PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI SANGGAR RIAS RIZKY

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  LATAR BELAKANG

Praktek Pengalaman Lapangan (PKL) merupakan mata kuliah yang masuk di dalam kurikulum program studi pendidikan tata kecantikan dengan bobot 4 sks. Praktek Pengalaman Ini wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri semarang sebagai syarat kelulusan. Praktek Kerja Lapangan dilakukan selama 40 hari dimana untuk Prodi Pendidikan Tata Kecantikan dilakukan di sebuah usaha yang bergerak di bidang kecantikan seperti sanggar rias dan salon.

Praktek Pengalaman Lapangan ini dilakukan agar mahasiswa menjadi tau bagai mana pengalaman bekerja secara nyata. Pengalaman yang di dapatkan dapat dibandingkan dengan pengetahuan yang didapatkan mahasiswa selama perkuliahan dan untuk selanjutnya dapat dijadikan pembanding bagaimana dunia praktisi dan dunia akademisi. Program ini  merupakan kerja sama antara Universitas dengan pihak lembaga usaha atau instansi tertentu. Pemilihan tempat untuk melaksanakan PKL harus sesuai dengan bidang yang telah ditekuni oleh mahasiswa yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan, serta sesuai dengan minat dan kemampuan mahasiswa sehingga pada waktu melaksanakan PKL mahasiswa tidak melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan bidang dan kemampuannya

Sanggar Rias Rizky merupakan badan usahayang bergerak di bidang pelayanan pernikahan, yang melayani berbagai kebutuhan pernikahan seperti rias pengantin, deekorasi, penata acara, foto, sound system + solo organ, cucuk lampah, catering dll. Pengantin yang ditawarkan di Sanggr Rias Rizky tidak hanya pengantin jawa saja tetapi juga melayani pengantin internasional (bridal), modifikasi, jawa pakem, dan jawa modifikasi. Dalam usaha jasa pelayangan adalah menjadi hal yang paling penting, itu yang diterapkan di Sanggar Rias Rizky. Salon Rizky juga memberikan kepercayaan kepada anak yang sedang belajar.

Berdasarkan uraian di atas maka Sanggar Rias Rizky merupakan tempat yang baik untuk menjadi tujuan PKL.

1.2     Tujuan dan Manfaat

a.      Tujuan Praktik Kerja Lapangan

Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan ini adalah:

1.      Untuk mendapatkan ilmu praktis dan pengalaman kerja yang relevan sehingga memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan di bidang tata kecantikan khususnya tata rias.

2.      Mendapatkan gambaran yang jelas mengenai tata rias pengantin jawa.

3.      Mennambah wawasan yang lebih luas serta menambah sikap profesionalitas dibidang tata rias untuk menghadapi dunia kerja.

4.      Untuk berlatih disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

5.      Mengetahui teknik menyasak dan merias sehingga dapat dilakukan dalam waktu yang singakat

b.      Manafaat

1.      Manfaat bagi masyarakat umum memberikan kontribusi dalam perkembangan tata rias pengantin jawa.

2.       Manfaat bagi mahasiswa pelaksana paraktik kerja lapangan :

a.       Mengetahui secara langsung proses tata rias pengantin jawa baik itu sesuai dengan pakem ataupun modifikasi.

b.      Dapat melakukan praktek kerja lapangan sebagai matakuliah wajib yang harus ditempuh.

c.       Mengetahui teknik-teknik baru untuk membuat riasan pengantin jawa pada khususnya.

1.3 Temapat dan Pelaksanaan

1.      Tempat Pelaksanaan

a.      Alamat Sanggar Rias Rizky

Sanggar rias rizky beralamat di Taman Gedung Batu 10 Semarang.

b.      Waktu Pelaksanaan

Perioade pelaksanaan praktik kerja lapangan di sanggar rias rizky adalah pada tanggal 19 Januari sampai dengan 28 Februari 2015.

