LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 DI SMK ISLAM AL HIKMAH MAYONG JEPARA

 

PENDAHULUAN

 

A.       Latar Belakang

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menunjang kualitas sumber daya manusia yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat, bangsa dan Negara.Salah satu proses yang ada dalam sekolah adalah proses pendidikan. Pendidikan dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, masyarakat semakin menyadari pentingnya pendidikan yang ada.Perubahan dan peningkatan pola pikir masyarakat berdampak secara langsung terhadap perubahan yang berhubungan dengan pendidikan. Perubahan-perubahan yang dimaksud adalah mengenai sistem pendidikan, kurikulum, strategi dan metode pembelajaran serta  sarana dan prasarana penunjang pendidikan.

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu lembaga pendidikan negeri di Semarang bertujuan menyiapkan tenaga kependidikan yang professional dengan memperhatikan jumlah, kualitas, relevansi dan efektivitas berusaha meningkatkan kualitas lulusan.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara yang dilakukan oleh suatu perguruan tinggi yang mempunyai calon lulusan tenaga kependidikan untuk dipersiapkan dalam menghadapi dunia kependidikan secara nyata. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan yaitu terdiri dari tenaga pembimbing, tenaga pengajar, tenaga terlatih, maka diperlukan suatu kompetensi melalui kegiatan PPL.

Sebelum mahasiswa praktikan melakukan kegiatan pendidikan dan pembelajaran kepada peserta didik, alangkah baiknya jika mengenali lingkungan tempat latihan. Oleh karena itu, mahasiswa praktikan melakukan kegiatan PPL 1 yakni observasi dan orientasi lingkungan sekolah latihan yakni SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara agar mahasiswa memiliki bekal awal untuk memahami karakter peserta didik dan lingkungan SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara.

B.       Tujuan

Kegiatan PPL 1 bertujuan untuk :

1.      Membantu mahasiswa praktikan dalam mengenal kehidupan di sekolah latihan.

2.      Mendekatkan mahasiswa praktikan dengan seluruh warga sekolah di sekolah latihan.

3.      Mempersiapkan mahasiswa praktikan menghadapi Program Pengalaman Lapangan II.

 

 

C.       Manfaat

Manfaat yang diperoleh melalui kegiatan PPL 1 adalah :

1.    Mahasiswa praktikan mampu mengenal keadaan fisik sekolah latihan.

2.    Mahasiswa praktikan mampu mengenal lingkungan sekolah latihan.

3.    Mahasiswa praktikan mengetahui fasilitas yang dimiliki sekolah latihan.

4.    Mahasiswa praktikan mengetahui keadaan guru dan siswa di sekolah latihan serta interaksi sosial seluruh warga sekolah.

5.    Mahasiswa praktikan mengetahui mengenai tata tertib warga di sekolah latihan serta pengelolaan administrasi di sekolah latihan.

6.    Mahasiswa praktikan akan mengenal metode mengajar dan pengelolaan kelas sesuai dengan jurusan masing-masing.

7.    Membantu mahasiswa praktikan untuk lebih siap dalam menghadapi PPL 2.


 

BAB II

HASIL PENGAMATAN

 

A.       Keadaan Fisik Sekolah

Keadaan fisik sekolah SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara sudah memadai dan mendukung kegiatan belajar mengajar. SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara memiiki sarana dan prasarana yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang yaitu dalam setiap ruangan sudah diengkapi papan tulis, dan kipas angin sehingga nyaman digunakan. Rincian mengenai keadaan fisik sekolah SMK Islam Al Hikmah Mayong dapat dilihat dalam denah yang terlampir.

 

B.       Keadaan Lingkungan Sekolah

Keadaan lingkungan sekolah secara tidak langsung berpengaruh terhadap proses belajar mengajar.

1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah

SMK Islam Al Hikmah Mayong Jeparaterletak di Jalan Branang Singorojo Mayong Jepara,cukup strategis dengan berada di daerah perbatasan antara kota Jepara dan Kudus, yang terletak kurang lebih 500 meter dari pasar rakyat dan 2 Km dari pusat perbelanjaan seperti ADA dan dari pusat pertokoan alat tulis dan foto copy yang menunjang siswa hanya berjarak 3-5 meter dari sekolah. Bagian timur sekolah berbatasan dengan pemukiman warga Kelurahan Singorojo.Bagian selatan sekolah berbatasan dengan pemukiman warga.Bagian barat sekolah berpatasan dengan perumahan Mayong Raya Indah.Bagian utara sekolah berbatasan dengan perumahan.

2.      Kondisi lingkungan sekolah

Kondisi kebersihan lingkungan yang ada di luar dan halaman sekolah sudah cukup bersih dan rapi hanya saja kebersihan di ruang kelas masih kurang bersih. Kondisi lingkungan yang berada di luar lingkungan sekolah terlihat cukup bersih dan lumayan berdebu karena terletak di tengah pemukiman warga namun tingkat kebisingan yang ada di depan sekolah tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar yang ada dalam sekolah.

C.       Fasilitas Sekolah

SMK Islam Al Hikmah Mayong memiliki berbagai fasilitas yang diantaranya adalah 1 ruang osis, 1 ruang uks, 1 ruang konseling, 1 tempat ibadah, 1  ruang tata usaha, 1 perpustakaan, 1 ruang kepala sekolah, 3 ruang wakil kepala sekolah, 1  ruang guru, 1 laboratorium administrasi perkantoran, 1 laboratorium akuntansi, 1 laboratorium otomotif, 1 laboratorium tata busana,  29 ruang kelas, 1 ruang pramuka, 2 tempat parkir,2 gudang, 19 toilet, dan 1 ruang meeting. Seluruh  ruangan fasilitas tersebut dalam kondisi baik.

Laboratorium administrasi perkantoran berada di lantai 2 area SMK Islam Al Hikmah Mayong. Laboratorium ini bersebelahan dengan ruang kelas dan berhadapan dengan perpustakaan sekolah. Ada juga laboratorium akuntansi yang letaknya juga di lantai 2yang berada di pojok utara. Selain itu ada juga laboratorium otomotifyang digunakan dalam proses pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran teknik dan laboratorium ini terdapat di lantai 1 dengan dilengkapi alat-alat penunjang praktek.

Perpustakaan SMK Islam Al Hikmah Mayong mempunyai tenaga kepustakawanan sebanyak 2 karyawan. Gedung perpustakaan SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara yang mempunyai luas bangunan 126 m2  yang terletak di lantai dua sebelah ruangan kelas sehingga memungkinkan digunakan untuk memudahkan dalam membaca ataupun belajar. Gedung perpustakaan tersebut sudah sangat baik dari segi fisiknya dan mencukupi kebutuhan siswa dalam kegiatan membaca dan mencari informasi serta pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang menunjang seperti tersedianya ruang baca yang luas, koleksi buku yang beragam dari fiksi maupun non fiksi yaitu 2583 buku.

 

D.      Penggunaan Sekolah

Pada tahun ini sebanyak 22 mahasiswa unnes di terjunkan ke SMK Islam Al Hikmah Mayong. SMK Islam Al Hikmah merupakan salah satu SMK yang dapat dikatakan SMK terbaik di Jepara. Oleh karena itu SMK ini baru menerima mahasiswa PPL untuk praktek mengajar di SMK ini sebanyak dua periode. Sampai periode dua ini hanya Universitas Negeri Semarang-lah yang telah di beri kesempatan untuk praktek kembali di SMK karena pada periode pertama SMK ini juga menerima mahasiswa PPL dari UMK Kudus tapi untuk tahun ini SMK ini hanya menerima dari Unnes. Oleh karena itu pada tanggal 6Agustus hanya mahasiswa universitas negeri semarang yang diterima untuk melakukan melaksanakan praktek mengajar di SMK Al Hikmah.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara semua kegiatan terjadwal sedemikian rupa sehingga terjadwal dengan baik. Begitu pula kegiatan belajar mengajar semua dilakukan sesuai dengan jadwal yang ada, dan jadwal tersebut telah dibuat oleh waka kurikulum yang telah terjadwal rapi sehingga tidak terdapat shif pembelajaran pagi, siang dan sore.

E.       Keadaan Guru dan Siswa

Berdasarkan data yang kami peroleh, dapat kita ketahui bahwa guru di SMK Islam Al Hikmah Mayong tidak ada yang berstatus guru PNS karena sekolah ini berbentuk yayasan, guru-guru disini berstatus tetap yayasan dan tidak tetap. Adapun jumlah guru tetap di sekolah iniadalah sebanyak 11 orang, dimana guru perempuan ada 3 orang dan guru laki-laki ada 8 orang.Status guru tetap diberikan kepada guru yang sudah lama mengabdi atau mengajar di yayasan.


DOWNLOAD TULISAN INI SELENGKAPNYA DISINI

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 DI SMK ISLAM AL HIKMAH MAYONG JEPARA
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment