Laporan Observasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Bonang Demak

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang Masalah

Majemen sekolah merupakan prosedur tindakan untuk menertibkan sekolah agar proses pembelajaran berjalan lancar.Manajemen sekolah pada hakikatnya mempunyai pengertian yang sama dengan manajemen pendidikan.Ruang lingkup dan bidang kajian manajemen sekolah juga merupakan ruang lingkup dan bidang kajian manajemen pendidikan.Manajemen sekolah terbatas pada satu sekolah saja,sedangkan manajemen pendidikan menjangkau sistem yang luas dan besar secara regional, nasional bahkan internasional. 

Sekolah merupakan lingkungan yang sangat kompleks.Pertama, karena konsep sekolah itu sendiri sukar untuk dipahami jika menggunakan perspektif tunggal. Kedua,karena terdapat beberapa perbedaan acuan yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam mendefinisikan sekolah.Ketiga,karena sekolah selalu berkaitan dengan unsur manusia, yaitu guru dan siswa.Karena faktor manusia itulah maka sekolah sukar untuk dikelola secara efektif dan efisien.

Sedikitnya terdapat tujuh komponen sekolah yang harus dikelola dengan baik dalam rangka MBS, yaitu kurikulum dan program pengajaran, tenaga pendidikan, kesiswaan, keuangan,  sarana prasarana pendidikan,pengelelolaan hubungan sekolah dan masyarakat,serta manajemen layanan khusus.

Di Indonesia sistem pendidikannya masih bersifat elastis untuk mempertahankan ‘’status quo’’ dalam stuktur sosial yang mapan, sehingga tidak semua anak bisa merasakan sekolah bertaraf internasionalisme maupun sekolah standar nasional.

 

B.     Fokus Observasi

Penelitian ini difokuskan pada pembahasan Observasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Bonang Kabupaten Demak.

 

 

C.     Rumusan Masalah

Rumusan maslah yang muncul berdasarkan latar belakang di atas adalah

1.      Bagaimanakah sistem manajemen di SMP N 2 Bonang?

2.      Apakah keunggulan dari SMP N 2 Bonang berdasarkan manajemen yang dilakukan?

 

D.    Tujuan Observasi

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan informasi berbagai hal mengenai sistem manajemen sekolah di SMP Negeri 2 Bonang Kabupaten Demak.

 

E.     Manfaat Observasi

Secara teoretis hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di manajemen sekolah. Secara praktis sebagai bahan informasi dan masukan kepada para guru maupun seluruh pengurus di SMP Negeri 2 Bonang Kabupaten Demak pada khususnya dan pembuat kebijakan (Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah) di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Demak pada umumnya dalam menentukan langkah-langkah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sebagai upaya meningkatkan mutu kinerja pendidikan.

 

 DOWNLOAD LAPORAN INI SELENGKAPNYA DISINI:

HALAMAN AWAL

BAB 1

BAB 2

BAB 3

BAB 4

BAB 5

LAMPIRAN 1

LAMPIRAN 2

 

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Laporan Observasi Manajemen Sekolah di SMP Negeri 2 Bonang Demak
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment