REFLEKSI DIRI PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)

 Nama         : Handi Suryawinata

NIM          : 5301412061

Prodi          : Pendidikan Teknik Elektro

 

  1. Pendahuluan

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Unnes program studi pendidikan. Dengan mengikuti PPL ini diharapkan dapat menciptakan calon tenaga pendidik yang professional dan siap untuk bekerja nantinya.Tenanga didik yang professional yang melingkupi beberapa aspek diantaranya pedagogik, sosial, kepribadian dan professional.

Tujuan dari PPL ini adalah mahasiswa mengaplikasikan teori yang selama ini di dapatkan dalam perkuliahan untuk disampaikan kepada para siswa di sekolah. Dalam hal ini, ketika menjalani PPL, mahasiswa praktikan  turut aktif menjadi tenaga pendidik yang mengajar sekaligus mendidik siswanya. PPL ini terbagi menjadi 2 yaitu PPL 1 dimana para mahasiswa praktikan melakukan survey untuk mengetahui kondisi dan mengetahui berbagai informasi sekolah. Kemudian PPL 2 dimana para mahasiswa praktikan langsung menjalani pengalaman pengajaran di dalam kelas langsung dihadapan para murid namun masih dibawah bimbingan guru paming. PPL tersebut dilaksanakan di sekolah-sekolah yang menjadi mitra dari Universitas Negeri Semarang, dimana salah satu dari mitra tersebut yaitu SMK Islam Al-Hikmah Mayong.

 

  1. Kekuatan dan Kelemahan Pembelajaran Teknik Audio Video

Dalam pembelajaran Teknik Audio Video, ada beberapa hal yang bisa menjadi kekuatan bagi siapapun yang mendalaminya. Teknik Audio Video erat kaitannya dengan perkembangan teknologi, yang mana senantiasa mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Dengan mempelajari Teknik Audio Video kita bisa mempelajari Televisi, Radio, VCD Player, Sound dan alat elektronik lainnya yang akan banyak bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya hal ini akan mampu mempermudah pekerjaan manusia dalam berbagai hal. Tantangannya adalah dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang akan datang sebentar lagi membuat para calon pekerja kita, khususnya para lulusan SMK yang memang diproyeksikan untuk bekerja setelah lulus nanti harus mampu senantiasa mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini agar tidak terkena dampak negatif dari eksodus pasar bebas dari Negara lain. Kekurangannya adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dengan perkembangan teknologi yang signifikan membuat pembelajaran audio video di SMK memerlukan peralatan praktik yang harus senantiasa diperbaharui sesuai perkembangan terbarunya. Hal ini tentunya akan diimbangi dengan naiknya biaya operasional yang diperlukan sekolah untuk memenuhi kebutuhan praktik bagi pembelajaran teknik audio video di SMK tersebut.

 

 

  1. Ketersediaan Sarana dan Prasarana KBM di Sekolah Praktikan
Sarana dan prasana Kegiatan Belajar Mengajar di SMK Islam Al-Hikmah Mayong memadai diantaranya tersedianya papan tulis yang baik, meja kursi yang baik, buku-buku juga mudah diakses di perpustakaan serta berbagai alat praktek juga sudah cukup memadai.


DOWNLOAD TULISAN INI DISINI  
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: REFLEKSI DIRI PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)
Ditulis Oleh Handi
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Post a Comment