PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah
merupakan lembaga pendidikan yang menunjang kualitas sumber daya manusia yang
bermanfaat bagi lingkungan masyarakat, bangsa dan Negara.Salah satu proses yang
ada dalam sekolah adalah proses pendidikan. Pendidikan dari waktu ke waktu mengalami peningkatan,
masyarakat semakin menyadari pentingnya pendidikan yang ada.Perubahan dan
peningkatan pola pikir masyarakat berdampak secara langsung terhadap perubahan
yang berhubungan dengan pendidikan. Perubahan-perubahan yang dimaksud adalah
mengenai sistem pendidikan, kurikulum, strategi dan metode pembelajaran
serta sarana dan prasarana penunjang
pendidikan.
Universitas Negeri Semarang (UNNES)
sebagai salah satu lembaga pendidikan negeri di Semarang bertujuan menyiapkan
tenaga kependidikan yang professional dengan memperhatikan jumlah, kualitas,
relevansi dan efektivitas berusaha meningkatkan kualitas lulusan.Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara yang dilakukan oleh suatu
perguruan tinggi yang mempunyai calon lulusan tenaga kependidikan untuk
dipersiapkan dalam menghadapi dunia kependidikan secara nyata. Dalam menyiapkan
tenaga kependidikan yaitu terdiri dari tenaga pembimbing, tenaga pengajar,
tenaga terlatih, maka diperlukan suatu kompetensi melalui kegiatan PPL.
Sebelum mahasiswa praktikan melakukan
kegiatan pendidikan dan pembelajaran kepada peserta didik, alangkah baiknya
jika mengenali lingkungan tempat latihan. Oleh karena itu, mahasiswa praktikan
melakukan kegiatan PPL 1 yakni observasi dan orientasi lingkungan sekolah latihan
yakni SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara agar mahasiswa memiliki bekal awal
untuk memahami karakter peserta didik dan lingkungan SMK
Islam Al Hikmah Mayong Jepara.
B. Tujuan
Kegiatan
PPL 1 bertujuan untuk :
1.
Membantu mahasiswa praktikan dalam
mengenal kehidupan di sekolah latihan.
2.
Mendekatkan mahasiswa praktikan dengan
seluruh warga sekolah di sekolah latihan.
3.
Mempersiapkan mahasiswa praktikan
menghadapi Program Pengalaman Lapangan II.
C. Manfaat
Manfaat
yang diperoleh melalui kegiatan PPL 1 adalah :
1. Mahasiswa
praktikan mampu mengenal keadaan fisik sekolah latihan.
2. Mahasiswa
praktikan mampu mengenal lingkungan sekolah latihan.
3. Mahasiswa
praktikan mengetahui fasilitas yang dimiliki sekolah latihan.
4. Mahasiswa
praktikan mengetahui keadaan guru dan siswa di sekolah latihan serta interaksi
sosial seluruh warga sekolah.
5. Mahasiswa
praktikan mengetahui mengenai tata tertib warga di sekolah latihan serta
pengelolaan administrasi di sekolah latihan.
6. Mahasiswa
praktikan akan mengenal metode mengajar dan pengelolaan kelas sesuai dengan
jurusan masing-masing.
7. Membantu
mahasiswa praktikan untuk lebih siap dalam menghadapi PPL 2.
BAB II
HASIL PENGAMATAN
A. Keadaan Fisik Sekolah
Keadaan
fisik sekolah SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara sudah memadai dan mendukung
kegiatan belajar mengajar. SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara memiiki sarana dan
prasarana yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang yaitu dalam setiap ruangan
sudah diengkapi papan tulis, dan kipas angin sehingga nyaman digunakan. Rincian
mengenai keadaan fisik sekolah SMK Islam Al Hikmah Mayong dapat dilihat dalam denah yang terlampir.
B. Keadaan Lingkungan Sekolah
Keadaan
lingkungan sekolah secara tidak langsung berpengaruh terhadap proses belajar
mengajar.
1. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
SMK
Islam Al Hikmah Mayong Jeparaterletak di Jalan Branang Singorojo Mayong Jepara,cukup
strategis dengan berada di daerah perbatasan antara kota Jepara dan Kudus, yang
terletak kurang lebih 500 meter dari pasar rakyat dan 2 Km dari pusat
perbelanjaan seperti ADA dan dari
pusat pertokoan alat tulis dan foto copy yang menunjang siswa hanya berjarak
3-5 meter dari sekolah. Bagian timur sekolah berbatasan dengan pemukiman warga
Kelurahan Singorojo.Bagian selatan sekolah berbatasan dengan pemukiman warga.Bagian
barat sekolah berpatasan dengan perumahan Mayong Raya Indah.Bagian utara
sekolah berbatasan dengan perumahan.
2. Kondisi lingkungan sekolah
Kondisi
kebersihan lingkungan yang ada di luar dan halaman sekolah sudah cukup bersih
dan rapi hanya saja kebersihan di ruang kelas masih kurang bersih. Kondisi
lingkungan yang berada di luar lingkungan sekolah terlihat cukup bersih dan
lumayan berdebu karena terletak di tengah pemukiman warga namun tingkat
kebisingan yang ada di depan sekolah tidak mengganggu aktivitas belajar
mengajar yang ada dalam sekolah.
C. Fasilitas Sekolah
SMK
Islam Al Hikmah Mayong memiliki berbagai fasilitas yang diantaranya adalah 1 ruang
osis, 1 ruang uks, 1 ruang konseling, 1 tempat ibadah, 1
ruang tata usaha, 1 perpustakaan, 1 ruang kepala sekolah, 3 ruang wakil kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 laboratorium administrasi perkantoran, 1 laboratorium
akuntansi,
1
laboratorium otomotif,
1 laboratorium tata busana, 29
ruang kelas, 1 ruang pramuka, 2 tempat parkir,2 gudang, 19 toilet, dan 1 ruang meeting. Seluruh ruangan fasilitas tersebut dalam kondisi
baik.
Laboratorium
administrasi perkantoran
berada di lantai 2
area SMK Islam Al Hikmah Mayong. Laboratorium ini bersebelahan dengan ruang kelas dan berhadapan dengan perpustakaan sekolah. Ada juga laboratorium akuntansi yang letaknya juga di lantai 2yang berada di pojok utara. Selain itu ada juga laboratorium otomotifyang digunakan dalam proses
pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran teknik dan laboratorium ini terdapat di lantai 1 dengan dilengkapi alat-alat
penunjang praktek.
Perpustakaan
SMK Islam Al Hikmah Mayong mempunyai tenaga kepustakawanan sebanyak 2 karyawan.
Gedung perpustakaan SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara yang mempunyai luas
bangunan 126 m2 yang terletak
di lantai dua sebelah ruangan kelas
sehingga memungkinkan digunakan untuk memudahkan dalam membaca ataupun belajar. Gedung
perpustakaan tersebut sudah sangat baik dari segi fisiknya dan mencukupi
kebutuhan siswa dalam kegiatan membaca dan mencari informasi serta pengetahuan.
Hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang menunjang seperti tersedianya ruang
baca yang luas, koleksi buku yang beragam dari fiksi maupun non fiksi yaitu 2583 buku.
D. Penggunaan Sekolah
Pada tahun
ini sebanyak 22 mahasiswa unnes di terjunkan ke SMK Islam Al Hikmah Mayong. SMK
Islam Al Hikmah merupakan salah satu SMK yang dapat dikatakan SMK terbaik di Jepara.
Oleh karena itu SMK ini baru menerima mahasiswa PPL untuk praktek mengajar di SMK
ini sebanyak dua periode. Sampai periode dua ini hanya Universitas Negeri Semarang-lah yang telah di beri kesempatan untuk
praktek kembali di SMK karena pada periode pertama SMK ini juga menerima
mahasiswa PPL dari UMK Kudus tapi untuk tahun ini SMK ini hanya menerima dari
Unnes. Oleh karena itu pada tanggal 6Agustus hanya mahasiswa universitas negeri semarang yang diterima
untuk melakukan melaksanakan praktek mengajar di SMK Al Hikmah.
Berdasarkan
hasil observasi yang dilakukan di SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara semua
kegiatan terjadwal sedemikian rupa sehingga terjadwal dengan baik. Begitu pula kegiatan belajar mengajar
semua dilakukan sesuai dengan jadwal yang ada, dan jadwal tersebut telah dibuat
oleh waka kurikulum yang telah terjadwal rapi sehingga tidak terdapat shif
pembelajaran pagi, siang dan sore.
E. Keadaan Guru dan Siswa
Berdasarkan
data yang kami peroleh, dapat kita ketahui bahwa guru di SMK Islam Al Hikmah
Mayong tidak ada yang
berstatus guru PNS karena sekolah ini berbentuk yayasan, guru-guru disini berstatus tetap
yayasan dan tidak tetap. Adapun jumlah guru tetap di sekolah iniadalah
sebanyak 11
orang, dimana guru
perempuan ada 3 orang dan guru laki-laki ada 8 orang.Status guru tetap diberikan kepada guru yang sudah
lama mengabdi atau mengajar di yayasan.
DOWNLOAD TULISAN INI SELENGKAPNYA DISINI
Judul: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 DI SMK ISLAM AL HIKMAH MAYONG JEPARA
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih
Post a Comment