BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Majemen
sekolah merupakan prosedur tindakan untuk menertibkan sekolah agar proses
pembelajaran berjalan lancar.Manajemen sekolah pada hakikatnya mempunyai
pengertian yang sama dengan manajemen pendidikan.Ruang lingkup dan bidang
kajian manajemen sekolah juga merupakan ruang lingkup dan bidang kajian
manajemen pendidikan.Manajemen sekolah terbatas pada satu sekolah
saja,sedangkan manajemen pendidikan menjangkau sistem yang luas dan besar
secara regional, nasional bahkan internasional.
Sekolah
merupakan lingkungan yang sangat kompleks.Pertama, karena konsep sekolah itu
sendiri sukar untuk dipahami jika menggunakan perspektif tunggal. Kedua,karena
terdapat beberapa perbedaan acuan yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam
mendefinisikan sekolah.Ketiga,karena sekolah selalu berkaitan dengan unsur
manusia, yaitu guru dan siswa.Karena faktor manusia itulah maka sekolah sukar
untuk dikelola secara efektif dan efisien.
Sedikitnya
terdapat tujuh komponen sekolah yang harus dikelola dengan baik dalam rangka
MBS, yaitu kurikulum dan program pengajaran, tenaga pendidikan, kesiswaan,
keuangan, sarana prasarana pendidikan,pengelelolaan hubungan sekolah dan
masyarakat,serta manajemen layanan khusus.
Di
Indonesia sistem pendidikannya masih bersifat elastis untuk mempertahankan
‘’status quo’’ dalam stuktur sosial yang mapan, sehingga tidak semua anak bisa
merasakan sekolah bertaraf internasionalisme maupun sekolah standar nasional.
B. Fokus Observasi
Penelitian ini difokuskan pada pembahasan
Observasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Bonang Kabupaten Demak.
C. Rumusan Masalah
Rumusan maslah yang
muncul berdasarkan latar belakang di atas adalah
1.
Bagaimanakah sistem manajemen
di SMP N 2 Bonang?
2.
Apakah keunggulan dari SMP N 2
Bonang berdasarkan manajemen yang dilakukan?
D. Tujuan Observasi
Tujuan penelitian adalah untuk
mendapatkan informasi berbagai hal mengenai sistem manajemen sekolah di SMP
Negeri 2 Bonang Kabupaten Demak.
E. Manfaat Observasi
Secara teoretis hasil penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di manajemen
sekolah. Secara praktis sebagai bahan informasi dan masukan kepada para guru
maupun seluruh pengurus di SMP Negeri 2 Bonang Kabupaten Demak pada khususnya
dan pembuat kebijakan (Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kepala Sekolah,
dan Pengawas Sekolah) di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Demak pada umumnya dalam menentukan langkah-langkah perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sebagai upaya meningkatkan mutu
kinerja pendidikan.
Judul: Laporan Observasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Bonang Demak
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
Post a Comment