2.      Pelaksanaan

a.      Tahap 1 Mencari Informasi

Calon peserta magang harus mencarai informasi terbaru mengenai Sanggar Rias Rizky terkait hal-hal berikut :

1)      Kontak yang bisa hubungi untuk mengurus permohonan izin PKL

2)      Prosedur mengajukan izin PKL di sanggar rias rizky

3)      Alamat lengkap sanggar rias rizky

4)      Informasi tentang kegiatan atau job yang sedang banyak diterima oleh sanggar rias rizky.

b.      Tahap 2 Perijian

1)      Menghubungi Sanggar Rias Rizky: Pada tahap ini calon peserta magang harap menghubungi pimpinan sanggar rias rizky melalui kontak nomor telephon atau e-mail yang tersedia (disarankan telephon untuk fast response) untuk menayakan “apakah masih bisa untuk mengajukan perijinan PKL di sanggar rias rizky untuk periode tanggal 18 Januari sampai dengan 28 februari dan menanyakan ulang prosedur dan perijinan apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengajukan PKL di sanggar rias rizky

2)      Mengurus surat izin PKL di prodi atau jurusan dan Fakultas : pertama mengurus atau meminta memo dan dosen pembimbing dari kaprodi melalui TU jurusan untuk pembuatan surat ijin PKL/penerjunan/dan penarikan jadi memo tersebut bisa digunakan untuk tiga tahap harap memfotokopi agar mengefisienkan waktu.

3)       Mengirim surat izin PKL : surat ijin kami sampaikan secara langsung kepada pimpinan sanggar rias rizky.

4)       Konfirmasi : setelah surat ijin PKL diserahkan kepada pimpinan sanggar rias rizky kami melakukan konfirmasi untuk mendapatkan surat balasan dari surat permohonan PKL yang kami ajukan.

5)       Menerima surat balasan : setelah melalaui tahapan diatas kita akan menrima surat balasan yang berisi keputusan diterima atau tidak surat perijinan yang kita ajukan.

c.       Tahap 3 Pelaksanaan

Pelaksanaan PKL di sanggar rias rizky dilakukan di lapangan yaitu pada saat serangkaian upacara adat pernikahan. Sebelumnya peserta magang diberikan sekikit teori dan dikenalkan dengan situasi yang akan dihadapi pada saat melakukan PKL.

1.4     Pengumpulan data

1.    Metode observasi adalah aktivitas yang dilakukan terhadap suatu proses atau objek dengan merasakan dan memahami pengetahuan berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya. (Wikipedia, 2014). Penulis dalam melaksanakan PKL menggunakan observasi yaitu dengan mengamati secara langsung kerja tim sanggar rias rizky.

2.      Metode wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. (Wikipedia, 2014). Penulis menggunakan wawancara yaitu dengan bertanya secara langsung dengan tim sanggar rias rizky tentang kesulitan-kesulitan dan cara-cara praktis dalam make-up dan hair-styling talent.

3.      Metode literature adalah bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis atau pun kegiatan ilmiah lainnya. Literatur ini mirip dengan daftar pustaka atau referensi. (Wikipedia, 2014). Penulis menggunakan literature untuk menunjang penyusun laporan PKL.

4.    Metode dokumentasi adalah kumpulan dari dokumen yang dapat memberikan keterangan atau bukti yang berkaitan dengan proses pengumpulan dan pengelolaan dokumen secara sistematis. (Wikipedia, 2014). Penulis menggunakan dokumentasi untuk memperkuat hasil laporan PKL.

5.    Metode praktik,


BAB II

ISI

2.1     Sejarah Sanggar Rizky

Sanggar rias Rizky merupakan perusahaan yang dimiliki oleh perseorangan yang bergerak di bidang jasa yaitu wedding organizer dan salon. Nama Rizky ini diambil karena merupakan doa yang harapannya dengan nama tersebut usaha yang dijalani menjadi rizky yang barokah.

       Sanggar rias Rizky tergolong sebagai salon menegah keatas dengan mengedepankan standar pelayanan prima dan kepuasan pelanggan. Sanggar rias Rizky terletak di Jalan Gedung Batu 10 Semarang. Jasa yang ditawarkan antara lain: rias, dekorasi, catering, video  shoot.



DOWNLOAD TULISAN INI SELENGKAPNYA DISINI

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI SANGGAR RIAS RIZKY
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment