresor Bekerja ON dan OFF Kembali
Saat AC Bekerja
No
LANGKAH PEMERIKSAAN
KERUSAKAN
PERBAIKAN
1
Cek refrigerant overcharging
Refrigerant overcharging
Recharge refrigerant lalu periksa ulang
Cek refrigerant lowcharging
Refrigerant lowrcharging
2
Cek pressure S/W
Switch berbunyi
Ganti switch
3
Cek sisi high pressure
System tersumbat
Ganti yang rusak

3.        Kompresor Tidak Bekerja Setelah AC Dimatikan Mendadak
Tabel 3 Langkah Perbaikan Kompresor Tidak Bekerja
Setelah AC Dimatikan Mendadak
No
LANGKAH PEMERIKSAAN
KERUSAKAN
PERBAIKAN
1
Cek water temp sensor
Water temp sensor rusak
Ganti sensor
2
Cek temp sensor pada compressor
Sensor rusak
Ganti sensor

4.        AC Berbunyi dan Kompresor Tidak Bekerja Saat AC Bekerja.
Tabel 4 Langkah Perbaikan AC Berbunyi dan Compressor Tidak Bekerja
Saat AC Bekerja
No
LANGKAH PEMERIKSAAN
KERUSAKAN
PERBAIKAN
1
Cek compressor connector
Comp connection rusak
Perbaiki konektor
Terminal bengkok
Perbaiki kebengkokan

5.        Motor Blower Tidak Beroperasi.
Tabel 5 Langkah Perbaikan Motor Blower Tidak Beroperasi
No
LANGKAH PEMERIKSAAN
KERUSAKAN
PERBAIKAN
1
Cek blower fuse
Fuse putus
Ganti fuse
2
Cek blower relay
Relay rusak
Ganti relay
3
Cek titik hubungan blower S/W dan konektor
Hubungan rusak
Ganti S/W dan perbaiki connector
4
Cek B/W motor connection
Hubungan rusak
Perbaiki connector

6.        AC Mobil Tidak Dingin
AC mobil tidak dingin atau kurang dingin,sebenarnya adalah relatif kenapa? Karena dingin atau tidaknya tergantung dari suhu di luar kabin atau suhu di luar mobil. Kebanyakan perbedaan suhu di luar dengan di dalam kabin memiliki selisih kira-kira 10 derajat celsius. Dengan kata lain kalau suhu diluar kabin terukur 32 derajat celsius, maka sudah cukup dingin kalau suhu di dalam kabin berkisar 20 sampai 22 derajat celsius.
Begitu pun ketika pengukuran suhu di lakukan untuk ac mobil yang normal, ketika pengukuran di lakukan di mobil yang sama pada malam hari.Suhu diluar menunjukan 26,8 derajat celsius,ketika dilakukan pengukuran suhu di dalam kabin bisa mencapai 14 sampai 16 derajat celsius.
            Biasanya pengukuran suhu dilakukan di grill ac untuk mengetahui kapan saat temperatur cut off dari kompressor ac seperti terlihat gambar berikut. Sebab-sebab AC mobil tidak dingin atau kurang dingin:
a.         Freon kurang atau habis
Freon kurang terjadi karena kebocoran yang terlalu kecil hanya pada tekanan tertentu,pada tekanan tersebut ada kemungkinan bocor berhenti,sehingga freon tidak sampai habis tapi pengaruhnya ac bisa kurang dingin.
b.         Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna.
c.         Motor Cooling Fan Mati, Putaran lemah atau Putaran terbalik
Jika motor cooling fan terganggu, putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian  arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil, kemungkinan ini bisa terjadi karena kurang teliti. Atau karena motor cooling fan yang sama tidak di dapatkan di toko sparepart sehingga menggunakan tipe lain.
d.         Field Coil atau spul magnetic clutch
Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin.
e.         Tekanan dalam system AC berlebihan
Tekanan pada system ac berlebihan berkaitan dengan point 3 diatas akan menyebabkan over heat pada system ac sehingga high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch.Atau untuk kompressor ac yang di lengkapi temperature switch jika over heating terjadi maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus listrik.
Penyebab lain jika tekanan dalam sistem ac mobil berlebihan adalah freon terlalu penuh atau berlebihan sehingga ac mobil tidak dingin.

7.        Kelebihan Oli Kompressor
System Ac memiliki volume yang tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang artinya jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg dengan kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke system ac, akan menyebabkan tekanan berlebihan. Dan jika menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang masuk,beruntung kalau hasilnya ac kurang dingin. Karena terkadang tidak mau dingin sama sekali.


8.        Kompressor Aus
Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal,saling berkaitan jika kompressor Ac aus, sigh glass terlihat hitam,receiver driyer buntu atau expansi valve tersumbat yang masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda.

9.        Thermistor Cooler Berubah Nilainya
Thermistor cooler merupakan peraba suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca perubahan temperatur kemudian di teruskan ke AC amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompressor.

10.    Evaporator Kotor
            Kotor di evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat.Info lengkap evaporator kotor bisa lihat disini atau penyebab evaporator beku.

11.    Saluran Buang Air Kondensasi Tersumbat
            Dengan tersumbatnya saluran buang air kondensasi, rumah evap akan penuh dengan air,berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Dengan air kondensasi memenuhi rumah evap mengakibatkan aliran udara dari blower tersumbat.

12.    Bau di AC Mobil atau AC Mobil Bau 
            Ac mobil rawan dengan tikus yang masuk ke dalam rumah evaporator atau rumah blower, terutama jika sirkulasi udara luar di buka saat mobil sedang parkir di bagasi dan terdapat lubang yang cukup bagi tikus untuk masuk dari ruang mesin.
            Untuk mendeteksi tikus sangat mudah, karena biasanya tikus akan memakan busa-busa yang menempel di rumah blower, busa tersebut akan terhisap oleh blower dan akhirnya akan menyumbat saluran buang air kondensasi.
            Penyebab bau yang biasa di temukan pada ac mobil :
a.         Bau bekas parfum yang ada di grill ac mobil, jika kita memiliki kebiasaan menaruh parfum di grill ac, bau parfum yang tidak enak biasanya akan tercium kalau parfum yang menempel sudah lama dan mengering.
b.         Bau yang terjadi karena kebocoran freon dari evaporator dan bau freon ini khas.
c.         Bau karena ac kurang dingin - ac kurang dingin juga menyebabkan bau yang bisa di cium dari hembusan angin ac, hal ini di karenakan evaporator yang kotor.
d.         Ac Mobil Bau yang di sebabkan karena ac mobil sudah lama tidak hidup, meskipun kondisi evaporator bersih, bau yang ini bisa tercium saat pertama kali ac mobil di hidupkan, tetapi lama-kelamaan bau akan hilang dengan sendirinya jika ac sudah lama hidup dan dingin.

13.    Kenapa Evaporator Beku 
            Untuk mengetahui evaporator kotor, selain hembusan angin yang lemah bisa diperiksa dengan mudah dengan cara hidupkan blower angin AC pada kecepatan maksimal, maka akan terdengar suara angin yang tertahan. Debu akan menyebabkan evaporator beku dan angin tidak keluar karena terhalang gumpalan es di evaporator. Kenapa demikian? Kotoran akan menghalangi sensor temperatur suhu atau thermistor cooler ac di evaporator dari hembusan angin dari blower, seperti gambar di bawah, sehingga temperatur kerja dari sensor suhu atau thermistor cooler untuk memberikan signal cut off ke kompressor ac tidak tercapai. Kalau temperatur kerja tidak tercapai, maka kompressor AC tidak bisa on/off dan akan kerja terus menerus. Dengan bekerja terus menerus tanpa on/off dari kompressor mulai  terbentuk gumpalan es di evaporator dan menghalangi aliran udara dari blower. Kompressor AC yang bekerja terus menerus akan menyebabkan panas berlebihan pada system ac dan bisa mengakibatkan rusak komponen AC salah satunya yang akan rusak adalah spull magnetic clutch. Perlu dilakukan pembersihan evaporator secara berkala untuk mencegah hal tersebut diatas terjadi dan memasang filter kabin atau filter evap, karena kotoran atau debu dari kabin yang dihisap blower akan tertahan di filter tersebut, ini untuk kendaraan yang belum di lengkapi filter kabin.

14.    Air AC Masuk ke Kabin 
            Peristiwa kondensasi di permukaan evaporator menghasilkan air dan air akan menggenangi rumah evaporator, jika drain hose atau saluran buang air kondensasi buntu atau tersumbat, dengan ditandai air tidak terlihat menetes saat ac mobil hidup, dengan kata lain air akan terlihat menetes di bawah mobil kalau drain hose tidak tersumbat. Akibatnya permukaan luar rumah evaporator mengeluarkan embun yang berlebihan dan terkumpul menjadi titik air yang menetes dan membasahi karpet mobil.

15.    Air AC Menetes di Bawah Dashboard
Kalau rumah evap terdapat lubang atau celah, saat saluran buang air kondensasi buntu air yang menggenang akan langsung menetes dan air masuk ke dalam kabin terlihat di bawah dashbard.
Beberapa penyebab tersumbat saluran buang air kondensasi:
a.         Masuk tikus dan memakan busa yang ada di dumper sirkulasi udara luar, potongan busa dihisap blower, masuk ke evap,jika ac mobil tidak di lengkapi filter evap, atau Kotoran atau daun kering terhisap blower
b.         Evaporator kotor dan sering terbentuk lendir atau semacam gel tidak bisa cair dan menyumbat saluran buang jika jatuh dan tidak menempel di evap.
Apa yang perlu di lakukan jika saluran buang air kondensasi tersumbat? Bisa di lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel service ac mobil.
1)        Periksa saluran buang, jika tersumbat, saat hidupkan blower ac tidak terasa hembusan angin dari slang.
2)        Ambil lidi atau benda lentur jangan pakai kawat atau semacamnya kemudian masukan dari luar slang saluran buang, kalau saluran buang pendek, lokasi saluran buang berada di ruang mesin posisi dekat dengan evaporator dan air bersama kotoran akan keluar, lebih baik lagi dibantu dengan hidupkan blower, setel kecepatan maksimal agar membantu mendorong kotoran keluar atau menggunakan kompressor angin bertekanan untuk mendorong kotoran yang menyumbat.
3)        Jika saluran buang panjang, bisa di lakukan dengan angin bertekanan atau melepas slang dari rumah evaporator.
            Dengan melepas slang saluran buang dari rumah evaporator akan membuat air yang terkumpul di rumah evap jatuh ke karpet dan membuat basah, karena kalau saluran buang buntu atau tersumbat, bisa lebih satu liter air hasil kondensasi terkumpul. Tetapi kalau di lakukan dengan hati-hati dibuatkan tempat untuk menampung air agar tidak membasahi karpet, akan lebih baik.

16.    Beberapa Hal Penyebab AC Mati Tiba-Tiba
Beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa ac mobil mati tiba-tiba adalah:
a.         Kehabisan freon : Jika kehabisan freon karena terjadi bocor di sistem ac secara otomatis low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga kompressor berhenti.
b.         Motor Cooling fan mati : Jika motor cooling fan elektrik mati atau tidak berputar sehingga panas kondensor ac tidak dapat di buang,menyebabkan tekanan di kondensor naik atau suhu berlebihan memicu high pressure switch bekerja untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch atau sensor temperatur kompressor bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic clutch.
c.         Field Coil Magnetic Clutch Putus :sudah jelas jika field coil magnetic clutch putus maka kompressor ac tidak berputar, yang berputar bersama putaran mesin hanya puli kompressor.
d.         Sekring ac putus :sekring ac putus biasanya di sebabkan oleh konslet terjadi di dalam spull magnet atau field coil magnetic clutch dengan rumah gulungan atau konslet di antara gulungan sendiri sehingga arus listrik mengalir terlalu besar atau mungkin disebabkan sekering ac longgar silakan lihat di fungsi sekring mobil
e.         Kompressor ac macet : kompressor ac macet biasa di sebabkan karena kekurangan oli kompressor atau kompressor sudah aus biasa nya di sertai kompressor bunyi kasar. Terkait kompressor ac mobil yang macet bisa juga di sebabkan oleh bearing puli kompressor rusak.
f.           V-belt Putus : v-belt putus membuat puli kompressor ac tidak terhubung dengan putaran mesin dan biasanya juga di sertai beberapa komponen yang terhubung dengan v-belt tersebut juga tidak bekerja di antaranya alternator atau water pump

17.    Udara Luar Masuk Kabin 
Saat dalam  kabin mobil, pernah mencium bau asap dari luar baik asap dari kendaraan di depan atau asap terbakarnya oli jika ada oli bocor dan terkena panas mesin.
Dalam AC mobil terdapat aktuator yang memberi kita pilihan untuk menggunakan sirkulasi udara luar atau sirkulasi udara dalam kabin. Jika menggunakan pilihan sirkulasi udara luar maka udara  luar akan dihisap oleh blower masuk ke evaporator keluar lewat grill ac di dashboard.
Tidak semua jenis mobil memiliki aktuator untuk sirkulasi udara luar dengan mempertimbangankan ukuran kabin.
Terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar akan mempercepat evaporator atau filter evaporator kotor. Pemakaian sirkulasi udara luar terlalu lama bisa jadi salah satu penyebab ac kurang dingin.
Udara luar atau asap yang masuk kedalam kabin akan mengganggu dengan bau tidak enak, jika aktuator sudah dipilih untuk sirkulasi udara dalam kabin, tetapi asap masih tetap bisa masuk ada kemungkinan terdapat lubang tidak tertutup di antara ruang mesin dan kabin. Atau aktuator untuk sirkulasi udara luar tidak bisa menutup dengan baik.
Beberapa tempat atau lubang yang perlu diperiksa :
a.         Lubang untuk jalur kabel dari ruang mesin ke kabin
b.         Lubang untuk shaft steer
c.         Lubang untuk pipa ac menuju evaporator atau pipa heater
d.         Lubang untuk saluran buang air kondensasi

18.    Saat Berhenti AC Dingin Saat Jalan AC Panas 
Judul sedikit aneh dan mungkin kurang bisa di terima oleh analisa, kenapa? Karena pada kebanyakan permasalahan ac mobil adalah sebaliknya yaitu "saat berhenti ac panas saat mobil jalan ac dingin".
Saat berhenti ac mobil panas tetapi saat jalan ac mobil dingin disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
a.         Kondensor kotor sehingga pendinginan kondensor kurang saat mobil berhenti.
b.         Kemampuan kompressor untuk memompa freon sudah tidak maksimal biasanya dibarengi bunyi kompressor kasar, sehingga hanya saat putaran mesin tinggi kompressor bisa bekerja dengan baik.

19.    Penyebab Kondensor AC Terlalu Panas
Sebelumnya silakan lihat entri cara kerja kondensor ac mobil,kondensor ac mobil yang terlalu panas di sebabkan oleh beberapa hal,yang intinya kemampuan kipas kondensor atau condenser fan tidak bisa membuang panas dengan baik.
Sebenarnya panas yang ada di kondensor adalah wajar karena gas refrigerant yang di pompa oleh kompresor ac.Tetapi terdapat bagian yang sangat panas dan tidak sanggup di sentuh oleh tangan jika kompressor sedang bekerja yaitu pada bagian inlet yang langsung menerima gas refrigerant bertekanan dari kompressor ac.
Jika kondensor ac mobil terasa panas tetapi udara di dalam kabin terasa dingin berati pula tidak ada masalah dengan panasnya kondensor ac,hal sebaliknya jika kondensor ac terlalu panas dan menyebabkan udara di dalam kabin kurang dingin atau ac kurang dingin,harus di cari tahu penyebabnya.
Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab kondensor ac mobil terlalu panas dan biasanya di sertai dengan ac mobil kurang dingin:
a.         Kelebihan freon yang membuat tekanan dan panas naik.
b.         Kelebihan oli kompresor juga menyebabkan tekanan dan panas naik
c.         Kondisi kondensor kotor karena debu serta kotoran yang di hisap kipas kondensor atau kipas radiator terjebak dalam sirip pendingin atau fins.
d.         Hisapan angin atau hembusan angin kurang dari kipas kondensor dan atau kipas radiator yang bisa disebabkan karena motor fan mau rusak. Hisapan artinya jika kipas kondensor dan atau kipas radiator berada di belakang kondensor dan radiator. Hembusan berarti jika kondensor menggunakan extra fan yang terletak di depan kondensor.
Jika menggunakan extra fan artinya kipas tersendiri untuk mendinginkan kondensor, kemungkinan kipas putaran sudah lemah sehingga kurang mampu mendinginkan atau membuang panas kondensor ac atau mungkin fan kondensor mati.

20.    Penyebab Angin AC Mobil Tidak Keluar
Angin ac mobil tidak keluar - Mungkin di antara pemilik mobil, pernah mengalami kalau angin ac mobil nya tidak keluar atau angin ac yang keluar kecil dari dashboard ac mobil.Dari pengalaman selama ini ada dua macam angin ac mobil tidak keluar.
1)        Dari  awal ac hidup memang sudah tidak keluar angin 
2)        Awal ac hidup ada keluar angin tetapi lama-kelamaan angin tidak keluar
Tentu saja dari kedua hal di atas masing-masing berbeda penyebabnya. Untuk kondisi pada point pertama sudah jelas masalah ada di system elektrikal, berikut troubleshoting untuk mencari penyebab dan mengatasinya.
1)        Periksa sekring yang berada di rumah fuse,akan lebih enak kalau fungsi sekring masih tertulis misal di tutup kotak sekring karena tidak perlu meraba sekring mana yang putus,tinggal di cari  sekring AC-Blower atau ada mobil menggunakan nama sekring Heater.
2)        Langkah berikutnya periksa voltase atau tegangan di blower. 
3)        Setelah di cek kalau ternyata ada voltase atau tegangan di blower dari sini sudah bisa ditebak komponen yang memang rawan untuk rusak yaitu resistor blower.
Lain lagi masalahnya kalau angin ac mobil keluar tetapi lama-kelamaan berhenti keluar lewat grill ac di dashboard.
            Yang sering ditemui kalau hal ini terjadi biasanya di sebabkan karena evaporator yang kotor, kotornya evaporator selain menghalangi aliran udara yang bisa dicek menggunakan airflow meter juga akan mempengaruhi cut off dari kompressor ac. Karena sensor temperatur di evap tidak akan tercapai suhu cut off.
            Kalau hal ini teradi kompressor ac akan terus bekerja, lama kelamaan terbentuk gumpalan- gumpalan es di evaporator yang berakibat menghalangi hembusan udara dari blower. Sehingga angin tidak keluar dari grill ac didashboard,tetapi kalau didengarkan ada suara angin di dalam dashboard yang mengendap.
            Untuk permasalahan seperti ini bisa di lakukan tindakan sementara,yaitu setel suhu pengaturan pada posisi minimal artinya sama dengan mematikan kompressor ac terus arahkan kecepatan angin pada posisi maksimum supaya gumpalan es di evaporator mencair. Begitu es sudah mencair angin perlahan akan keluar lewat grill ac.
            Untuk mencegah hal diatas terjadi saat menghidupkan ac usahakan setel temperatur kira-kira 3/4 dari setelan suhu aksimum atau ambil posisi maksimum di mana kompressor ac mau untuk on dan off secara otomatis.
            Tentu saja kalau evaporator ac sudah kotor langkahnya adalah di lakukan pembersihan, kalau untuk ac mobil yang belum di lengkapi dengan saringan  evap lebih baik lagi kalau di buat atau di pasang saringan evap atau filter kabin.

21.    Apakah Tali Penggerak (Belt) Kendor ?
Tali penggerak kendor menyebabkan slip dan aus lakukan penyetelan bila kendor dan gantilah bila rusak.

22.    Suara Berisik Dekat Kompresor
Suara berisik karena bantalan aus atau oli pelumas kurang dalam sistem. Bongkarlah kompresor dan lakukan perbaikan atau pergantian. Suara berisik  dapat juga timbul disebabkan tidak adanya oli di dalam kompresor. Sebelum membongkar  dan periksalah jumlah oli kompresor.

23.    Sirip Kondensor dan Evaporator Tertutup Debu / Kotoran
Bila sirip-sirip kondensor dan evaporator kotor oleh debu dan kotoran, akan menyebabkan pendinginan banyak berkurang. Bersihkan kotoran dan debu. Dalam memakai sikat untuk mencuci, jangan sampai menyebabkan sirip (fin) rusak atau bengkok.

24.    Apakah Saringan Udara Tersumbat ?
Tersumbatnya saringan udara mengakibatkan aliran udara berkurang dan kapasitas pendinginan menurun. Lepaskan dan cucilah saringan udara.

25.    Noda Oli Dapat Dilihat Pada Sambungan Siklus Pendinginan
Adanya noda oli menunjukkan kebocoran di tempat tersebut. Hal ini karena refrigerant yang keluar bercampur oli dan meninggalkan noda oli. Bila ditemui noda oli, maka pengencangan ulang perlu dilakukan atau ada part yang perlu diganti untuk menyetop kebocoran. Gasket kompresor dan tempat persambungan pipa adalah merupakan tempat yang sering terlihat ada noda oli, karena itu penting sekali untuk selalu memeriksa pada tempat-tempat tersebut.

26.    Suara Berisik Dekat Blower
Hidupkan blower pada kecepatan LO, MED dan HI. Gantilah blower motor bila timbul suara berisik atau putarannya tidak normal. Ada benda lain yang tersangkut dapat menyebabkan suara berisik, pengencangan baut yang kurang sempurna dapat mengakibatkan suara abnormal. Periksalah point-point tersebut di atas sebelum melakukan penggantian motor blower.


BAB III
KESIMPULAN

Diagnosa kerusakan sistem AC dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pemeriksaan secara visual dan aural serta pemeriksaan dengan alat bantu pengukur tekanan. Cara pemeriksaan secara visual dan aural adalah dengan indra penglihatan, pendengaran dan penciuman. Data-data yang dapat diperiksa antara lain:
1.         Apakah sabuk/tali kipas longgar?
2.         Jumlah udara yang ditiupkan tidak mencukupi.
3.         Suara bising dekat kompresor
4.         Suara bising di dalam kompresor
5.         Sirip kondensor penuh dengan debu dan kotoran.
6.         Oli mengotori penghubung atau sambungan sistem pendingin 
7.         Suara bising di dekat blower
8.         Pemeriksaan kuantitas pendingin melalui sight-glass
Pemeriksaan sistem AC dapat dilakukan dengan menggukana alat bantu manometer tekanan rendah dan tekanan tinggi. Pentingnya pemeriksaan tekanan pada sistem AC, dengan memeriksa tekanan zat pendingin (refregerant) saat pengatur udara bekerja dan membuat anda bisa memeriksa daerah gangguan atau penyebabnya. Ini penting untuk menegaskan nilai kerugian yang tepat dan mendiag-nosis gangguan. Pasang manometer gauge manometer biru untuk tekanan rendah, dan menometer merah untuk tekanan tinggi.




DAFTAR PUSTAKA

Automotive Handbook, Robert Bosch Gmbh, Stuttgart. 2000
Gerigk, Bruhn, Danner, Kraftfahrzeugtechnik, Westermann, Braunschweig, 1993.
Gerschler, Fachkunde Kraftfahrzeugtechnik, Europa Lehrmittel, Stuttgart, 1984.


DOWNLOAD FILE INI SELENGKAPNYA DISINI
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: TROUBLESHOOTING SISTEM AC
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

1 komentar:

Apa yang kita lakukan mas ?
Bila AC kita HOT dan sudah kita check tapi pressure di sistem AC kita tercapai?

Reply

Post a Comment