TROUBLESHOOTING
SISTEM AC
makalah
untuk memenuhi
tugas mata kuliah Sistem AC
PENDIDIKAN
TEKNIK OTOMOTIF
JURUSAN TEKNIK
MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2014
KATA
PENGANTAR
Kami memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah memberikan
rahmat serta karunia-Nya sehingga saya berhasil menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada
waktunya yang berjudul “TROUBLESHOOTING
SISTEM AC”.
Kami menyadari bahwa,
makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari
semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan
makalah ini. Dalam kesempatan ini penulis juga ingin mengucapakan banyak terima
kasih kepada pihak kampus yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk
menyusun makalah ini, juga kepada Bapak/Ibu Dosen yang sudah banyak membantu
dan menuntun penulis selama pembuatan makalah ini. Tidak lupa juga kepada
teman-teman yang selalu menemani, membantu dan mensuport selama pembuatan
makalah ini. Maka, makalah ini dapat terselesaikan tidak lepas dari kerjasama
dari
semuanya.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih
kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari
awal sampai akhir. Semoga Allah Swt senantiasa meridhoi segala usaha kita.
Amin.
Semarang, 24 Maret 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................ ii
DAFTAR ISI...................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN.................................................................................. 1
A.
Latar Belakang.............................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah.......................................................................................... 2
C.
Tujuan Penulisan............................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................... 3
BAB III KESIMPULAN................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Di era globalisasi ini,
manusia semakin terikat terhadap teknologi. Semua orang menggunakan teknologi
dalam melakukan sesuatu. Tanpa disadari, manusia sekarang sedang dikendalikan
oleh teknologi. Teknologi itu sebenarnya bukan kebutuhan, tapi keinginan.
Keinginan manusia yang ingin memiliki segalanya hingga melupakan mana yang
haram dan mana yang halal. Dan ketika teknologi telah merusak alam dan
menyebabkan bencana alam serta dampak kesengsaraan yang berkepanjangan, manusia
akan mengkambinghitamkan Tuhan dan alam. Sungguh ketidakadilan itu pada
manusia, bukan Tuhan. Maka, sangat salah apabila teknologi menjadi kebutuhan,
apalagi kebutuhan primer.
Salah satu penemuan
teknologi abad ke-20 adalah AC. AC atau Air Conditioner merupakan alat yang
berguna untuk menyejukkan atau mendinginkan udara. Dunia-otomotif.blogspot.com
mengatakan AC adalah alat pada kendaraan
khususnya mobil yang mempunyai fungsi untuk mengatur suhu di dalam kendaraan
sesuai dengan keinginan pengendara agar pengeiandara
merasa nyaman saat berkendara atau saat macet. Untuk itu AC membutuhkan perawatan secara berkala agar tetap berfungsi
secara baik, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengendara.
Lalu apakah sistem AC aman dari kerusakan?
Apapun yang ada di dunia ini
pasti bisa rusak. Sama halnya sistem AC. Oleh karena itu perlu dilakukan troubleshooting
pada trouble atau masalah pada sistem AC. Sehingga pada
makalah ini, penulis berminat untuk menuliskan makalah terkait troubleshooting sistem AC
dan mempelajarinya lebih lanjut mengenai troubleshooting sistem AC.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Bagaimana troubleshooting sistem AC?
C.
TUJUAN
PENULISAN
Mengetahui troubleshooting sistem AC.
BAB II
PEMBAHASAN
Dengan melakukan
pemeriksaan komponen fungsional secara
sistematik
pada siklus pendinginan akan dapat mendeteksi trouble yang belum disadari oleh pelanggan. Di samping
itu, untuk mengetahui lebih awal dan memperbaiki dengan benar akan
memperpanjang umur komponen serta melindungi pelanggan dari kesulitan yang
tiba-tiba. Jika sudah
terjadi masalah atau kerusakan,d i bawah ini akan di
gambarkan langkah-langkah dalam melakukan perbaikan (trouble shooting)
kerusakan AC. Langkah-langkah tersebut digambarkan dengan deretan kotak ke
bawah sedangkan diagnosa dan penyelesaiannya terdapat dalam kotak disampingnya.
1.
Kompresor
Tidak Beroperasi
Tabel 1 Langkah Perbaikan untuk Kerusakan Kompresor
Tidak Beroperasi
No
|
Langkah Pemeriksaan
|
Kerusakan
|
Perbaikan
|
1
|
Cek fuse kendaraan
|
Fuse putus
|
Ganti fuse
|
2
|
Cek A/C switch
|
Switch tidak bekerja
|
Periksa switch
|
3
|
Cek kebocoran refrigerant
|
Refrigerant bocor
|
Cek setelah mengisi refrigrant
|
4
|
Cek low-pressure switch
|
Switch tidak bekerja
|
Ganti yang rusak
|
Cek evaporator sensor
|
Evaporator sensor putus
|
||
5
|
Cek pressure switch
|
Pressure s/w rusak
|
Periksa switch
|
6
|
Cek A/C relay
|
Relay rusak
|
Ganti relay
|
7
|
Cek magnetic coil
|
Field coil rusak
|
Ganti field coil
|
2.
Kompresor
Bekerja ON dan
OFF Kembali Saat AC Bekerja.
Tabel
2 Langkah
Perbaikan Kompresor
Bekerja ON
dan
OFF
Kembali
Saat AC Bekerja
No
|
LANGKAH PEMERIKSAAN
|
KERUSAKAN
|
PERBAIKAN
|
1
|
Cek refrigerant overcharging
|
Refrigerant overcharging
|
Recharge refrigerant lalu periksa
ulang
|
Cek refrigerant lowcharging
|
Refrigerant lowrcharging
|
||
2
|
Cek pressure S/W
|
Switch berbunyi
|
Ganti switch
|
3
|
Cek sisi high pressure
|
System tersumbat
|
Ganti yang rusak
|
3.
Kompresor
Tidak Bekerja Setelah AC Dimatikan Mendadak
Tabel
3 Langkah
Perbaikan Kompresor
Tidak
Bekerja
Setelah
AC Dimatikan
Mendadak
No
|
LANGKAH PEMERIKSAAN
|
KERUSAKAN
|
PERBAIKAN
|
1
|
Cek water temp sensor
|
Water temp sensor rusak
|
Ganti sensor
|
2
|
Cek temp sensor pada compressor
|
Sensor rusak
|
Ganti sensor
|
4.
AC
Berbunyi dan
Kompresor Tidak Bekerja Saat AC Bekerja.
Tabel
4 Langkah
Perbaikan AC
Berbunyi
dan Compressor
Tidak
Bekerja
Saat
AC Bekerja
No
|
LANGKAH PEMERIKSAAN
|
KERUSAKAN
|
PERBAIKAN
|
1
|
Cek compressor connector
|
Comp connection rusak
|
Perbaiki konektor
|
Terminal bengkok
|
Perbaiki kebengkokan
|
5.
Motor
Blower Tidak Beroperasi.
Tabel 5 Langkah Perbaikan Motor Blower Tidak Beroperasi
No
|
LANGKAH PEMERIKSAAN
|
KERUSAKAN
|
PERBAIKAN
|
1
|
Cek blower fuse
|
Fuse putus
|
Ganti fuse
|
2
|
Cek blower relay
|
Relay rusak
|
Ganti relay
|
3
|
Cek titik hubungan blower S/W dan
konektor
|
Hubungan rusak
|
Ganti S/W dan perbaiki connector
|
4
|
Cek B/W motor connection
|
Hubungan rusak
|
Perbaiki connector
|
6.
AC
Mobil Tidak Dingin
AC mobil tidak dingin
atau kurang dingin,sebenarnya adalah relatif kenapa? Karena dingin atau
tidaknya tergantung dari suhu di luar kabin atau suhu di luar mobil. Kebanyakan
perbedaan suhu di luar dengan di dalam kabin memiliki selisih kira-kira 10 derajat
celsius. Dengan kata lain kalau suhu diluar kabin terukur 32 derajat celsius,
maka sudah cukup dingin kalau suhu di dalam kabin berkisar 20 sampai 22 derajat
celsius.
Begitu pun ketika
pengukuran suhu di lakukan untuk ac mobil yang normal, ketika pengukuran di
lakukan di mobil yang sama pada malam hari.Suhu diluar menunjukan 26,8 derajat
celsius,ketika dilakukan pengukuran suhu di dalam kabin bisa mencapai 14 sampai
16 derajat celsius.
Biasanya
pengukuran suhu dilakukan di grill ac untuk mengetahui kapan saat temperatur
cut off dari kompressor ac seperti terlihat gambar berikut. Sebab-sebab AC mobil tidak dingin
atau kurang dingin:
a.
Freon kurang atau habis
Freon kurang terjadi karena kebocoran yang terlalu
kecil hanya pada tekanan tertentu,pada tekanan tersebut ada kemungkinan bocor
berhenti,sehingga freon tidak sampai habis tapi pengaruhnya ac bisa kurang
dingin.
b.
Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan
membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor
terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna.
c.
Motor Cooling Fan Mati, Putaran lemah
atau Putaran terbalik
Jika motor cooling fan terganggu, putaran lemah atau
mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik.
Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam
artian arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil,
kemungkinan ini bisa terjadi karena kurang teliti. Atau karena motor cooling
fan yang sama tidak di dapatkan di toko sparepart sehingga menggunakan tipe
lain.
d.
Field Coil atau spul magnetic clutch
Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar
menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang
berputar dengan mesin.
e.
Tekanan dalam system AC berlebihan
Tekanan pada system ac berlebihan berkaitan dengan
point 3 diatas akan menyebabkan over heat pada system ac sehingga high pressure
switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch.Atau
untuk kompressor ac yang di lengkapi temperature switch jika over heating
terjadi maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan
memutus arus listrik.
Penyebab lain jika tekanan dalam sistem ac mobil
berlebihan adalah freon terlalu penuh atau berlebihan sehingga ac mobil tidak
dingin.
7.
Kelebihan
Oli Kompressor
System Ac memiliki
volume yang tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan
berkurang artinya jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg
dengan kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke
system ac, akan menyebabkan tekanan berlebihan. Dan jika menyesuaikan tekanan
agar sesuai dengan spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang
masuk,beruntung kalau hasilnya ac kurang dingin. Karena terkadang tidak mau
dingin sama sekali.
8.
Kompressor
Aus
Kompressor AC aus
biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal,saling berkaitan jika kompressor
Ac aus, sigh glass terlihat hitam,receiver driyer buntu atau expansi valve
tersumbat yang masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda.
9.
Thermistor
Cooler Berubah Nilainya
Thermistor cooler
merupakan peraba suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca
perubahan temperatur kemudian di teruskan ke AC amplifier untuk mengatur waktu
cut off dari kompressor.
10.
Evaporator
Kotor
Kotor
di evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan
menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara
tersumbat.Info lengkap evaporator kotor bisa lihat disini atau penyebab
evaporator beku.
11.
Saluran
Buang Air Kondensasi Tersumbat
Dengan
tersumbatnya saluran buang air kondensasi, rumah evap akan penuh dengan
air,berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil.
Dengan air kondensasi memenuhi rumah evap mengakibatkan aliran udara dari
blower tersumbat.
12. Bau di AC Mobil atau AC Mobil
Bau
Ac
mobil rawan dengan tikus yang masuk ke dalam rumah evaporator atau rumah
blower, terutama jika sirkulasi udara luar di buka saat mobil sedang
parkir di bagasi dan terdapat lubang yang cukup bagi tikus untuk masuk dari
ruang mesin.
Untuk
mendeteksi tikus sangat mudah, karena biasanya tikus akan memakan busa-busa
yang menempel di rumah blower, busa tersebut akan terhisap oleh blower dan
akhirnya akan menyumbat saluran buang air kondensasi.
Penyebab
bau yang biasa di temukan pada ac mobil :
a.
Bau bekas parfum yang ada di grill ac
mobil, jika kita memiliki kebiasaan menaruh parfum di grill ac, bau parfum yang
tidak enak biasanya akan tercium kalau parfum yang menempel sudah lama dan
mengering.
b.
Bau yang terjadi karena kebocoran freon
dari evaporator dan bau freon ini khas.
c.
Bau karena ac kurang dingin - ac kurang
dingin juga menyebabkan bau yang bisa di cium dari hembusan angin ac, hal ini
di karenakan evaporator yang kotor.
d.
Ac Mobil Bau yang di sebabkan
karena ac mobil sudah lama tidak hidup, meskipun kondisi evaporator bersih, bau
yang ini bisa tercium saat pertama kali ac mobil di hidupkan, tetapi
lama-kelamaan bau akan hilang dengan sendirinya jika ac sudah lama hidup dan
dingin.
13.
Kenapa
Evaporator Beku
Untuk
mengetahui evaporator kotor, selain hembusan angin yang lemah bisa diperiksa
dengan mudah dengan cara hidupkan blower angin AC pada kecepatan maksimal, maka
akan terdengar suara angin yang tertahan. Debu akan menyebabkan evaporator
beku dan angin tidak keluar karena terhalang gumpalan es di
evaporator. Kenapa
demikian? Kotoran
akan menghalangi sensor temperatur suhu atau thermistor cooler
ac di evaporator dari hembusan angin dari blower, seperti gambar di bawah,
sehingga temperatur kerja dari sensor suhu atau thermistor cooler untuk
memberikan signal cut off ke kompressor ac tidak tercapai. Kalau temperatur kerja tidak
tercapai, maka kompressor AC tidak bisa on/off dan akan kerja terus menerus. Dengan bekerja terus menerus tanpa
on/off dari kompressor mulai terbentuk gumpalan es di evaporator dan
menghalangi aliran udara dari blower. Kompressor AC yang bekerja terus menerus
akan menyebabkan panas berlebihan pada system ac dan bisa mengakibatkan rusak
komponen AC salah satunya yang akan rusak adalah spull magnetic clutch. Perlu
dilakukan pembersihan evaporator secara berkala untuk mencegah hal tersebut
diatas terjadi dan memasang filter kabin atau filter evap, karena kotoran atau
debu dari kabin yang dihisap blower akan tertahan di filter tersebut, ini untuk
kendaraan yang belum di lengkapi filter kabin.
14.
Air
AC
Masuk ke Kabin
Peristiwa
kondensasi di permukaan evaporator menghasilkan air dan air akan menggenangi
rumah evaporator, jika drain hose atau saluran buang air kondensasi buntu atau
tersumbat, dengan ditandai air tidak terlihat menetes saat ac mobil hidup,
dengan kata lain air akan terlihat menetes di bawah mobil kalau drain hose
tidak tersumbat. Akibatnya
permukaan luar rumah evaporator mengeluarkan embun yang berlebihan dan
terkumpul menjadi titik air yang menetes dan membasahi karpet mobil.
15.
Air
AC Menetes di Bawah Dashboard
Kalau rumah evap
terdapat lubang atau celah, saat saluran buang air kondensasi buntu air yang
menggenang akan langsung menetes dan air masuk ke dalam kabin terlihat di bawah
dashbard.
Beberapa penyebab
tersumbat saluran buang air kondensasi:
a.
Masuk tikus dan memakan busa yang ada di
dumper sirkulasi udara luar, potongan busa dihisap blower, masuk ke evap,jika
ac mobil tidak di lengkapi filter evap, atau
Kotoran
atau daun kering terhisap blower
b.
Evaporator kotor dan sering terbentuk
lendir atau semacam gel tidak bisa cair dan menyumbat saluran buang jika jatuh
dan tidak menempel di evap.
Apa yang perlu di
lakukan jika saluran buang air kondensasi tersumbat? Bisa di lakukan sendiri
tanpa harus pergi ke bengkel service ac mobil.
1)
Periksa saluran buang, jika tersumbat,
saat hidupkan blower ac tidak terasa hembusan angin dari slang.
2)
Ambil lidi atau benda lentur jangan
pakai kawat atau semacamnya kemudian masukan dari luar slang saluran buang,
kalau saluran buang pendek, lokasi
saluran buang berada di ruang mesin posisi dekat dengan evaporator dan air
bersama kotoran akan keluar, lebih baik lagi dibantu dengan hidupkan blower,
setel kecepatan maksimal agar membantu mendorong kotoran keluar atau
menggunakan kompressor angin bertekanan untuk mendorong kotoran yang menyumbat.
3)
Jika saluran buang panjang, bisa di
lakukan dengan angin bertekanan atau melepas slang dari rumah evaporator.
Dengan
melepas slang saluran buang dari rumah evaporator akan membuat air yang
terkumpul di rumah evap jatuh ke karpet dan membuat basah, karena kalau saluran
buang buntu atau tersumbat, bisa lebih satu liter air hasil kondensasi
terkumpul. Tetapi kalau di lakukan dengan hati-hati dibuatkan tempat untuk
menampung air agar tidak membasahi karpet, akan lebih baik.
16.
Beberapa
Hal Penyebab AC Mati Tiba-Tiba
Beberapa hal yang
menjadi penyebab kenapa ac mobil mati tiba-tiba adalah:
a.
Kehabisan freon : Jika kehabisan
freon karena terjadi bocor di sistem ac secara otomatis low pressure switch
akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga
kompressor berhenti.
b.
Motor Cooling fan mati : Jika motor
cooling fan elektrik mati atau tidak berputar sehingga panas kondensor ac tidak
dapat di buang,menyebabkan tekanan di kondensor naik atau suhu berlebihan
memicu high pressure switch bekerja untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch
atau sensor temperatur kompressor bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic
clutch.
c.
Field Coil Magnetic Clutch
Putus :sudah jelas jika field coil magnetic clutch putus maka kompressor
ac tidak berputar, yang berputar bersama putaran mesin hanya puli kompressor.
d.
Sekring ac putus :sekring ac putus
biasanya di sebabkan oleh konslet terjadi di dalam spull magnet atau field coil
magnetic clutch dengan rumah gulungan atau konslet di antara gulungan sendiri
sehingga arus listrik mengalir terlalu besar atau mungkin disebabkan sekering
ac longgar silakan lihat di fungsi sekring mobil
e.
Kompressor ac macet : kompressor ac
macet biasa di sebabkan karena kekurangan oli kompressor atau kompressor sudah
aus biasa nya di sertai kompressor bunyi kasar. Terkait kompressor ac mobil
yang macet bisa juga di sebabkan oleh bearing puli kompressor rusak.
f.
V-belt Putus : v-belt putus membuat
puli kompressor ac tidak terhubung dengan putaran mesin dan biasanya juga di
sertai beberapa komponen yang terhubung dengan v-belt tersebut juga tidak
bekerja di antaranya alternator atau water pump
17.
Udara
Luar Masuk Kabin
Saat dalam kabin
mobil, pernah mencium bau asap dari luar baik asap dari kendaraan di depan atau
asap terbakarnya oli jika ada oli bocor dan terkena panas mesin.
Dalam AC mobil terdapat aktuator yang
memberi kita pilihan untuk menggunakan sirkulasi udara luar atau sirkulasi
udara dalam kabin. Jika menggunakan pilihan sirkulasi udara luar maka
udara luar akan dihisap oleh blower masuk ke evaporator keluar lewat grill
ac di dashboard.
Tidak semua jenis mobil memiliki
aktuator untuk sirkulasi udara luar dengan mempertimbangankan ukuran kabin.
Terlalu sering
menggunakan sirkulasi udara luar akan mempercepat evaporator atau filter
evaporator kotor. Pemakaian sirkulasi udara luar terlalu lama bisa jadi salah
satu penyebab ac kurang dingin.
Udara luar atau asap
yang masuk kedalam kabin akan mengganggu dengan bau tidak enak, jika aktuator
sudah dipilih untuk sirkulasi udara dalam kabin, tetapi asap masih tetap bisa
masuk ada kemungkinan terdapat lubang tidak tertutup di antara ruang mesin dan
kabin. Atau aktuator untuk sirkulasi udara luar tidak bisa menutup dengan baik.
Beberapa tempat atau
lubang yang perlu diperiksa :
a.
Lubang untuk jalur kabel dari ruang
mesin ke kabin
b.
Lubang untuk shaft steer
c.
Lubang untuk pipa ac menuju evaporator
atau pipa heater
d.
Lubang untuk saluran buang air
kondensasi
18.
Saat
Berhenti AC
Dingin Saat Jalan AC
Panas
Judul sedikit aneh dan
mungkin kurang bisa di terima oleh analisa, kenapa? Karena pada kebanyakan
permasalahan ac mobil adalah sebaliknya yaitu "saat berhenti ac panas saat
mobil jalan ac dingin".
Saat berhenti ac mobil
panas tetapi saat jalan ac mobil dingin disebabkan oleh beberapa hal antara
lain:
a.
Kondensor kotor sehingga pendinginan
kondensor kurang saat mobil berhenti.
b.
Kemampuan kompressor untuk memompa freon
sudah tidak maksimal biasanya dibarengi bunyi kompressor kasar, sehingga hanya
saat putaran mesin tinggi kompressor bisa bekerja dengan baik.
19.
Penyebab
Kondensor AC
Terlalu Panas
Sebelumnya silakan
lihat entri cara kerja kondensor ac mobil,kondensor ac mobil yang terlalu
panas di sebabkan oleh beberapa hal,yang intinya kemampuan kipas kondensor atau
condenser fan tidak bisa membuang panas dengan baik.
Sebenarnya panas yang ada di kondensor adalah wajar karena gas refrigerant yang di pompa oleh kompresor ac.Tetapi terdapat bagian yang sangat panas dan tidak sanggup di sentuh oleh tangan jika kompressor sedang bekerja yaitu pada bagian inlet yang langsung menerima gas refrigerant bertekanan dari kompressor ac.
Sebenarnya panas yang ada di kondensor adalah wajar karena gas refrigerant yang di pompa oleh kompresor ac.Tetapi terdapat bagian yang sangat panas dan tidak sanggup di sentuh oleh tangan jika kompressor sedang bekerja yaitu pada bagian inlet yang langsung menerima gas refrigerant bertekanan dari kompressor ac.
Jika kondensor ac mobil
terasa panas tetapi udara di dalam kabin terasa dingin berati pula tidak ada
masalah dengan panasnya kondensor ac,hal sebaliknya jika kondensor ac terlalu
panas dan menyebabkan udara di dalam kabin kurang dingin atau ac kurang
dingin,harus di cari tahu penyebabnya.
Berikut beberapa hal
yang menjadi penyebab kondensor ac mobil terlalu panas dan biasanya di sertai
dengan ac mobil kurang dingin:
a.
Kelebihan freon yang membuat tekanan dan
panas naik.
b.
Kelebihan oli kompresor juga menyebabkan
tekanan dan panas naik
c.
Kondisi kondensor kotor karena debu
serta kotoran yang di hisap kipas kondensor atau kipas radiator terjebak dalam sirip
pendingin atau fins.
d.
Hisapan angin atau hembusan angin kurang
dari kipas kondensor dan atau kipas radiator yang bisa disebabkan karena motor
fan mau rusak. Hisapan
artinya jika kipas kondensor dan atau kipas radiator berada di belakang
kondensor dan radiator. Hembusan
berarti jika kondensor menggunakan extra fan yang terletak di depan kondensor.
Jika
menggunakan extra fan artinya kipas tersendiri untuk mendinginkan
kondensor, kemungkinan
kipas putaran sudah lemah sehingga kurang mampu mendinginkan atau membuang
panas kondensor ac atau mungkin fan kondensor mati.
20.
Penyebab
Angin AC Mobil Tidak Keluar
Angin ac mobil tidak
keluar - Mungkin di antara pemilik mobil, pernah
mengalami kalau angin ac mobil nya tidak keluar atau angin ac
yang keluar kecil dari dashboard ac mobil.Dari pengalaman selama ini ada
dua macam angin ac mobil tidak keluar.
1)
Dari awal ac hidup memang sudah
tidak keluar angin
2)
Awal ac hidup ada keluar angin tetapi lama-kelamaan
angin tidak keluar
Tentu saja dari kedua
hal di atas masing-masing berbeda penyebabnya. Untuk
kondisi pada point pertama sudah jelas masalah ada di system elektrikal, berikut troubleshoting untuk
mencari penyebab dan mengatasinya.
1)
Periksa sekring yang berada di rumah
fuse,akan lebih enak kalau fungsi sekring masih tertulis misal di tutup kotak
sekring karena tidak perlu meraba sekring mana yang putus,tinggal di cari
sekring AC-Blower atau ada mobil menggunakan nama sekring Heater.
2)
Langkah berikutnya periksa voltase atau
tegangan di blower.
3)
Setelah di cek kalau ternyata ada
voltase atau tegangan di blower dari sini sudah bisa ditebak komponen yang
memang rawan untuk rusak yaitu resistor blower.
Lain lagi masalahnya
kalau angin ac mobil keluar tetapi lama-kelamaan berhenti keluar lewat grill ac
di dashboard.
Yang
sering ditemui kalau hal ini terjadi biasanya di sebabkan karena evaporator
yang kotor, kotornya evaporator selain menghalangi aliran udara yang bisa dicek
menggunakan airflow meter juga akan mempengaruhi cut off dari kompressor ac. Karena sensor temperatur di evap
tidak akan tercapai suhu cut off.
Kalau
hal ini teradi kompressor ac akan terus bekerja, lama
kelamaan terbentuk gumpalan- gumpalan es di evaporator yang berakibat
menghalangi hembusan udara dari blower.
Sehingga
angin tidak keluar dari grill ac didashboard,tetapi kalau didengarkan ada suara
angin di dalam dashboard yang mengendap.
Untuk
permasalahan seperti ini bisa di lakukan tindakan sementara,yaitu setel suhu
pengaturan pada posisi minimal artinya sama dengan mematikan kompressor ac
terus arahkan kecepatan angin pada posisi maksimum supaya gumpalan es di
evaporator mencair. Begitu
es sudah mencair angin perlahan akan keluar lewat grill ac.
Untuk
mencegah hal diatas terjadi saat menghidupkan ac usahakan setel temperatur
kira-kira 3/4 dari setelan suhu aksimum atau ambil posisi maksimum di mana
kompressor ac mau untuk on dan off secara otomatis.
Tentu
saja kalau evaporator ac sudah kotor langkahnya adalah di lakukan pembersihan, kalau untuk ac mobil yang belum di
lengkapi dengan saringan evap lebih baik lagi kalau di buat atau di
pasang saringan evap atau filter kabin.
21.
Apakah
Tali Penggerak (Belt)
Kendor ?
Tali penggerak kendor
menyebabkan slip dan aus lakukan penyetelan bila kendor dan gantilah bila
rusak.
22.
Suara
Berisik Dekat Kompresor
Suara berisik karena
bantalan aus atau oli pelumas kurang dalam sistem. Bongkarlah kompresor dan
lakukan perbaikan atau pergantian. Suara
berisik dapat juga timbul disebabkan tidak adanya oli
di dalam kompresor. Sebelum membongkar
dan periksalah jumlah oli kompresor.
23.
Sirip
Kondensor dan Evaporator Tertutup Debu / Kotoran
Bila sirip-sirip kondensor
dan evaporator kotor oleh debu dan kotoran, akan menyebabkan pendinginan banyak
berkurang. Bersihkan kotoran dan debu. Dalam memakai sikat untuk
mencuci, jangan sampai menyebabkan sirip (fin) rusak atau bengkok.
24.
Apakah
Saringan Udara Tersumbat ?
Tersumbatnya saringan
udara mengakibatkan aliran udara berkurang
dan
kapasitas pendinginan menurun. Lepaskan dan cucilah saringan udara.
25.
Noda
Oli Dapat Dilihat Pada Sambungan Siklus Pendinginan
Adanya noda oli
menunjukkan kebocoran di tempat tersebut. Hal ini karena
refrigerant yang keluar bercampur oli dan meninggalkan noda oli. Bila ditemui noda oli, maka pengencangan ulang
perlu dilakukan atau ada part yang
perlu diganti untuk menyetop kebocoran.
Gasket
kompresor dan tempat persambungan pipa adalah merupakan tempat yang sering
terlihat ada noda oli, karena itu penting sekali untuk selalu memeriksa pada
tempat-tempat tersebut.
26.
Suara
Berisik Dekat Blower
Hidupkan blower pada
kecepatan LO, MED dan HI. Gantilah blower
motor
bila timbul suara berisik atau putarannya tidak normal. Ada benda lain yang
tersangkut dapat menyebabkan suara berisik, pengencangan baut yang kurang sempurna dapat mengakibatkan
suara abnormal. Periksalah point-point
tersebut
di atas sebelum melakukan penggantian motor blower.
BAB III
KESIMPULAN
Diagnosa
kerusakan sistem AC dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pemeriksaan secara visual dan aural serta
pemeriksaan dengan alat bantu pengukur tekanan.
Cara
pemeriksaan secara visual dan aural adalah dengan indra penglihatan,
pendengaran dan penciuman. Data-data
yang dapat diperiksa antara lain:
1.
Apakah sabuk/tali kipas longgar?
2.
Jumlah udara yang ditiupkan tidak
mencukupi.
3.
Suara bising dekat kompresor
4.
Suara bising di dalam kompresor
5.
Sirip kondensor penuh dengan debu dan
kotoran.
6.
Oli mengotori penghubung atau sambungan
sistem pendingin
7.
Suara bising di dekat blower
8.
Pemeriksaan kuantitas pendingin melalui
sight-glass
Pemeriksaan sistem AC
dapat dilakukan dengan menggukana alat bantu manometer tekanan rendah dan tekanan
tinggi. Pentingnya pemeriksaan tekanan pada
sistem AC, dengan memeriksa tekanan zat pendingin (refregerant) saat pengatur
udara bekerja dan membuat anda bisa memeriksa daerah gangguan atau penyebabnya.
Ini penting untuk menegaskan nilai kerugian yang tepat dan mendiag-nosis
gangguan. Pasang manometer
gauge manometer biru untuk tekanan rendah, dan menometer merah untuk
tekanan tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Automotive
Handbook, Robert Bosch Gmbh, Stuttgart. 2000
Gerigk, Bruhn, Danner, Kraftfahrzeugtechnik,
Westermann, Braunschweig, 1993.
Gerschler, Fachkunde
Kraftfahrzeugtechnik, Europa Lehrmittel, Stuttgart, 1984.
Judul: TROUBLESHOOTING SISTEM AC
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
1 komentar:
Apa yang kita lakukan mas ?
ReplyBila AC kita HOT dan sudah kita check tapi pressure di sistem AC kita tercapai?
Post a Comment